Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Pariwisata: Model Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum

Judul Tesis : Model Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta selain berdasarkan keragaman budaya, juga berdasarkan keragaman alam. Kota tersebut mempunyai banyak objek wisata alam, seperti Kaliadem di Lereng Gunung Merapi, Kaliurang, Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, dan sebagainya. Wisatawan sangat menikmati liburan ke Yogyakarta, karena Yogyakarta menyediakan objek-objek wisata, baik untuk wisata budaya, wisata alam maupun wisata belanja.

Salah satu potensi dan daya tarik wisata di Yogyakarta, khususnya di wilayah Turi, Sleman yaitu Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, Donokerto, Turi, Sleman. Desa tersebut merupakan tanah seluas 25 hektar yang dikembangkan menjadi kompleks tanaman salak, tempat belajar dan bermain anak-anak, pemancingan dan kolam renang oleh Hery Kustriyatno selaku pengembang desa wisata tersebut dan pimpinan dari Sanggar Pratista. Kata Pratista berasal dari kata Prasojo Titis Tematta.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apa saja daya tarik yang ada di Desa Wisata Kembangarum tersebut?
  2. Bagaimana model pengelolaan Desa Wisata Kembangarum?
  3. Bagaimana peran serta masyarakat sekitar dalam pengembangan Desa Wisata tersebut?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pariwisata

Pariwisata secara umum adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh beberapa orang atau individu untuk mendapatkan hiburan setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Kegiatan pariwisata ini dilakukan pada saat liburan atau pada waktu luang, sehingga mendapatkan suatu hiburan yang dapat dinikmati yang bersifat sementara.

Pengertian Desa Wisata

Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. (http://www.yogyes.com/desawisata, 18 April 2008).

Pengertian Objek Wisata

Objek wisata menurut Musanef adalah tempat atau keadaan alam yang mempunyai sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik wisata dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi oleh wisatawan.

 

D. Metode Penelitian

Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan potensi dan daya tarik desa wisata kembang arum. Observasi, wawancara, dan studi pustaka dilakukan untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalan penulisan laporan ini. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Desa Wisata Kembangarum merupakan salah satu variasi dalam dunia pariwisata yang dapat memperkaya keanekaragaman objek wisata yang ada di Indonesia, sebagai salah satu aset wisata di Kabupaten Sleman.
  2. Desa wisata tersebut turut mendukung perkembangan pariwisata Kabupaten Sleman dengan menawarkan daya tarik yang ada di Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum. Daya tarik yang dimiliki desa wisata ini antara lain, jenis kesenian yang dipertunjukkan, tradisi kenduri dan upacara mitoni yang masih dilestarikan, adanya bermacam-macam wisata yang ditawarkan di Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum seperti wisata pemukiman, wisata kuliner, wisata wisata air, wisata peternakan, dan sebagainya. Daya tarik tersebut untuk menarik wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum.
  3. Dalam pengelolaan Desa Wisata Kembangarum sebagai objek wisata alam, Hery Kustriyatno selaku pengelola membuat rencana pengembangan yang bertujuan untuk mengoptimalkan daya tarik yang ada di desa wisata tersebut agar menjadi salah satu objek wisata unggulan yang berbasis pendidikan di Kabupaten Sleman.

 

Contoh Tesis Pariwisata

  1. Model Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
  2. Potensi Dan Pengembangan Obyek Wisata Goa Gong Di Kabupaten Pacitan
  3. Pemasaran Paket Wisata Dengan Metode Personal Selling Pt. Kesan Indah Abadi Tour And Travel Di Karanganyar
  4. Penanganan Pengiriman Barang Domestik Melalui Pesawat Udara Di Niki Tour Solo
  5. Potensi Dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa