Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Perdagangan: Pengaruh Keterbukaan Perdagangan trhdp Deforestasi

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Keterbukaan Perdagangan terhadap Deforestasi di Indonesia

 

A. Latar Belakang

Perdagangan memiliki peran yang semakin penting terhadap pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Dengan mendorong perdagangan, negara-negara berkembang dapat meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan pekerjaan, dan melalui transfer teknologi dan praktek manajemen dapat memperkuat perusahaan-perusahaan swasta domestik yang akhirnya akan membantu penciptaan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi lebih lanjut.

Setiap negara menghendaki peningkatan kualitas kehidupan melalui pertumbuhan ekonomi. Todaro dan Smith (2006) menyatakan istilah pembangunan secara tradisional diartikan sebagai suatu kapasitas dari sebuah perekonomian nasional yang kondisi awalnya kurang baik dan bersifat statis dalam kurun waktu yang cukup lama untuk menciptakan dan mempertahankan kenaikan Gross Domestic Product (GDP) atau Gross National Income (GNI).

 

B. Perumusan Masalah

Bagaimana dan seberapa besar keterbukaan perdagangan mempengaruhi deforestasi di Indonesia?

 

C. Tinjauan Pustaka

Teori Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional dapat diartikan sebagai transaksi dagang antara subyek ekonomi negara yang satu dengan subyek ekonomi negara yang lain, baik mengenai barang ataupun jasa-jasa. Perdagangan internasional berlangsung atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan, mulai dari barter hingga transaksi jual-beli antara pedagang dari berbagai penjuru dunia. Pada hakikatnya internasional timbul karena tidak ada satu negara pun yang dapat menghasilkan semua barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduk.

Pengertian Deforestasi

Kementerian Kehutanan (2012) mendefinisikan deforestasi sebagai perubahan kondisi penutupan lahan dari hutan menjadi bukan hutan (termasuk perubahan untuk perkebunan, pemukiman, kawasan industri, dan lain-lain). World Bank menyebutkan bahwa hilangnya tutupan hutan secara permanen dan sementara merupakan deforestasi, sehingga menganggap kawasan perladangan berpindah yang akan kembali menjadi hutan sekunder juga merupakan deforestasi. Keterbukaan Perdagangan, Pertumbuhan Ekonomi dan Deforestasi Perdagangan internasional akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Adanya pertumbuhan ekonomi berdampak terhadap lingkungan. Lingkungan secara bertahap mengalami degradasi mengikuti pertumbuhan ekonomi global yang cepat (Gultom: 2011). Salah satu teori yang menjelaskan tentang pertumbuhan ekonomi dengan dampak lingkungan adalah Environmental Kuznet Curve (EKC) atau kurva lingkungan Kuznet. Kurva EKC menunjukkan hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan kualitas lingkungan dalam bentuk kurva U terbalik.

 

D. Metodelogi Penelitian

Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder time series untuk kurun waktu 7 tahun yaitu tahun 2004-2010 dan cross section daerah penelitian yaitu provinsi.

Analisis deskriptif atau statistik deskriptif adalah statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau menggambarkan terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Variabel luas HPH mempunyai pengaruh yang signifikan dengan hubungan yang positif. Hal ini berarti seandainya luas HPH berkurang maka luas penutupan hutan akan berkurang. Seiring dengan peningkatan laju deforestasi dan peningkatan volume kayu hasil penebangan liar jumlah perusahaan pengusahaan hutan atau HPH cenderung menurun. Dapat disimpulkan bahwa berkurangnya luas areal kerja HPH berjalan seiring dengan berkurangnya tutupan hutan. Walaupun luas pengusahaan HPH sudah menurun, luas wilayah hutan yang rusak masih terus meningkat karena adanya penebangan liar.
  2. Perkebunan kelapa sawit dan karet memiliki pengaruh yang signifikan dengan hubungan yang negatif. Pembangunan perkebunan di atas lahan hutan dua kali lebih menarik, hal ini disebabkan setelah memperoleh IPK sebuah perusahaan dapat menebang habis kawasan tersebut dan menjual kayunya kepada industri pengolahan kayu.
  3. Harga kayu bulat dunia berpengaruh signifikan terhadap deforestasi. Dengan meningkatnya harga kayu dunia, menyebabkan terjadinya perbedaan harga kayu domestik dan internasional, yang mana pada akhirnya akan menyebabkan deforestasi.

Contoh Tesis Perdagangan

  1. Analisis Pengaruh Keterbukaan Perdagangan terhadap Deforestasi di Indonesia
  2. Analisis Pengaruh Kurs Dollar dan Tingkat Suku Bunga SBI terhadap Volume Perdagangan Saham PT Indosat di Bursa Efek Jakarta (Periode 2002-2004)
  3. Analisis Efek Integrasi Ekonomi ASEAN dan Manfaatnya Bagi Perdagangan Negara-Negara ASEAN
  4. Analisa Penerapan Strategi Pengembangan E-Government di Departemen Perindustrian dan Perdagangan
  5. Analisa Hukum Peran Biro Administrasi Efek (BAE) Sebagai Lembaga Penunjang Pasar Modal dalam Sistem Perdagangan Efek Tanpa Warkat di Pasar Modal Indonesia