Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli

Kompetensi

Kompetensi

Kompetensi~ Seseorang pasti lahir ke dunia ini tidak haya dengan tangan kosong, akan tetapi manusia di berkahi sebuah kemampuan dari segi fisik maupun pikir.

Kemampuan tersebut yang nantinya akan menjadi penopang kehidupan tiap individu, dan sebagai sarana pemenuh kebutuhan juga.

Kemampuan tersebut sering dikenal dengan istilah kompetensi. Kompetensi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dari segi daya fisik maupun segi daya pikir.

Ulasan  diatas akan lebih menarik lagi jika ditelisik lebih dalam lagi. Oleh karenanya Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  akan mengulas lebih jauh lagi.

Dalam hal mendefinisikan kompetensi, terdapat banyak sekali pendapat yang diutarakan para ahli secara berbeda namun masih dalam konteks yang sama, adapun kompetensi menurut para ahli, meliputi:

  1. Spencer mengungkapkan bahwa setiap perusahaan yang menginginkan setiap karyawan yang berkompeten akan megajukan berbagai upaya penyeleksian dengan standart yang tinggi. Akan tetapi kompetensi bukanlah hal yang baku yang dicari oleh setiap perusahaan.
  2. Ulrich berpendapat bahwa kompetensi merupakan segala aspek pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan yang ada dalam tiap kepribadian.
  3. Wibowo mengungkapkan pendaptnya bahwa kompetnsi merupakan suatu kemampuan untuk melaksanakan berbagai tugas yang telah diberikan atas kehendak diri sendiri. Dengan demikian kompetensi menunjukkan aspek dari suatu pengetahuan, serta profesionalisme kerja.

Dari penjabaran di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi merupakan suatu kemampuan yang telah dimiliki oleh seseorang dan dapat dipprediksi dari kepribadiannya mengerjakan suatu tugas tertentu.

Spencer juga mengatakan bahwa dalam kepribadian atau kompetensi yang dimiliki seseorang memiliki 5 karakteristik diantaranya:

  1. Motif  (motive)
  2. Sifat (traits)
  3. Konsep diri (Self – Concept)
  4. Pengetahuan (Knowledge)
  5. Ketrampilan (Skill)

Dalam proses pengolahan kompetensi juga telah dikembangkan sedemikian rupa mengikuti perkemabnagan zaman. Salah satunya ialah pengkajian.

Pengkajian dari proses pengolahan kompetensi lebih cenderung pada pemberian umpan balik terhadap kompeteni yang dimiliki oleh banyak peserta. Cara tersebut menggunakan motivasi untuk mendorong peserta mengerti dengan benar kompetensi yang dimiliki dan pekerjaan yang telah dilakukan.

Demikian artikel yang berisi tentang Pengertian Kompetensi, Karakteristik Kompetensi, Proses Pengolahan Kompetensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi bahan acuan refrensi anda.

Atikel Yang Terkait: