Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Strategi Promosi PT. Telkom Kandatel Solo dlm Meningkatkan Vol. Penjualan

Judul Tesis : Strategi Promosi PT. Telkom Kandatel Solo dalam Meningkatkan Volume Penjualan Telkom Flexi

 

A. Latar Belakang

Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan penyelenggaraan jasa telekomunikasi dalam negeri mempunyai dua peranan penting sebagai agen pembangunan dan sebagai perusahaan yang berorientasi pada laba. Sebagai agen pembangunan PT. TELKOM mempunyai tugas membangun dan menyebarluaskan sarana dan prasarana telekomunikasi untuk dapat digunakan oleh masyarakat misalnya wartel, telepon umum. Sebagai perusahaan yang berorientasi pada laba Telkom dituntut selalu tetap eksis dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman serta selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) dengan tekad untuk menjadi perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi (Infokom) terkemuka di Indonesia dengan bangga mempersembahkan product baru yang dapat memenuhi kebutuhan komunikasi suara dan data yang mempunyai kualitas yang unggul dengan waktu yang cepat dan harga yang kompetitif untuk disampaikan kepada pelanggan.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

  1. Bagaimana strategi promosi yang diterapkan PT. TELKOM Kandatel Solo dalam meningkatkan volume penjualan Telkom Flexi?
  2. Dengan menggunakan strategi promosi tersebut, apakah penjualan Telkom Flexi dapat meningkat? (Akumulasi unit)

 

C. Landasan Teori

Pengertian Strategi

Basu Swasta dan Irawan (1981) mengartikan “Strategi sebagai suatu rencana yang diutarakan untuk mencapai tujuan yang sama tetapi strategi yang dipakai dapat berbeda”.

 

Pengertian Promosi

Alat yang digunakan untuk memperlancar penjualan suatu produk adalah melalui promosi. Promosi ini merupakan salah satu variabel dalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk dan jasa.

 

Pengertian Strategi Promosi

Promosi merupakan salah satu dari promotional mix, sedangkan pengertian promotional mix adalah: “Kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain yang semuanya direncanakan untuk mencapai program penjualan”. Stanton, william J (1984)

 

D. Metode Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan study pustaka, sedangkan tehnik analisis data yang dipakai adalah secara deskriptif dengan melihat volume penjualan dari triwulan ketriwulan.

Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah pt telkom kandetel solo.

Metode Pengumpulan data yaitu pengamatan dan wawancara.

 

E. Kesimpulan

  1. Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT. TELKOM) adalah satu-satunya perusahaan pemerintah yang bergerak dibidang jasa telekomunikasi dan dengan tekad menjadi perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi (Infokom) terkemuka di Indonesia. Dengan kemajuan tehnologi yang semakin canggih, maka PT. TELKOM dengan bangga mempersembahkan product baru yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kebutuhan komunikasi suara dan data yang mempunyai kualitas yang unggul dengan waktu yang cepat dan harga yang kompetitif untuk disampaikan kepada pelanggan. Dan product baru ini dinamakan TELKO M Flexi.
  2. Dalam memperkenalkan product baru, PT. TELKOM menerapkan strategi variabel-variabel promosi guna meningkatkan volume penjualan. Strategi variabel-variabel yang digunakan PT. TELKOM yaitu:
    1. Personal selling
    2. Publisitas
    3. Periklanan
    4. Promosi penjualan
  3. Dilihat dari volume penjualannya, strategi promosi yang dilakukan PT. TELKOM dalam meningkatkan volume penjualan Telkom Flexi dengan menggunakan ke empat variabel promosi sangatlah relatif, memang secara tidak langsung berdampak pada volume penjualan , namun tepat atau tidaknya dapat dilihat dari tujuan promosinya.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pengaruh Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pasca Krisis di Indonesia
  2. Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Fungsi Mentoring, dan Stres Kerja (Studi pada PT. Danliris Sukoharjo)
  3. Penerapan Bauran Promosi ( Promotional Mix ) Dalam Usaha Meningkatkan Jumlah Pelanggan Kartu Flexi pada PT. Telkom Kandatel Solo
  4. Strategi Promosi PT. Telkom Kandatel Solo Dalam Meningkatkan Volume
  5. Peranan Public Relations dalam Memberikan Pelayanan Prima di Pt. Telkom