Utang Jangka Pendek

Utang Jangka Pendek
Utang Jangka Pendek

Utang jangka pendek ~ Yaitu utang yang harus segera dilunasi, paling lambat umur dari utang ini satu tahun atau 1 periode akuntansi, misalnya 1 januari 2009-31 Desember 2009.Yang termasuk utang jangka pendek di antaranya:

  1. Utang Wesel/Wesel Bayar: yaitu wesel yang harus kita bayar kepada pihak lain yang pernah kita berikan kepadanya. Biasanya umur utang wesel adalah 30 hari, 60 hari, atau 90 hari.
  2. Utang Dagang (Account Payable): ialah utang kepada rekanan (suplier) yaitu utang dalam rangka kegiatan perusahaan, atau utang ini terjadi karena membeli barang yang belum dibayar.
  3. Biaya-biaya yang harus dibayar: yaitu biaya-biaya yang belum kita lunasi dalam periode pembukuan tertentu. Misalnya utang gaji, utang upah dan utang-utang biaya lainnya.

Dalam hutang jangka pendek dapat dilihat dari segi positif dan negatifnya ,berikut ini segi positif dan negatif hutang jangka pendek ialah :

Segi positif :

1. Kita tidak perlu khawatir untuk dana pembayarannya. Karena waktu yang cukup singkat biasanya kita bisa memperkirakan seberapa besar kemampuan kita untuk dapat melunasi hutang tersebut tanpa harus mengganggu kestabilan keuangan rumah tangga, badan, ataupun pribadi.
2. Bunga yang timbul dalam hutang jangka pendek cenderung lebih kecil. Karena pengali (waktu pengambilan hutang) kecil.

Segi negatif :

1. Kita tidak mempunyai banyak kesempatan untuk mencari peluang usaha yang bisa kita jalani untuk membantu membayar angsuran tersebut.
2. Cicilan pokok pinjaman cenderung besar, dikarenakan pembagi pokok pinjaman (waktu cicilan) terlalu kecil.