Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Pariwisata: Potret Wisata Malam Pasar Semawis di Kota Semarang

Judul Tesis : Potret Wisata Malam Pasar Semawis di Kota Semarang

 

A. Latar Belakang Tesis

Dalam suatu kegiatan wisata diharapkan semua hal yang berkaitan dengan dunia kepariwisataan dapat terpenuhi dengan baik misalnya, adanya daya tarik wisata, sapta pesona yang baik, souvenir sampai dengan makanan khas pada daerah masing-masing. Banyak sekali objek dan daya tarik wisata yang dapat dijadikan sebagai sarana daya tarik wisata di Indonesia. Objek dan daya tarik tersebut tersebar di seluruh pelosok tanah air, salah satunya yang terdapat di propinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah memiliki banyak kawasan prospektif yang mempunyai aneka ragam sumber daya, baik alam maupun budaya yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satu daerah prospektif tersebut adalah kota Semarang.

Kota Semarang merupakan ibukota propinsi Jawa Tengah yang memiliki berbagai macam daya tarik wisatawan, misalnya bangunan-bangunan kuno yang merupakan peninggalan dari Kolonial Belanda yang sampai sekarang masih berdiri tegak di kota Semarang. Wisata alamnya yang begitu indah dan sayang untuk dilewatkan, keanekaragaman budaya masyarakat penduduk kota Semarang yang berisikan campuran masyarakat asli dan etnik Cina atau Tionghoa.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana latar belakang berdirinya Pasar Semawis?
  2. Potensi apa saja yang menjadikan Pasar Semawis sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW)?
  3. Bagaimana pengaruh Pasar Semawis terhadap kepariwisataan di kota Semarang yang dalam kajiannya dilakukan dengan pendekatan analisis SWOT?

 

C. Landasan Teori

Definisi Pariwisata

Pariwisata didefinisikan sebagai sekumpulan fenomena dan hubungan yang tumbuh dari interaksi antara para wisatawan, para pengusaha dengan pemerintah dan masyarakat tuan rumah. Interaksi itu terjadi dalam suatu proses dimana pemerintah dan masyarakat tuan rumah berusaha untuk mempengaruhi para wisatawan dan pengunjung lainnya tersebut untuk singgah di tempat, daerah ataupun negara yang mereka kunjungi. Sedangkan kepariwisataan adalah sekumpulan kegiatan-kegiatan pelayanan-pelayanan dan industri-industri yang dapat memberikan pelayanan-pelayanan perjalanan (Mc. Intosh, Goeldner, 1984:4).

Atraksi wisata

Atraksi wisata biasanya berwujud peristiwa, kejadian baik yang terjadi secara periodik atauun sekali saja, baik yang bersifat tradisional ataupun yang telah dilembagakan dalam kehidupan masyarakat modern, yang kesemuanya itu mempunyai daya tarik yang positif kepada para wisatawan untuk mengunjungi, menyaksikan dan menikmati. Sehingga memberikan kepuasan maksimal bagi motif-motif para wisatawan yang telah tergerak mengunjunginya (Damardjadi, 2001:126).

Analisis SWOT

Dalam analisis potensi pasar Semawis, komponen-komponen yang akan menjadi dasar potensi dan daya tarik wisata menggunakan analisis SWOT. Melalui analisis SWOT, maka dapat diketahui faktor-faktor yang perlu dikembangkan untuk pengembangan sektor pariwisata di kota Semarang.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan adalah teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dokumen, dengan sumber data tersebut sehingga dapat di ketahui latar belakang berdirinya Pasar Semawis, potensi yang manjadikan Pasar Semawis sebagai Daerah Tujuan Wisata, pengaruh Pasar Semawis terhadap kepariwisataan di Kota Semarang.

 

E. Kesimpulan

Keberadaan Pasar Semawis yang dikenal banyak orang selain menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik, juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menambah pengetahuan terutama mengenai keanakearagaman budaya etnies China.

Menghadapi perkembangan dunia yang semakin pesat, keberadaan Pasar Semawis perlu untuk terus digali potensinya, baik dari segi kekuatan ekonomi, kesehatan, dayta tarik wisata, dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya.

 

Contoh Tesis Pariwisata

  1. Model Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
  2. Potensi dan Pengembangan Obyek Wisata Goa Gong di Kabupaten Pacitan
  3. Pemasaran Paket Wisata dengan Metode Personal Selling PT. Kesan Indah Abadi Tour And Travel di Karanganyar
  4. Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara di Niki Tour Solo
  5. Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa