Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Rekrutmen : Gambaran Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Waktu Pelaksanaan Rekrutmen

Judul Tesis : Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau pada Tahun 2012

 

A. Latar Belakang Tesis

Masalah yang terjadi pada proses pemilihan karyawan biasanya akan berdampak pada waktu, tenaga dan biaya besar yang harus dikeluarkan oleh rumah sakit. Belum lagi dampak tersebut berisiko timbulnya akibat lain seperti terganggunya proses pelayanan kepada pasien, menurunnya kepuasan kerja, menurunnya kepuasan pasien, anggaran rumah sakit yang membengkak bahkan hingga memburuknya citra rumah sakit yang bersangkutan.

Proses pencarian dan pemilihan karyawan ini lebih dikenal dengan sebutan proses rekrutmen dan seleksi, walaupun keduanya merupakan hal yang berbeda, namun saling berkesinambungan. Dalam pelaksanaannya, setiap organisasi, termasuk rumah sakit pasti pernah mengalami berbagai kendala dalam melaksanakan rekrutmen dan seleksi karyawan. dimana kendala ini terjadi karena penyebab yang berbeda-beda dan akan menimbulkan dampak yang berbeda-beda pula.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah gambaran proses pelaksanaan rekrutmen di RSMPH pada tahun 2012?
  2. Bagaimanakah gambaran proses pelaksanaan seleksi di RSMPH pada tahun 2012?
  3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi waktu pelaksanaan proses rekrutmen dan seleksi karyawan di RSMPH pada tahun 2012?

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Rumah Sakit

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit).

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu cabang dari ilmu manajemen. Ketika berbicara mengenai manajemen SDM, maka hal tersebut tersusun atas 2 (dua) jenis atau kelompok kata yang berbeda pula. Pertama adalah manajemen dan yang kedua adalah SDM itu sendiri. Sebelum membahas lebih jauh mengenai manajemen SDM, berikut akan dipaparkan terlebih dahulu mengenai manajemen itu sendiri.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilyas (1999), mendefinisikan SDM adalah semua personil organisasi yang terdiri dari tenaga administrator, teknisian, paramedik non perawatan, dan paramedik perawatan. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa SDM, khususnya di rumah sakit, tak terbatas pada tenaga yang melayani pasien saja, melainkan keseluruhan tenaga yang berperan bagi keberlangsungan rumah sakit tersebut. Menurutnya, SDM memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sumber daya lainnya dalam sebuah organisasi.

Rekrutmen

Rekrutmen merupakan satu dari beberapa ruang lingkup manajemen sumber daya manusia. Pelaksanaan dari rekrutmen biasanya merupakan tanggungjawab dari departemen personalia. Meskipun terkadang digunakan para spesialis proses penarikan yang dinamai recruiters. Proses rekrutmen ini beserta proses yang mengikutinya, yaitu seleksi, merupakan hal paling penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya manajemen sumber daya manusia bahkan organisasi yang menaunginya, karena sangat berkaitan dengan kualitas SDM yang ada didalamnya.

Definisi seleksi

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai upaya seleksi karyawan, berikut akan diuraikan beberapa definisi rekrutmen dari para ahli.

  1. Seleksi adalah suatu proses kegiatan pemilihan calon pegawai atau pelamar yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan (Wursanto, 1989).
  2. Proses seleksi adalah serangkaian langkah kegiatan yang digunakan untuk memutuskan apakah pelamar diterima atau tidak (Handoko, 1985).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.

Penelitian ini dilakukan di sebuah rumah sakit yang terletak di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Barat, yaitu Rumah Sakit Media Permata Hijau. Unit yang dipilih dalam penelitian ini ialah Sub bagian Personalia dan Diklat.

Salah satu ciri metode penelitian kualitatif ialah cara pengumpulan datanya yang unik yaitu melalui pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen (Moleong, Lexi. J : 2007).

Dalam upaya mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, penulis menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data, yaitu pedoman wawancara mendalam dan pedoman telaah dokumen.

 

E. Kesimpulan

1. Proses Rekrutmen Karyawan

Alur proses rekrutmen karyawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau ialah pertama-tama melakukan analisis kebutuhan tenaga atau analisis beban kerja, kemudian timbullah dasar rekrutmen yang menciptakan lowongan pekerjaan, selanjutnya penentuan prasyarat jabatan, setelah itu penentuan sumber dan metode rekrutmen yang akan digunakan dan terakhir didapatkan sejumlah pelamar.

2. Proses seleksi karyawan

Alur proses seleksi di Rumah Sakit Medika Permata Hijau ialah pertama-tama dilakukannya seleksi administrasi terhadap berkas lamaran yang masuk kemudian melakukan tes tertulis dan wawancara kepada pelamar yang lolos seleksi sebelumnya, setelah itu melakukan wawancara seleksi kepada pelamar yang lolos tes tertulis dan wawancara sebelumnya. Langkah selanjutnya adalah melakukan tes kesehatan kepada pelamar yang lolos wawancara seleksi, kemudian membuat kesepakatan mengenai gaji yang ditawarkan dari pihak rumah sakit dan pelamar, dan terakhir jika seluruh pihak telah sepakat, maka pelamar diterima bekerja di Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pelaksanaan rekrutmen dan seleksi karyawan di RSMPH

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, maka diketahui faktor-faktor yang memengaruhi waktu pelaksanaan proses rekrutmen dan seleksi karyawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau pada tahun 2012 ialah:

  • Faktor organisasional, yaitu kebijakan imbalan yang disediakan untuk pelamar;
  • Kebiasaan pencari tenaga kerja, yaitu pandangan terhadap proses rekrutmen dan seleksi karyawan;
  • Kondisi eksternal, yaitu praktik rekrutmen oleh organisasi lain dan kelangkaan tenaga kerja

 

Contoh Tesis Rekrutmen

  1. Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau Pada Tahun 2012
  2. Perempuan Parlemen Suatu Kajian Kasus Proses Rekrutmen Politisi Perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
  3. Pola Rekrutmen Caleg Perempuan Partai Persatuan Pembangunan pada Pemilu 1999
  4. Analisis Kebijakan Rekrutmen dan Seleksi Pegawai Negeri Sipil di Indonesia
  5. Analisa Penerapan Outsourcing Rekrutmen dan Pelatihan Pegawai pada PT. Bank BNI
  6. Analisa Proses Rekrutmen dan Seleksi Tenaga Keperawatan di RS Duren Sawit Jakarta
  7. Analisis Fungsi Rekrutmen pada Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Keperawatan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung
  8. Aspek Politik dalam Rekrutmen Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Daerah (Kasus di Kota Depok Propinsi Jawa Barat Tahun 2000)

 

Incoming search terms: