Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Pariwisata: Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara

Judul Tesis : Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara di Niki Tour Solo

 

A. Latar Belakang

Jasa pengiriman barang memang memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya pada angkutan barang yang menggunakan pesawat udara. Transportasi yang semakin baik dan berkembang cepat serta ditunjang dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini banyak juga berdiri perusahaan pengiriman barang domestik khususnya di kota Solo. Dimana suatu perusahaan pengiriman barang tersebut dalam penanganannya selain menggunakan sarana dan prasarana yang canggih, juga perusahaan tersebut membutuhkan kerjasama dengan pihak lain untuk memperluas jaringan dan sistem kinerja perusahaan tersebut agar lebih baik dalam penanganannya.

Oleh sebab itu, banyak juga terjadi persaingan antar perusahaan di bidang jasa pengiriman barang dalam menjual produknya kepada konsumen, tetapi tidak semua orang dapat mendirikan suatu perusahaan pengiriman barang tersebut dengan baik, karena untuk menempatkan suatu perusahaan tersebut dalam industri jasa pengiriman barang domestik harus dapat memiliki sumber daya manusia yang professional, dan kemampuan standar kerja yang tinggi, bila mereka ingin mendapatkan akses yang paling baik di pasar dan kepercayaan dari konsumen.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana proses penanganan pengiriman barang di Niki Tour Solo?
  2. Bagaimana Niki Tours dalam memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen?
  3. Kendala apa saja yang dihadapi Niki Tours dalam penanganan pengiriman barang melalui pesawat udara dan usaha mengatasinya?

 

C. Landasan Teori

Transportasi

Transportasi sebagai dasar untuk pembangunan ekonomi dan perkembangan masyarakat serta pertumbuhan industrialisasi. Suatu barang atau komoditi mempunyai nilai tempat dan waktu, jika barang tersebut dipindahkan dari satu tempat ketempat lain. Dalam hal ini, dengan menggunakan transportasi dapat menciptakan suatu barang atau komoditi berguna menurut waktu dan tempat (Time utility and Place utility) (Abbas Salim, 2006:6).

Angkutan Barang

Jumlah muatan yang diangkut untuk antarkota menggunakan berbagai jenis moda transportasi antara lain menggunakan kereta api, truk, container (sistem peti kemas), kapal dan tongkang yang ditarik oleh Tugboat. Barangbarang umum (General Commodities) yang diangkut dalam jumlah besar atau partai kecil. Distribusi pengangkutan barang-barang berbeda menurut volume yang diangkut, pengiriman barang dalam jumlah besar maupun kecil, jarak, berat dari muatan yang diangkutpun berbeda. Untuk pengangkutan domestik ada pola tertentu yang digunakan untuk lalu lintas muatan (barang). Arus barang dan lembaga penyalur komoditi yang dimanfaatkan dalam rangka pengiriman barang melalui pengangkutan perlu di analisis mengenai lalu lintas muatan (traffic) (Abbas Salim,2006:38).

Syarat Penerimaan Kargo

Dalam menerima kargo ada syarat-syarat yang harus dilaksanakan. Adapun syarat penerimaan kargo secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pengepakan harus kuat & baik sehingga layak untuk dikirim dengan pesawat terbang dengan aman dan tidak mudah rusak.
  2. Apakah kemasan itu di beri tanda “this side up” (anak panah) sehingga barang tidak terbalik saat diletakkan dalam pesawat atau tanda “fragile” (mudah pecah).
  3. Setiap bungkusan / pak harus ditulis nama & alamat si pengirim & si penerima dengan jelas, dapat di baca & tidak luntur.

 

D. Metode Penelitian

Laporan penelitian ini disajikan secara dekriptif, yaitu untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan penanganan pengiriman barang.

Metode penelitian ini menggunakan studi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kemudian data yang telah diperoleh dikembangkan lebih dalam lagi.

 

E. Kesimpulan Tesis

Adanya jasa pengiriman barang di Niki Tour akan lebih memudahkan konsumen dalam mengirim barang dan menguntungkan Niki Tour  menambah pemasukan perusahaannya agar terhindar dari persaingan, dan memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan juga akan meningkatkan minat pelanggan itu sendiri. Dan meskipun jasa pengiriman barang ini ditangani oleh biro perjalanan wisata, tetapi sedikit memiliki keterkaitan dengan industri kepariwasataan, dimana jasa pengiriman tersebut sebagai pengangkut barang-barang wisatawan ataupun importasi komoditas yang diperlukan bagi indstri kepariwisataan itu sendiri. Seperti penjual souvenir atau cinderamata membutuhkan jasa pengiriman barang untuk mengimpor barangnya ke daerah tujuan wisata dan barang- barang itulah yang dijadikan sebagi barang wisatawan.

 

Contoh Tesis Pariwisata

  1. Model Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
  2. Potensi dan Pengembangan Obyek Wisata Goa Gong di Kabupaten Pacitan
  3. Pemasaran Paket Wisata dengan Metode Personal Selling PT. Kesan Indah Abadi Tour And Travel di Karanganyar
  4. Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara di Niki Tour Solo
  5. Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa