Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Promosi Penjualan: Dampak Promosi Penjualan trhdp Persepsi Kualitas

Judul Tesis : Analisis Dampak Promosi Penjualan terhadap Persepsi Kualitas dalam Keputusan Menambah Saldo Tabungan

 

A. Latar Belakang Masalah

Dihadapkan banyaknya persaingan perbankan saat ini dalam memperoleh fresh money dari nasabahnya, membuktikan bahwa nasabah selaku konsumen sangat berperan aktif terhadap pertumbuhan bank. Bank tidak hanya menjual produk perbankan yang pada dasarnya hampir serupa, namun dibedakannya melalui layanan prima yang diinginkan dan diterima oleh nasabah. Dalam kondisi seperti ini kualitas pelayanan bagi perusahaan jasa (service quality) menjadi sangat penting, karena salah satu cara untuk memenangkan persaingan dapat dicapai dengan memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal dan berkualitas.

Masyarakat bisa mengenal dan mencoba produk-produk yang ditawarkan perbankan syariah, yang menurut Mulya (Direktur Perbankan Syariah BI),tidak kalah saing dengan bank konvensional. Untuk aset, Mulya berharap akan jauh meningkat dan mencapai Rp 131-141 triliun dari 11 Bank Umum Syariah (BUS) yang ada di Indonesia. Akhirnya semakin ramai-ramai-lah memperebutkan dana. Meski cukup gencar dalam menggalang dana, pangsa Dana Pihak Ketiga (DPK) masih relatif kecil bila dibandingkan dengan DPK Bank Konvensional. Oleh karena itu pengenalan akan produk dan jasa bank syariah perlu ditingkatkan. Sehingga tidak dipungkiri lagi bahwa biaya promosi cenderung mengalami kenaikan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pengaruh promosi penjualan Gelegar Hadiah Bank Syariah Mandiri terhadap persepsi kualitas nasabah Bank Syariah Mandiri?
  2. Apakah promosi penjualan Gelegar Hadiah Bank Syariah Mandiri akan mempengaruhi keputusan menambah saldo tabungan?
  3. Apakah persepsi kualitas Bank Syariah Mandiri akan mempengaruhi keputusan menambah saldo tabungan?

 

C. Tinjauan Pustaka

1. Promosi Penjualan

Shimp, (2003). Promosi penjualan (sales promotion), terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat atau terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat. Promosi penjualan diarahkan baik untuk perdagangan (kepada pedagang besar dan pengecer) maupun kepada konsumen.

2. Kualitas Jasa

Parasuraman, Zeithaml, dan Berry pada Kotler dan Keller, (2007), hal 56, merumuskan model mutu jasa yang menekankan syarat-syarat utama dalam memberikan mutu jasa yang tinggi. Berdasarkan model mutu jasa, maka ditemukanlah lima penentu mutu jasa, kelimanya disajikan menurut tingkat kepentingannya:

  1. Keandalan/Reliability
  2. Daya tanggap/Responsiveness
  3. Jaminan/Assurance
  4. Empati/Emphathy
  5. Bukti Nyata/Tangible

3. Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen, sesuai yang didefinisikan oleh Sciffman dan Kanuk (2007), hal 143, adalah “proses yang dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan bertindak pasca konsumsi produk, jasa maupun ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya”. Jadi, dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen merupakan studi tentang bagaimana membuat keputusan (decision units), baik individu, kelompok, ataupun organisasi, membuat keputusan-keputusan beli atau melakukan transaksi pembelian suatu produk dan mengkonsumsinya.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penelitian berlangsung mulai akhir Mei 2011 sampai dengan awal Juni 2011 dan dilakasanakan di Bank Syariah Mandiri kantor cabang Bekasi. Penelitian dilakukan pada satu waktu atau cross sectional.

Tahapan yang dilalui dalam pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder.

Teknik menggunakan convinence sampling.

 

E. Kesimpulan

  1. Promosi penjualan “Gelegar Hadiah” Bank Syariah Mandiri memiliki pengaruh langsung dan positif sebesar (0.89) terhadap persepsi kualitas.
  2. Promosi penjualan “Gelegar Hadiah” Bank Syariah Mandiri tidak mempengaruhi dan negatif (-0.06) terhadap keputusan menambah saldo tabungan.
  3. Persepsi kualitas Bank Syariah Mandiri memiliki pengaruh dan positif (0.79) terhadap keputusan menambah saldo tabungan.

 

Contoh Tesis Promosi Penjualan

  1. Analisis Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Ekuitas Merek, Sikap dan Intensi Membeli Konsumen Bisnis Ritel (Studi kasus Matahari Department Store)
  2. Analisis Dampak Promosi Penjualan terhadap Persepsi Kualitas dalam Keputusan Menambah Saldo Tabungan