Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Promosi : Strategi Marketing Public Relations Berupa Promosi dan Sponsorship

Judul Tesis : Strategi Marketing Public Relations Berupa Promosi dan Sponsorship untuk Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian (Studi Produk Perawatan Bayi Johnsons Baby)

 

A. Latar Belakang

Salah satu ciri penduduk Indonesia adalah persebaran antarpulau dan provinsi yang tidak merata. Sejak tahun 1930, sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, padahal luas Pulau Jawa kurang dari tujuh persen dari luas total wilayah daratan di Indonesia. Namun secara perlahan persentase penduduk Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa terus menurun dari sekitar 59,1 persen pada tahun 2000 menjadi 55,4 persen pada tahun 2025. Sebaliknya persentase penduduk yang tinggal di pulau-pulau lain meningkat, seperti, Pulau Sumatera naik dari 20,7 persen menjadi 22,7 persen, Kalimantan naik dari 5,5 persen menjadi 6,5 persen pada periode yang sama. Selain pertumbuhan alami di pulaupulau tersebut memang lebih tinggi dari pertumbuhan alami di Jawa, faktor arus perpindahan yang mulai menyebar ke pulau-pulau tersebut juga menentukan distribusi penduduk. Berdasarkan laju pertumbuhan penduduk di provinsi Jakarta, dari tahun 2000 – 2025, penduduk di Jakarta selalu mengalami peningkatan, dari jumlah 8.361.000 jiwa dan pada tahun 2025 menjadi 9.259.900 jiwa.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka jumlah penduduk di Indonesia sampai pada tahun 2025 cenderung terus meningkat. Pertumbuhan jumlah penduduk yang merupakan pertumbuhan kelahiran ini membuka peluang bagi kebutuhan baru. Bagi orang tua, terutama ibu, meski mungkin, si jabang bayi itu bukanlah anak yang pertama mereka biasanya akan mempersiapkan aneka kebutuhan untuk menyambut si buah hati, seperti kebutuhan akan perawatan bayi. Kebutuhan ini merupakan celah pasar bagi perusahaan-perusahaan untuk dimanfaatkan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pengaruh promosi kepada konsumen dalam menentukan keputusan pembelian?
  2. Bagaimana pengaruh sponsorship kepada konsumen dalam menentukan keputusan pembelian?
  3. Bagaimana strategi marketing public relations mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian?

 

C. Tinjauan Kepustakaan

Pengertian Marketing

Pengertian tersebut sejalan dengan penjelasan Mullins (2008) bahwa pemasaran adalah proses sosial yang melibatkan aktivitas untuk memungkinkan individu dan organisasi untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran barang atau jasa dengan orang lain dan untuk mengembangkan lebih lanjut lagi hubungan pertukaran yang sedang berlangsung.

Pengertian Public Relations

Menurut Frank Jefkins (2002) Public Relations (PR) senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul perubahan yang berdampak bagi perusahaan yang menjalankan kegiatan public relation. Dengan demikian PR adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua jenis organisasi, baik itu yang bersifat komersial maupun non-komersial, di sektor publik (pemerintah)maupun privat (pihak swasta), jadi semua perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan jasa dapat melakukan kegiatan ini.

Pengertian Marketing Public Relations

Thomas L. Harris memberikan pengertian marketing public relations (MPR), sebagai suatu proses perencanaan, pelaksanaan, dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan konsumen melalui bentuk komunikasi penyampaian informasi yang kredibel dan tayangan yang mengidentifikasikan perusahaan dan produk mereka dengan kebutuhan, keinginan, perhatian, dan kepentingan konsumen. (Alifahmi, 2008)

Pengertian Promotion

Pengertian promosi seperti yang diberikan oleh Belch & Belch (2001) mendefinisikan promosi sebagai usaha penjual untuk memberikan informasi dan ajakan dalam rangka menjual produk dan jasa atau mempromosikan sebuah ide. Jadi kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan merupakan penyaluran ide yang dimiliki oleh perusahaan tersebut ke konsumen guna meningkatkan nilai penjualan produk atau jasa yang dimilikinya.

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Komponen utama dalam model perilaku konsumen adalah proses pengambilan keputusan oleh konsumen atau consumer’s decision making. Dimana proses ini merupakan kegiatan-kegiatan yang diawali dengan mengamati dan mengevaluasi brand information, mempertimbangkan mengenai berbagai macam alternatif dari brand lain dalam memenuhi kebutuhan (needs) konsumen tersebut, dan akhirnya memutuskan memilih brand yang diinginkan (Assael, 1984). Penjelasan mengenai tahapan ini cukup sederhana dalam menentukan keputusan pembelian selanjutnya.

 

D. Metode Penelitian

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui survei, karena akan melihat pengaruh antara variabel marketing public relation berupa promosi dan sponsorship terhadap keputusan pembelian. Penelitian kuantitatif juga berguna untuk melihat hubungan antar variabel.

Populasi menurut Sugiyono, (2005) adalah sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan.

Pretest kuesioner dilakukan terhadap 30 orang responden dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden yang ditemui pada fasilitas kesehatan di lingkungan sekitar peneliti.

Pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan metode self administered survey.

Dari hasil data kuesioner yang diperoleh kemudian diubah kode atau skor, seperti yang dikemukakan pada sub bab sebelumnya, dan dimasukkan ke dalam program SPSS.

Analisis deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai profil responden secara jelas.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Terdapat pengaruh antara strategi marketing public relations berupa promosi dengan keputusan pembelian dan pengaruh tersebut dinilai sangat kuat dan bersifat positif. Sehingga semakin tinggi kegiatan promosi yang dilakukan maka dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
  2. Terdapat pengaruh antara strategi marketing public relations berupa public relation/sponsorship dengan keputusan pembelian dinilai sangat kuat dan bersifat positif, sehingga semakin sedikit kegiatan public relation/sponsorship yang dilakukan maka dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
  3. Secara keseluruhan jika strategi marketing public relations berupa promosi dan sponsorship dapat dilakukan dengan tepat, maka dapat memberikan pengaruh dalam keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Namun yang harus dilakukan oleh produsen produk JB, adalah meningkatkan kegiatan sponsorship lebih banyak meskipun kegiatan ini akan sangat sulit untuk menentukan hasilnya.

Contoh Tesis Promosi

  1. Pengaruh Kualitas Layanan, Kebutuhan Mencari Variasi, Harga, Karakteristik Kategori Produk, Promosi Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Studi Kasus Pelanggan Spbu Pertamina)
  2. Strategi Marketing Public Relations (MPR) Berupa Promosi dan Sponsorship untuk Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian (Studi Produk Perawatan Nayi Johnsons Baby)
  3. Analisis Efektivitas Strategi Promosi Internasional Produk Ramah Lingkungan The Body Shop (Studi Kasus PT Monica Hijau Lestari – The Body Shop Indonesia)
  4. Faktor-Faktor Pembeda Antara Kelompok Pembeli dan Bukan Pembeli (Studi Kasus Strategi Promosi Im3 untuk Produk Im3 Smart di Jakarta)
  5. Persepsi Desain Katalog, Promosi, Kategori Produk dan Penetapan Harga terhadap Keinginan Konsumen Berbelanja (Studi Kasus Pada Konsumen Carrefour Lebak Bulus-Jakarta)