Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kadar Vascular Cell Adhesion dan Riwayat Berat Badan Lahir Rendah

Latar Belakang Masalah Riwayat Lahir Pada Anak

Penelitian otopsi dengan 565 subyek yang meninggal saat usia lahir sampai usia 29 tahun, didapatkan sebesar 10 % plak ateroma pada arteri koronaria individu usia 15–17 tahun dan kejadian ateroma sebesar 34 % pada arteri koronaria subyek usia 27 – 29 tahun (Myung, 2008).

Berat Badan Lahir Rendah

Berat Badan Lahir Rendah

 

Berat lahir dipengaruhi oleh lingkungan intrauterin sekitar 62 %, gen yang di turunkan oleh orang tua sekitar 20 %, dan sekitar 18 % ditentukan oleh gen dari fetus sendiri. Aterosklerosis adalah proses dengan risiko multifaktor, salah satunya adalah riwayat berat lahir rendah, dimana proses terjadinya aterosklerosis sudah dimulai sejak di dalam kandungan. Telah banyak penelitian yang berusaha menjelaskan patogenesis aterosklerosis yang berhubungan dengan faktor risiko riwayat berat lahir rendah (Szitanyi, 2003; Banci, 2009). Sehingga peneliti ingin mencari hubungan antara kadar VCAM-1 dengan riwayat berat lahir rendah.

Rumusan Masalah

Apakah terdapat hubungan antara kadar VCAM-1 dengan riwayat berat lahir rendah pada anak usia 15-18 tahun ?

Tinjauan Pustaka

  1. Definisi

VCAM-1 adalah kelompok imunoglobulin molekul adhesi yang merupakan reseptor protein, molekul adhesi vaskuler pada manusia mempunyai berat 100-110 kDa, terdiri dari 715 asam amino (aa) tipe 1 transmembran glikoprotein dengan karakteristik adanya tujuh tipe immunoglobulin C2. VCAM-1 dapat teridentifikasi lewat pemeriksaan darah , cairan sendi atau pun pemeriksaan cairan serebrospinal (lixin, 2003).

  1. Peranan VCAM-1 (Molekul Adhesi)

Dalam Aterogenesis Peranan molekul adhesi pada aterogenesis adalah pada saat terjadi migrasi monosit dari plasma ke dalam dinding pembuluh darah. Hal yang paling utama adalah saat terjadinya perlekatan monosit yang bersirkulasi ke endotel vaskular, kemudian terjadi migrasi transendotelial.

  1. VCAM-1 Sebagai Petanda Awal Aterosklerosis

Kunci awal perkembangan aterosklerosis adalah saat adhesi monosit pada sel-sel endotel, yang kemudian dapat masuk ke dalam lapisan intima vaskuler. Proses ini dipengaruhi oleh molekul adhesi selular seperti VCAM-1, ICAM-1, selektin dan integrin sebagai mediator.

Metodologi Penelitian

Penelitian Historical kohort, di SMUN 1 Surakarta, yang dipilih melalui pencuplikan secara kluster, pada anak-anak usia 15-18 tahun pada bulan Juli 2010. Subyek dipilih secara fixed exposure sampling.

Data di analisis dengan SPSS 17,0. Mann-Whitney dan analisis regresi linier berganda.

Kesimpulan

Anak usia 15-18 tahun dengan riwayat berat badan lahir rendah mempunyai mean kadar VCAM-1 224.6 ng/ml lebih tinggi daripada anak dengan riwayat berat badan lahir normal (b= 224.6; p < 0.001). Kesimpulan ini dibuat setelah memperhitungkan pengaruh obesitas.