Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Pengaruh Brand: Brand Identity dan Brand Position trhdp Pembentukan Brand Image

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Brand Identity dan Brand Position terhadap Pembentukan Brand Image Perusahaan Asuransi (Study Kasus pada PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967)

 

A. Latar Belakang

Pada masa globalisasi saat ini, maka penting bagi perusahaan untuk selalu berusaha lebih baik sehingga dapat memimpin pasar lebih baik daripada para pesaingnya. Sehingga perusahaan harus memiliki sesuatu yang unik dan dapat menjadi identifikasi perusahaan dengan para pesaingnya. Salah satu sumber yang dapat sulit untuk ditiru oleh para pesaingnya adalah brand image perusahaan.

Melalui brand, perusahaan dapat mencitrakan dirinya menjadi apa yang diinginkannya. Hasil yang bagus menunjukkan bahwa manajemen perusahaan kapabel memanajemen brand mereka, menerjemahkan brand identity, menentukan brand elements dan mendefinisikan keunikan brand dan equity. Makin baik brand image suatu perusahaan, maka hal tersebut akan memberikan dampak kepada makin kuatnya posisi perusahaan tersebut dalam pasar. (Janonis dan Virvilaite, 2007)

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara brand identity terhadap brand image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 ?
  2. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara brand position terhadap brand image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 ?
  3. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara brand identity dan brand position secara bersama-sama terhadap brand image PT. Asuransi Umum Bumiputermuda 1967 ?

 

C. Landasan Teori

Brand Identity (Identitas Merek)

Brand identity (identitas merek) adalah sekelompok asosiasi merek yang khas atau unik yang ingin diciptakan atau dipertahankan oleh perusahaan melalui strategi merek (Aaker, 1996). Asosiasi-asosiasi ini memberikan arti bagi sebuah merek dan janji yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Brand identity (identitas merek) memberikan arah, tujuan dan arti untuk sebuah merek sehingga menjadikannya sebagai pusat dari visi strategi merek dan penggerak bagi asosiasi merek yang merupakan jantung dan roh dari sebuah merek.

Brand Position

Positioning adalah tindakan yang dilakukan pemasar untuk membuat citra produk dan hal-hal yang ingin ditawarkan kepada pasarnya berhasil memperoleh posisi yang jelas dan mengandung arti dalam benak sasaran konsumennya (Kasali,2007).

 

Brand Image

Brand image bagi beberapa produk sangatlah penting karena dapat mempengaruhi penjualan produk. Menurut Kotler dan Pfoertsch (2008) citra adalah persepsi dan kebutuhan, tidak sepenuhnya fakta. Pembeli atau konsumen tidak dapat mengetahui semua yang ada tentang perusahaan berdasarkan kenyataan. Sesuatu yang tidak diketahui oleh konsumen dapat diasumsikan dengan atau tanpa bukti obyektif. Persepsi yang terbentuk dengan sendirinya sangat berpengaruh ke pada pembelian, seperti faktor nyata yang didasari pada bukti dan dapat menentukan keputusan pembelian.

 

D. Metodelogi Penelitian Tesis

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik regresi.

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh nasabah PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 di wilayah Jakarta.

Dalam teknik simple random sampling, pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut.

Penelitian dilakukan pada PT. Asuransi Umum Bumiputermuda 1967 wilayah Jakarta di Jakarta.

Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2010 hingga bulan Mei 2010, rinciannya seperti tertera pada tabel di bawah.

 

E. Kesimpulan

  1. Variabel Brand Identity mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan Brand Image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda, hal ini dibuktikan koefisien regresi sebesar 0.546 yang memiliki tingkat signifikansi 0,000 pada alpha 0,05 pada tingkat keyakinan 95%. Hal ini berarti hipotesis diterima sehingga disimpulkan bahwa variabel Brand Identity dengan Brand Image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 memiliki pengaruh yang signifikan.
  2. Variabel Brand Position mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan Brand Image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967, hal ini dibuktikan koefisien regresi sebesar 0.437 yang memiliki tingkat signifikansi 0,000 pada alpha 0,05 pada tingkat keyakinan 95%. Hal ini berarti hipotesis diterima sehingga disimpulkan bahwa variabel brand position dengan Brand Image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 memiliki pengaruh yang signifikan.
  3. Variabel Brand Identity dan Brand Position secara bersama mempunyai pengaruh positif terhadap Brand Image PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi 0.292 dan 0.290 pada tingkat keyakinan 95%.

 

Contoh Tesis Pengaruh Brand

  1. Analisis Pengaruh Perubahan Desain Logo pada Sikap Pelanggan Terhadap Brand (Melalui Mediasi Evaluasi Logo) yang Dimoderasi oleh Komitmen terhadap Brand Kajian Pada PT Garuda Indonesia Tbk
  2. Analisis Pengaruh Brand Identity dan Brand Position terhadap Pembentukan Brand Image Perusahaan Asuransi (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967)
  3. Analisis Pengaruh Brand Image terhadap Overall Satisfaction dan Loyalty Intention (Studi Kasus Blue Bird Group Indonesia)