Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tingkat Sosial Ekonomi dgn Sikap Keluarga dlm Memberikan Dukungan

Judul Skripsi : Hubungan Antara Pengetahuan Kesehatan dan Tingkat Sosial Ekonomi dengan Sikap Keluarga dalam Memberikan Dukungan

 

A. Latar Belakang Masalah

Awal tahun 2009 sampai pertengahan tahun kondisi kelebihan penderita di setiap masing – masing ruangan semakin meningkat, bahkan mencapai 3 sampai 4 orang penderita. Unit ruangan intensif yaitu ruangan yang dipakai untuk merawat pasien dengat kegawat daruratan psikiatri yang memerlukan perawatan secara intensif, seringkali sampai tidak bias memindahkan pasiennya ke bangsal tenang perawatan lanjutan, karena masing – masing ruangan bangsal tenang sudah mengalami kelebihan pasien. Unit perawatan intensif sendiri kadang kadang mengalami kelebihan pasien yang dirawat sampai 10 orang, kapasitas hanya 22 orang, namun diisi sampai 32 orang. Kondisi seperti tersebut kadang memicu perilaku pasien menjadi gaduh gelisah, karena berebut tempat tidur, ruang gerak menjadi tidak leluasa, antrean yang lama kalau mau ke kamar mandi dan wc dan masih banyak lagi masalah yang bisa muncul.

Dengan permasalahan tersebut di atas penulis sangat tertarik untuk meneliti tentang pengaruh pengetahuan kesehatan dan Tingkat sosial ekonomi keluarga terhadap sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarganya yang di rawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang. Menurut penulis penelitian ini penting untuk dilakukan, karena permasalahan tersebut di atas dapat berkembang dan mengganggu mekanisme pelayanan rumah sakit yang lebih berat lagi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah hubungan yang signifikan variabel pengetahuan kesehatan dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang di rawat Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang ?
  2. Adakah hubungan yang signifikan variabel keadaan sosial ekonomi keluarga dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang di rawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang ?
  3. Adakah hubungan yang signifikan variabel pengetahuan kesehatan dan keadaan sosial ekonomi secara bersama – sama dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi aggota keluarga yag dirawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang ?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan kesehatan keluarga dan keadaan sosial ekonomi keluarga secara bersama-sama dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang di rawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang.

 

Tujuan khusus

  1. Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan kesehatan dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang.
  2. Untuk mengetahui hubungan antara keadaan sosial ekonomi keluarga dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang.

 

D. Kesimpulan

1. Ada hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang.

2. Ada hubungan positif yang signifikan antara tingkat sosial – ekonomi dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang.

3. Pengetahuan kesehatan dan tingkat sosial ekonomi keluarga secara bersama – sama ada hubungan positif yang signifikan dengan sikap keluarga dalam memberikan dukungan bagi anggota keluarga yang di rawat di Rumah Sakit Jiwa Profesor DR. Soeroyo Magelang.