Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Pelayanan Publik

Tesis Pelayanan Publik – Bagi Mahasiswa Magister Administrasi Publik, maka membuat penelitian atau tesis tentang pelayanan publik adalah salah satu alternatif. Kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dewasa ini membuat pemerintah berupaya untuk mengimbangi penyediaan alat pemenuhan kebutuhan dengan berbagai alternatif pilihan, misalnya dengan mendirikan berbagai organisasi sektor publik diberbagai daerah agar memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Istilah sektor publik memiliki pengertian yang bermacam-macam. Hal tersebut dikarenakan konsekuensi dari luasnya wilayah publik, sehingga setiap disiplin ilmu baik ekonomi, politik, hukum dan sosial memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Dilihat dari sudut pandang ekonomi menurut Mardiasmo (2002: 2) “Sektor publik yaitu suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan pelayanan publik dalam rangka memenuhi kebutuhan dan hak publik”.

Sektor publik tersebut menghasilkan pelayanan publik kepada masyarakat Menurut Depnakertrans (2004: 2) yang menyatakan bahwa “Pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan”. Pelayanan publik dari organisasi-organisasi di sektor publik diberikan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi hak dan kewajiban masyarakat (publik).

Dalam konteks ke-Indonesia-an, penggunaan istilah pelayanan publik (public service) dianggap memiliki kesamaan arti dengan istilah pelayanan umum atau pelayanan masyarakat. Oleh karenanya ketiga istilah tersebut dipergunakan secara interchangeable, dan dianggap tidak memiliki perbedaan mendasar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dinyatakan pengertian pelayanan bahwa “pelayanan adalah suatu usaha untuk membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan orang lain. Pengertian service dalam Oxford (2000) didefinisikan sebagai “a system that provides something that the public needs, organized by the government or a private company”. Pelayanan berfungsi sebagai sebuah sistem yang menyediakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara istilah publik, yang berasal dari bahasa Inggris (public), terdapat beberapa pengertian, yang memiliki variasi arti dalam bahasa Indonesia, yaitu umum, masyarakat, dan negara. Public dalam pengertian umum atau masyarakat dapat kita temukan dalam istilah public offering (penawaran umum), public ownership (milik umum), dan public utility (perusahaan umum), public relations (hubungan masyarakat), public service (pelayanan masyarakat), public interest (kepentingan umum) dll. Sedangkan dalam pengertian negara salah satunya adalah public authorities (otoritas Negara), public building (bangunan negara), public revenue (penerimaan negara) dan public sector (sektor Negara). Dalam hal ini, pelayanan publik merujukkan istilah publik lebih dekat pada pengertian masyarakat atau umum. Namun demikian pengertian publik yang melekat pada pelayanan publik tidak sepenuhnya sama dan sebangun dengan pengertian masyarakat. (Nurcholish, 2005: 178) memberikan pengertian publik sebagai sejumlah orang yang mempunyai kebersamaa berfikir, perasaan, harapan, sikap dan tindakan yang benar dan baik berdasarkan nilai-nilai norma yang mereka miliki.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN) Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003, memberikan pengertian pelayanan publik yaitu segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengertian-pengertian di atas, semoga bisa membantu mahasiswa untuk menyusun Tesis Pelayanan Publik.