Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Media Massa: Analisis Citra Perusahaan Melalui Pemberitaan Media Massa

Judul Tesis: Analisis Citra Perusahaan Melalui Pemberitaan Media Massa (Studi Analisis Isi Atas Pemberitaan PT. Mazda Motor Indonesia di Surat Kabar Harian Bisnis Indonesia Periode Januari-Juni Tahun 2012)

A. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan zaman yang sudah memasuki era globalisasi, tekanan dari berbagai publik terhadap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya juga semakin gencar. Ada berbagai tekanan yang sifatnya dinamis dihadapi berbagai perusahaan dewasa ini yakni tekanan regulasi, ekonomi, sosial, teknologi, dan lain-lain. Hal inilah yang mendorong perusahaan-perusahaan di era globalisasi untuk menerapkan strategi outside-in thinking yang menekankan pentingnya mengatasi potensi konflik dengan cepat dan antisipatif. Strategi ini juga diterapkan perusahaan dalam menghadapi dan menangani publik-publik yang semakin terdiversifikasi dan semakin kompleks hubungannya. Perlu diingat juga bahwa pada era globalisasi ini, publik perusahaan menjadi semakin kritis terhadap kinerja perusahaan, permintaan dan ekspektasi mereka pun semakin rumit untuk dipenuhi oleh perusahaan. Sementara di lain pihak perusahaan tidak punya pilihan selain harus mampu mengidentifikasi kebutuhan atau ekspektasi berbagai publiknya tersebut guna memperoleh citra yang positif agar bisnisnya tetap berlangsung.

Oleh karena itu dalam memahami tuntutan publik ini, perusahaan perlu memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap hubungan antara bisnis (perusahaan) dan publik atau dengan kata lain bila perusahaan hendak mengetahui citra dirinya maka perusahaan harus mengidentifikasi persepsi yang dimiliki publik-publiknya. Berbagai faktor yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh perusahaan ini di antaranya berkembang lewat pemberitaan di media massa, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap pembentukan pandangan (citra) publik-publik yang bersangkutan tentang suatu perusahaan.

 

B. Permasalahan

Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan, maka rumusan pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana citra MMI berdasarkan pemberitaan di media cetak selama periode Januari hingga Juni tahun 2012?

 

C. Kerangka Pemikiran Tesis

Citra Perusahaan dan Public Relations

Penelitian ini didasari oleh satu konsep besar dalam pemikirannya yaitu citra. Menurut Rhenald Kasali, citra adalah tanggung jawab atau tujuan utama yang harus dicapai dalam pekerjaan Public Relations (PR). “Tugas utama seorang praktisi PR adalah menegakkan citra organisasi atau perusahaan yang diwakilinya agar tidak timbul kesalahpahaman dan tidak melahirkan isu-isu yang dapat merugikan”. Sehingga penelitian dalam konteks PR ini tidak akan terlepas dari konsep citra dalam kajiannya. Sedangkan citra itu sendiri adalah kesan yang timbul karena pemahaman akan suatu kenyataan, pemahaman itu sendiri muncul karena adanya informasi. Adapun definisi citra yang lain menyatakan bahwa citra (Cheney) adalah “The broader impressions that are projected by organizations and the perceptions held by the various public”. Citra dalam definisi ini dinyatakan sebagai impresi yang dirancang oleh perusahaan (organisasi) dan juga merupakan persepsi yang dimiliki oleh beragam publik yang ada.

 

Media Relations

Media relations adalah suatu aktivitas berkomunikasi dengan media-media pemberitaan yang bertujuan untuk menyeimbangkan opini publik dengan strategi bisnis perusahaan. Dalam konteks penelitian ini, lagi-lagi publik yang dimaksud adalah media. Caywood lebih lanjut menyatakan bahwa media relations adalah upaya mengelola liputan pers (media) untuk membentuk opini publik yang terkait dengan perusahaan.

Opini Publik

Opini publik yang juga adalah wujud dari citra perusahaan, terbentuk karena adanya persepsi dan persepsi terbentuk karena individu yang berpersepsi menerima dan memahami berbagai informasi yang diterimanya dalam memaknai atau memberikan pandangan tentang suatu perusahaan. Informasi yang diterima individu tentang kenyataan atau realitas tentang perusahaan salah satunya adalah dalam bentuk berita-berita yang dipublikasikan oleh media.

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini melandaskan metodologinya pada paradigma positivis dengan pendekatan yang kuantitatif yang bersifat deskriptif, dan teknik analisis data jenis univariat.

Selain itu metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi, sehingga teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi berupa kliping berita MMI di Bisnis Indonesia yang dikumpulkan selama periode Januari-June 2012.

Adapun populasi dari penelitian ini adalah semua berita selama periode Januari-Juni 2012, yang kemudian ditarik sampel penelitian dengan menggunakan teknik penarikan khusus metode analisis isi yakni multi-stage sampling menjadi semua berita tentang MMI pada setiap edisi surat kabar harian Bisnis Indonesia selama tahun 2012.

 

E. Kesimpulan

1. Arah opini pemberitaan Bisnis Indonesia tentang MMI selama Januari-Juni tahun 2012 cenderung positif dengan rincian hasil pengukuran sebagai berikut:

  1. Penggunaan jenis berita terbanyak adalah hard news
  2. Pemusatan peletakkan halaman pada halaman lain-lain eksemplar pertama
  3. Topik tersering diangkat adalah ekonomi

2. Citra PT MMI Indonesia dilihat dari pemberitaan tentang perusahaan di harian Bisnis Indonesia dapat dikatakan cenderung positif. Sebab jumlah frekuensi antara arah opini berita yang positif lebih besar daripada pemberitaan dengan arah opini netral. Sedangkan selama Januari-Juni 2012 ini tidak ditemukan berita yang memiliki kecenderungan arah opini berita yang negatif.

  1. Berdasarkan konsep peran media sebagai sarana pembentuk opini publik yang paling ampuh, maka dapat disimpulkan bahwa citra PT MMI Indonesia di mata masyarakat pun cenderung positif. Tetapi kualitas citra MMI tersebut memiliki kecenderungan yang terfokus pada topik-topik atau tipologi tertentu, yakni citra MMI cenderung positif pada berita-berita yang menyoroti masalah ekonomi dan ilmu serta penemuan.
  2. Di samping itu citra MMI cenderung positif karena komposisi jumlah frekuensi ketiga arah opini yang diindikasikan oleh temuantemuan yang menunjukkan bahwa citra yang ada berkembang secara fluktuatif dan memusat pada satu arah opini pada beberapa tanggal dan bulan berita selama tahun 2012 ini di Bisnis Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada tabel IV. 3 tentang ditribusi frekuensi pemberitaan per bulan di Bisnis Indonesia selama Januari-Juni tahun 2012.

Contoh Tesis Media Massa

  1. Analisis citra Perusahaan Melalui Pemberitaan Media Massa – Studi Analisis Isi Atas Pemberitaan PT Mazda Motor Indonesia di Surat Kabar Harian Bisnis Indonesia