Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Proses Kreatif dlm Pembuatan Iklan Korandi

Judul Tesis : Proses Kreatif dalam Pembuatan Iklan Korandi PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING

 

A. Latar Belakang

Perkembangan dunia usaha yang sedemikian pesat menjadikan adanya persaingan bisnis yang kompetitif dan ketat. Hadirnya berbagai macam produk dan jasa di pasar semakin mempertinggi adanaya persaingan diantara produsen. Pasar yang sedemikian penuh sesak oleh kehadiran produk-produk dan jasa semakin bertambah penuh oleh kehadiran pemain-pemain baru yang notabene merupakan pesaing yang mau tidak mau harus diantisipasi dengan strategi yang tepat dan jitu.

Bahwa informasi dan promosi mengenai produk dan jasa haruslah disampaikan secara tepat dan terencana. Dalam konteks inilah iklan sebagai salah satu bentuk promosi dan informasi hadir. Tak dapat dipungkiri kehadiran iklan menjadi salah satu fenomena bisnis yang mau tidak mau para pelaku bisnis tidak bisa menghadiriya.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana proses kreatif pembuatan iklan Surat Kabar di PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING Yogyakarta?

 

C. Landasan Teori

Definisi Iklan

Definisi iklan oleh masyarakat periklanan Indonesia adalah: Segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditujukan kepadan sebagian atau seluruh masyarakat. Iklan adalah suatu kekuatan yang menarik, ditujukan kepada kelompok pembeli tertentu, dilakukan oleh produsen atau pedagang, agar dengan demikian dapat dipengaruhi penjualan barang-barang atau jasa-jasa yang menguntungkan baginya. (Kasali, 2000)

Iklan dalam Media Cetak

Media cetak adalah suatu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan visual. Media ini terdiri dari lembaran dengan sejumlah kata, gambar, atau foto, dalam tata warna dan halaman putih. Seperti televisi dan radio dalam jajaran medium penyiaran. Fungsi utama media cetak adalah memberi informasi dan menghibur. Media ini berbeda dengan media elektronik dalam hal kemampuannya untuk memperoleh penghargaan. Media cetak adalah suatu dokumen atas segala hal yang dikatakan orang lain dan rekaman peristiwa yang ditangkap oleh sang jurnalis dan diubah dalam bentuk kata-kata, gambar, foto dan sebagainya.

Strategi Kreatif

Perusahaan jasa periklanan mempunyai beberapa bagian yang terdiri dari Account Executive/AE, media kreatif dan produksi yang mempunyai tugas dan peranan masing-masing. Namun bila dilihat dari semua bagian tersebut banyak tokoh yang menganggap bagian kreatif merupakan jantung atau pusat suatu perusahaan periklanan Bagian ini merupakan bagian paling penting yang bertanggung jawab terhadap perancangan dan penentuan suatu iklan. (Kasali, 2000)

 

D. Kesimpulan

  1. Selain menarik dan unik, setiap karya seni dalam membuat iklan itu harus mempunyai konsep dan harus bisa menyampaikan pesan dengan baik sehingga bisa meningkatkan produktifitas dan daya jual suatu produk.
  2. Setiap divisi pada PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri, dan masing – masing divisi itu saling berhubungan sehingga setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan bekerja sama sesuai dengan divisi masing – masing.

 

E. Saran

Saran bagi Diploma III Periklanan UNS

Berhubung tidak ada penjurusan dalam perkuliahan, diharapkan para mahasiswa diberikan gambaran tentang divisi kreatif terutama dalam mata kuliah Desain Grafis mohon pembahasan dan pelatihan tentang creative design lebih diperdalam. Selain itu juga diajarkan cara menggunakan macromedia flash dan 3D supaya dapat mengikuti perkembangan dunia iklan khususnya divisi kreatif.

  1. Saran bagi PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING
  2. Untuk menunjang kelancaran bekerja mohon jumlah komputer untuk mahasiswa yang magang pada divisi kreatif ditambah.
  3. Untuk PT. OCTA MITRA MEDIA ADVERTISING sebaiknya memberanikan diri mengambil resiko / spekulasi dengan biaya yang relative besar dalam pembuatan iklan luar ruang supaya lebih cepat berkembang.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Produksi Segmen Feature dalam Program Berita Jogja di LPP TVRI Yogyakarta
  2. Jurnalistik Di Majalah Olga
  3. Mekanisme Peran Videojurnalis dalam Peliputan Berita di Rajawali Citra Televisi Indonesia
  4. Efektifitas Kinerja Public Relations dalam Hal Menjaga Interaksi Hubungan Komunikasi
  5. Peran Reporter dalam Produksi Berita Seputar Jogja di Jogja Tv – Yogyakarta