Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Persepsi Konsumen trhdp Merek Motor berdasarkan Promosi

Judul Tesis: Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen terhadap Merek Sepeda Motor Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki Berdasarkan Kualitas, Harga, Desain dan Promosi di Surakarta (Survei pada Masyarakat di Surakarta Tahun 2006)

 

A. Latar Belakang

Pada saat ini konsumen sulit untuk dipuaskan dan terjadi perubahan rangking kepuasan konsumen terhadap suatu produk setiap tahun terjadi perubahan. Disamping itu terjadi perubahan pola persaingan antar perusahaan yang ketat dalam bentuk lain, seperti kualitas, harga, desain dan promosi. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kottler “Fifteen years ago, Companies competed on price, today it’s quality, tomorrow, it’s design (Kottler, 2000:291).

Dampak diberlakukannya pasar terbuka sesama negara ASEAN (AFTA) sejak 1 Januari 2003 dan NAFTA, membuat semakin bergairahnya produsen-produsen dari luar Indonesia untuk masuk kepasar Indonesia. Termasuk produk-produk otomotif sepeda motor. Persaingan produk-produk otomotif sepeda motor yang ditawarkan di Indonesia sekarang ini semakin banyak jenis dan variasinya, terutama dengan kehadiran motor dari Cina dan Korea di tengah-tengah persaingan antar produk dari Jepang yang sudah memiliki pangsa pasar luas di Indonesia.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas, harga, desain dan promosi dari motor bebek merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki?
  2. Bagaimana perbedaan posisi 4 merek motor bebek tersebut menurut persepsi konsumen dengan melihat kualitas, harga, desain dan promosi?

 

C. Telaah Pustaka

Persepsi Konsumen

Persepsi konsumen merupakan proses yang dilakukan oleh seseorang (individu) untuk memyeleksi, mengatur, dan menginterprestsikan stimuli menjadi sesuatu yang berarti dan gambaran yang logis (Schiffman, 1994:240). Menurut Schiffman persepsi mempunyai 3 aspek yaitu :

  1. Perceptual Selective
  2. Perceptual Organization
  3. Perceptual Interpretation

Persepsi Kualitas

Persepsi kualitas menurut Aeker (1991:52) dalam buku “Ekuitas Merek” bisa didefinisikan sebagai persepsi pelanggan terhadap keseluruhan kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa layanan berkenaan dengan maksud yang diharapkan. Persepsi kualitas merupakan suatu perasaan yang tampak dan menyeluruh mengenai suatu merek. Akan tetapi biasanya persepsi kualitas didasarkan pada dimensi-dimensi yang termasuk karakteristik produk tersebut dimana merek dikaitkan dengan hal-hal seperti kehandalan dan kinerja.

 

Persepsi Harga

Definisi lain adalah Harga adalah sejumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya (Stanton, 1991:308). Persepsi harga bagi konsumen memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi mereka terhadap kualitas merek atau frekuensi pembelian dalam keseharian. Untuk itu perusahaan harus mampu menciptakan strategi harga secara bijaksana untuk mendapatkan persepsi konsumen yang tepat, sebab konsumen mempunyai ekspektasi terhadap suatu harga dan ekspektasi tersebut mungkin atau bahkan tidak mungkin mewakili harga aktual dari suatu produk dan konsumen selalu menghubungkan tingkat harga dengan kualitas suatu produk.

 

D. Metode Penelitian

Dalam survei ini, informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner.

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Surakarta yang menggunakan atau memakai sepeda motor bebek merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara quota sampling.

Jenis dan Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Metode Penelitian pada penelitian ini yaitu dengan kuesioner, wawancara dan observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis, penelitian sebelumnya dan teori yang digunakan sebagai acuan maka didapat kesimpulan sebagai berikut ini :
    1. Ada perbedaan yang signifikan persepsi konsumen terhadap kualitas dari motor merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, artinya kualitas dari keempat motor tersebut tidak sama.
    2. Ada perbedaan yang signifikan persepsi konsumen terhadap harga dari motor merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, artinya naik turunya harga dari produsen keempat motor tersebut mempengaruhi persepsi konsumen.
  2. Dari kesimpulan penelitian dan profil responden dapat diambil kesimpulan umum sebagai berikut :

Konsumen (profil responden) yang sebagian besar memiliki pendidikan tinggi, pada pembelian dengan keterlibatan yang tinggi (high involvement) pembelian produk dilakukan dengan proses yang rasional (pembelajaran kognitif). Konsumen yang sebagian besar muda juga berpengaruh pada persepsi, usia muda mempunyai lifestyle inner directed yang idealis, menekan ekspresi diri yang menyukai warna yang mencolok dan selalu mengikuti model. Sehingga konsumen tersebut mempunyai perbedaan persepsi dalam hal kualitas, harga, desain dan promosi.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA
  2. Pemanfaatan Media Periklanan dalam Upaya Menarik Minat Calon Siswa
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kredit di PT. MANDALA MULTIFINANCE
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Simpati
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta