Tesis Positioning : Pengembangan Sistem Penjejak Kendaraan InTrack pd Personal Digital

Judul Tesis : Pengembangan Sistem Penjejak Kendaraan InTrack pada Personal Digital Assistant Menggunakan Global Positioning System

 

A. Latar Belakang

Berbagai produk perangkat lunak telah menggabungkan teknologi satelit dan teknologi lainnya untuk menciptakan suatu aplikasi yang bersifat personal dan mobile, misalnya traveling & tracking navigation yang bisa digunakan pada mobile device seperti PDA yang berbasis pada GPS receiver.

Namun, mobile device seperti PDA memiliki beberapa kekurangan yang cukup signifikan dalam menghambat pengembangan aplikasi perangkat lunak yaitu keterbatasan kapasitas memory yang tersedia dan kemampuan CPU speed, sebagai perbandingan saja memory pada PC desktop bisa mencapai ratusan MB atau 1 GB sedangkan pada PDA hanya antara 8-64 MB, begitu juga dengan perbandingan CPU speed pada PC desktop mencapai 2-3 GHz sedangkan pada PDA hanya sampai sekitar 400 MHz. Kekurangan-kekurangan inilah yang menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mengembangkan aplikasi yang yang efektif  dan efisien sehingga benar-benar cocok dengan spesifikasi perangkat keras yang digunakan.

 

B. Deskripsi Permasalahan

Permasalahan yang timbul dalam proyek mahasiswa ini adalah bagaimana menciptakan fitur-fitur yang mampu mendukung aplikasi navigasi berupa vehicle tracking system pada perangkat PDA dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Fitur-fitur ini diharapkan padat informasi dan memberikan kemudahan lebih pada pengguna PDA. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tantangan utama dalam mengembangkan aplikasi pada PDA ini adalah:

 Ukuran memory dan CPU speed pada mobile device yang terbatas.

 Penggunaan teknologi GPS yang merupakan hal baru bagi penulis.

 Pengembangan perangkat lunak pada mobile device masih merupakan suatu hal yang berbeda dibandingkan dengan pengembangan aplikasi pada PC desktop.

 

C. Landasan Teori Tesis

Rational Unified Process

Unified Process adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang menggunakan pendekatan berupa pemberian tugas dan tanggung jawab dalam sebuah organisasi pengembangan perangkat lunak. Tujuannya untuk memastikan dihasilkannya sebuah perangkat lunak berkualitas yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan jadwal dan biaya yang bisa diprediksikan.

Unified Modelling Language (UML)

Unified Modelling Language (UML) adalah suatu bahasa pemodelan untuk melakukan analisa dan desain yang berorientasikan obyek (Object-Oriented Analysis and Design). UML mendeskripsikan kelas, komponen, nodes, aktivitas, work flows, use cases, objects, states dan cara pemodelan hubungan di antara elemen-elemen tersebut [UCM00]. UML banyak menggunakan diagram dalam melakukan pemodelan untuk analisa dan desain sistem yang berorientasikan Object (Object-Oriented Analysis and Design).

 

PDA (Personal Digital Assistant)

Personal Digital Assistant (PDA) merupakan mobile device berukuran kecil yang memiliki kemampuan hampir setara dengan PC desktop yang biasa dipergunakan sehari-hari. Oleh karena ukurannya yang kecil tapi memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap seperti office applications (word processors, spreadsheet, dll.), fasilitas browsing internet, penggunaan GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui posisi pengguna saat ini, dan masih banyak lagi fitur-fitur yang membuat banyak pengguna PC desktop tertarik untuk membelinya.

 

Pocket PC

Sebuah Pocket PC menjalankan sistem operasi Windows PocketPC yaitu sebuah sistem operasi Windows yang memang didesain untuk dijalankan pada mobile devices. Windows PocketPC ini memiliki banyak persamaan dengan Windows pada PC desktop biasa seperti start menu, tackbar, desktop, control panel dan lain-lain. Navigasinya menggunakan pen khusus, tetapi pengguna juga bisa menggunakan jarinya secara langsung pada touch screen. Layar display pada Pocket PC telah ditentukan oleh Microsoft yaitu berukuran resolusi 320×240 pixel dan sebagian besar memiliki kedalaman warna sebesar 16 bit atau 65.000 warna. Pocket-PC juga memiliki 1 (satu) atau lebih expansion slot (Compact Flash & SD) yang memungkinkan pengguna untuk menambah memory, modem atau network card. Semua Pocket PC kompatibel dengan sistem operasi Windows 98, NT 4, 2000 dan XP, namun tidak kompatibel dengan Mac.

 

D. Metodelogi Penelitian

Dalam mengembangkan sistem ini, kelompok kami menggunakan metodologi Unified Process dan melakukan pemodelan berorientasikan Object dengan UML (Unified Modelling Language). Pada implementasinya, sistem ini dikembangkan dengan menggunakan programming tools AppForge™ mobileVB yang diintegrasikan pada Microsoft™ Visual Basic 6. Pada awal deployment dilakukan pada PDA jenis PocketPC (mengunakan sistem operasi Windows Pocket PC).

 

E. Kesimpulan

Sistem InTrack merupakan aplikasi pada PDA yang menggunakan GPS receiver. GPS receiver terhubung dengan satelit GPS yang memberikan informasi koordinat pengguna, waktu, arah pengguna, kecepatan pengguna dan lain-lain, dengan format NMEA sebagai pemberi input pada sistem. Fitur yang dikembangkan dari informasi yang telah disebutkan di atas adalah:

  1. Menampilkan data perjalanan yang sedang atau telah dilalui pengguna, beserta waypoint dan data jalan.
  2. Menyimpan data perjalanan.
  3. Memberi berbagai peringatan kepada pengguna, baik peringatan atas kecepatan pengguna dengan batas kecepatan tertentu maupun peringatan atas tempat yang ingin dihindari.
  4. Serta fitur-fitur lain yang memandu pengguna dalam melakukan perjalanan.

 

Contoh Tesis Positioning

  1. Pengembangan Sistem Penjejak Kendaraan Tik Track pada Personal Digital Assistant Menggunakan Global Positioning System
  2. Kompetisi Majalah Otomotif _ Analisis Dan Aplikasi Teori Niche dalam Penelitian Kompetisi pada Majalah Mobil, Mobil & Motor Intan Motor, Autocar Dan Alternatif Positioning Majalah Mobil
  3. Analisis Penggunaan Metode Lambda untuk Mengurangi Pengaruh Kesalahan Cycle Slip pada Sistem Navigasi GPS (Global Positioning System)
  4. Analisis Persepsi Konsumen terhadap Positioning Djarum Super Mezzo
  5. Analisis Positioning dan Strategi Pengembangan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dalam Memperkokoh Sistem Jaminan Sosial di Indonesia (Studi Kasus PT Jamsostek)
  6. Analisis Positioning PT. Cipta Busana Jaya- Studi Kasus Produk Accent
  7. Analisis Segmentasi, Target Pasar dan Positioning Konsumen Rokok Rendah Tar dan Nikotin di Jakarta
  8. Evaluasi Persepsi Pendengar terhadap Positioning Radio Studi Kasus Radio Ramako 105.8
  9. Pemetaan Positioning Merek Menggunakan Analisis Multidimensional Scaling (Studi Kasus Merek Minuman Isotonik di Dki Jakarta)
  10. Strategi Positioning Inkubator Bayi Medixe Sebagai Pemain Baru di Pasar Neonatal Care Instrument Indonesia