Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Tarif Pajak Penghasilan: Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan

Judul Tesis: Analisis Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan terhadap Penerimaan Pajak dalam Perspektif Kurva Laffer

 

A. Latar Belakang Permasalahan Tesis 

Pajak mempunyai dua fungsi, yang pertama adalah fungsi budgetair yang merupakan fungsi utama pajak untuk mengisi kas negara dalam rangka membiayai kegiatan negara/pemerintah. Dari tahun ke tahun peranan pajak dalam membiayai pelaksanaan kegiatan negara/ pemerintah semakin meningkat, hal ini terlihat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, setiap tahun porsi penerimaan pajak semakin besar.

Fungsi yang kedua adalah fungsi regulerend yaitu pajak dapat juga digunakan sebagai alat/instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Pajak ekspor rotan, sebagai contoh, yang digunakan pemerintah untuk mencegah/menghambat keluarnya rotan mentah ke luar negeri guna menjamin ketersediaan bahan baku rotan untuk industri rotan dalam negeri, sehingga industri pengolahan rotan dalam negeri bisa berkembang yang pada akhirnya memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

 

B. Perumusan Masalah

Sesuai dengan konsepsi Kurva Laffer pengaruh perubahan tarif pajak terhadap penerimaan pajak dapat dibedakan dua hal berikut ini :

1. Prohibited Area

Dalam Prohibited area perubahan tarif pajak akan berbanding terbalik dengan penerimaan pajak dalam arti penurunan tarif pajak akan menyebabkan kenaikan penerimaan pajak dan sebaliknya penaikan tarif pajak akan menyebabkan turunnya penerimaan pajak.

2. Non Prohibited Area

Di luar prohibited area perubahan tarif pajak akan berbanding lurus dengan penerimaan pajak dalam arti penurunan tarif pajak akan menyebabkan turunnya penerimaan pajak dan sebaliknya kenaikan tarif pajak akan menyebabkan naiknya penerimaan pajak.

 

C. Tinjauan Literatur

Pengaruh terhadap Work effort

Pajak penghasilan adalah bersifat mengurangi penghasilan disposable (penghasilan yang tersedia untuk dikonsumsikan). Pengaruh pajak penghasilan terhadap motivasi untuk bekerja disebabkan oleh berkurangnya pendapatan yang akan diterima yang akan berdampak kepada kesediaan seseorang untuk bekerja lebih sebagai usaha untuk memberikan ganti rugi atas kehilangan pendapatan akibat pengenaan pajak penghasilan. Jika pengorbanan waktu luang untuk bekerja kompensasinya berkurang, maka seseorang keinginan /motivasi seseorang untuk bekerja juga berkurang.

Pengaruh terhadap Konsumsi

Pengaruh terbesar kebijakan fiskal terhadap kapasitas output adalah melalui efek kebijakan fiskal terhadap tabungan dan pembentukan modal. Jika pekerja lebih produktif dan hal ini digabungkan dengan pembentukan modal yang besar maka akan meningkatkan produktivitas.Bagian terbesar dari penghasilan akan ditabung dan dikonsumsikan, kemudian dengan mempengaruhi bagian penghasilan yang ditabung dan dikonsumsiikan ini, kebijakan fiskal akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Pengaruh Terhadap Investasi Swasta

Dalam membahas pengaruh pemajakan harus terlebih dulu diuraikan mengenai fungsi investasi dan kemudian pengaruh pemajakan terhadap fungsi investasi serta terhadap profitabilitas sebagai berikut :

  1. Fungsi Investasi
  2. Efek Profitabilitas

 

D. Metodelogi Penelitian

Pendekatan penelitian yang dipakai pendekatan kuantitatif.

Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kuantitatif yang didukung oleh model-model kuantitatif berdasarkan data empiris yang ada.

Teknis Analisis Data yaitu Analisis Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Work effort, Analisis Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di Indonesia.

 

E. Simpulan

1. Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Work Effort

Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa perubahan tarif pajak penghasilan memberikan pengaruh terhadap work effort.

2. Hubungan Antara Pendapatan Nasional, Konsumsi , Investasi , dan Penerimaan Pajak

Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa hubungan antara pendapatan nasional dengan konsumsi, hubungan antara pendapatan nasional dengan investasi, dan hubungan antara pendapatan nasional dengan pajak sesuai dengan teori ekonomi yaitu berbanding lurus.

3. Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap

Penerimaan Pajak Penghasilan Pengaruh perubahan tarif pajak penghasilan di tahun 2000 berdasarkan analisis data yang ada adalah menyebabkan kenaikan penerimaan pajak. Mekanisme kerja perubahan tarif pajak penghasilan lebih berjalan di sisi investasi dibandingkan dengan sisi konsumsi.

Contoh Tesis Tarif Pajak Penghasilan

  1. Analisa Pengaruh Perubahan Tarif Pajak Penghasilan terhadap Penerimaan Pajak dalam Perspektif Kurva Laffer