Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Pariwisata: Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa

Judul Tesis : Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa

 

A. Latar Belakang

Dalam melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah atau kawasan wisata di Indonersia, akan sangat sulit bagi seorang wisatawan jika harus mengurus segala sesuatunya sendiri. Selain membutuhkan banyak waktu, hal itu juga memerlukan penguasaan lapangan secara menyeluruh. Oleh sebab itu dalam pembuatan rencana perjalanan dibutuhkan sebuah Biro Perjalanan Wisata untuk mengurus semua kebutuhan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata.

Biro Perjalanan Wisata akan membuat rencana perjalanan mereka dalam bentuk produk-produk paket wisata. Produk-produk paket wisata inilah yang nantinya akan di pasarkan dan dijual kepada para konsumen sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan. Dengan adanya produk-produk paket wisata yang di tawarkan ini, diharapkan akan membantu dan mempermudah wisatawan dalam memilih dan menentukan rencana perjalanan mereka.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pengembangan potensi obyek wisata Karimunjawa oleh pemerintah Kabupaten Jepara dan pihak-pihak swasta yang berkepentingan?
  2. Bagaimana pengembangan alternatif paket wisata ke Karimunjawa dan apa saja hambatan yang dihadapi?
  3. Bagaimana pemasaran produk paket wisata ke Karimunjawa yang sesuai dengan permintaan pasar saat ini?

 

C. Landasan Teori

Paket Wisata Ekonomi Class

Paket wisata ini merupakan paket wisata untuk golongan menengah ke bawah, dengan fasilitas yang diberikan termasuk dalam kategori kelas 2. Meskipun demikian kualitas pelayanannya tetap sama dengan jenis paket wisata kelas 1. Untuk dapat mengikuti paket ini, jumlah peserta wisata minimal adalah 40 orang.

Sarana Komunikasi

Satu-satunya alat komunikasi umum yang terdapat di Taman Nasional Karimunjawa adalah Telkom. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, PT. Telkom Karimunjawa buka 24 jam per hari meskipun penerangan listrik di Karimunjawa hanya 12 jam per hari.

Tourist Information Center

Tourist Information Center ini akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan wisatawan mulai dari penginapan, denah peta Kecamatan Karimunjawa, fasilitas-fasilitas wisata dan segala informasi yang berkaitan dengan obyek-obyek wisata yang ada di Karimunjawa.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan cara melakukan observasi secara langsung di Obyek wisata Karimunjawa dan melakukan wawancara dengan beberapa informan yang dapat memberikan data dan fakta yang akurat serta menggunakan studi pustaka dan dokumen untuk mendapatkan data-data pendukung yang mempunyai keterkaitan dengan topik Tugas Akhir ini.

Setelah data yang diperoleh terkumpul, baru kemudian dilakukan analisa data dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif.

 

E. Kesimpulan

Pemasaran produk alternatif paket wisata yang sudah disusun haruslah sesuai dengan permintaan pasar saat ini. Produk yang ditawarkan harus dapat bersaing dengan produk lain dari segi harga dan kualitasnya. Media pemasaran yang efektif saat ini adalah dengan melakukan promosi melalui website, menyebarkan brosur di Biro-Biro Perjalanan dan hotel serta melakukan presentasi di instansi atau lembaga yang akan mengadakan tour. Dengan disusunnya alternatif paket wisata ke Karimunjawa ini, diharapkan dapat menambah minat wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata Karimunjawa.

 

Contoh Tesis Pariwisata

  1. Model Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
  2. Potensi dan Pengembangan Obyek Wisata Goa Gong di Kabupaten Pacitan
  3. Pemasaran Paket Wisata dengan Metode Personal Selling PT. Kesan Indah Abadi Tour And Travel di Karanganyar
  4. Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara di Niki Tour Solo
  5. Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa