Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Peranan Public Relations dlm Memberikan Pelayanan Prima

Judul Tesis : Peranan Public Relations dalam Memberikan Pelayanan Prima di PT. Telkom Kandatel Solo

 

A. Latar Belakang Tesis 

Program pelayanan kepada pelanggan bertitik tolak dari konsep kepedulian konsumen terus dikembangkan sedemikian rupa sehingga sekarang ini program layanan atau pelayanan telah menjadi salah satu alat utama dalam melaksanakan strategi pemasaran dan memenangkan persaingan. Kepedulian perusahaan disebut sebagai pelayanan unggul atau pelayanan prima (service excellence). Pelayanan prima ( service excellence ) merupakan jenis pelayanan yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam upaya untuk memberikan jasa kepuasan dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pihak pelanggan atau konsumen, sehingga konsumen merasa dirinya diperhatikan dengan baik dan wajar.

Setiap perusahaan berupaya meningkatkan kemampuan personil perusahaan yang bersangkutan agar dapat menumbuhkan dedikasi dan memberikan pelayanan prima kepada pihak pelanggannya sehingga diharapkan mampu mempertahankan loyalitas atau kepercayaan konsumen untuk tetap menggunakan produk barang atau jasa perusahaan yang ditawarkan tersebut tanpa melirik produk lain atau menjadi pelanggan yang potensial.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pelaksanaan fungsi Public Relations di PT. Telkom Kandatel Solo?
  2. Bagaimana peranan Public Relations dalam memberikan pelayanan prima di PT Telkom Kandatel Solo?
  3. Usaha apa saja yang dilakukan PT. Telkom Kandatel Solo dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan?

 

C. Landasan Teori

Tinjauan tentang Public Relations

Public Relations atau Hubungan Masyarakat (humas) timbul karena adanya tuntutan kebutuhan bagi setiap organisasi, baik itu organisasi komersial (perusahaan) maupun organisasi nonkomersial, karena Public relations atau humas merupakan perantara antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, baik publik internal maupun ekternal. Dalam hal ini publik internal meliputi pihak-pihak yang berada dalam lingkungan organisasi atau perusahaan yaitu para karyawan. Sedangkan untuk publik ekstenal yaitu pihak-pihak yang berada di luar perusahaan yang mempunyai hubungan dengan perusahaan misalnya para pelanggan, investor, pemerintah, masyarakat umum, dan sebagainya.

 

Tinjauan tentang pelayanan prima

Pelayanan pada pelanggan merupakan dasar dari pendirian sebuah bisnis. Kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan merupakan titik pembeda antara sebuah perusahaan pemenang dengan perusahaan pesaing. Perusahaan berupaya dengan berbagai strategi agar barang atau jasa yang dihasilkan digunakan atau dibeli oleh pelanggan. Untuk mencapai tujuan bisnis tersebut, pihak perusahaan harus memberikan perhatian atau care kepada pelanggan. Dalam kaitannya dengan pelayanan kepada pelanggan, semua pihak yang bergerak dalam bidang pemberian pelayanan yang bersifat komersial maupun non-komersial harus menyadari bahwa keberadaan konsumen yang setia (loyal) merupakan pendukung untuk kesuksesan bagi perusahaan maupun organisasi lainnya. Program pelayanan kepada pelanggan dengan bertitik tolak dari konsep kepedulian kepada konsumen atau pelanggan terus dikembangkan sedemikian rupa sehingga sekarang ini program pelayanan telah menjadi salah satu alat utama dalam melaksanakan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan. Kepedulian kepada pelanggan dalam manajemen telah dikembangkan menjadi salah satu pola pelayanan terbaik yang disebut sebagai layanan prima. Memenangkan strategi persaingan dalam bisnis jasa pelayanan melalui kiat pelayanan prima tersebut, tidaklah cukup hanya melakukan suatu proses administrasi dengan cepat tetapi cara memperlakukan para pelanggan yang sedemikian rupa sehingga memperlihatkan cara perusahaan dapat melayani dengan sebaik mungkin serta menumbuhkan kesan atau persepsi yang positif dari pihak pelanggannya (customer oriented).

 

Pengertian pelanggan

Menurut Suyetty dan Gita Kurniawan (2005:54) mengatakan “Pelanggan adalah orang atau instansi/ lembaga yang membeli barang atau jasa secara rutin atau berulang-ulang, karena barang/ jasa yang dibeli mempunyai manfaat.

 

D. Metode Penelitian

Sifat ilmiah menitikberatkan kegiatan penelitian sebagai usaha menemukan kebenaran yang objektif.

Penelitian memerlukan tempat penelitian yang akan dijadikan objek untuk memperoleh data yang berguna untuk mendukung tercapainya tujuan penelitian .

Waktu penelitian dilaksanakan selama 8 bulan terhitung sejak disetujuinya proposal skripsi oleh pembimbing sampai dengan penulisan hasil penelitian yaitu mulai bulan April sampai dengan Nopember 2006.

Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis data yang sudah diperoleh dengan menggunakan pendekatan deskriptif.

Dalam melakukan penelitian ini ada beberapa metode atau tehnik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi dan data yang diperlukan.

 

E. Kesimpulan

  1. Pelaksanaan fungsi Public Relations di PT. Telkom Kandatel Solo meliputi:
  2. Kedudukan Public Relations Telkom Kandatel Solo berada dalam jajaran Sekretariat Kandatel yang berperan dalam menjaga hubungan dengan berbagai pihak baik intern maupun ekstern.
  3. Kegiatan Public Relations di PT. Telkom Kandatel Solo meliputi melakukan/ membuat press release, publikasi di media massa, press conference, wawancara tertulis, pemasangan iklan corporate image.
  4. Sasaran Public Relations di PT. Telkom Kandatel Solo yaitu publik intern perusahaan dan publik ekstern perusahaan.
  5. Peranan Public Relations dalam memberikan pelayanan prima di PT. Telkom Kandatel Solo diimplementasikan dengan menjalankan perannya sebagai Public Relations. Adapun peranan-peranan Public Relations di PT. Telkom Kandatel Solo adalah sebagai berikut:
    1. Public Relations berperan dalam memberikan pelayanan kepada publiknya baik internal maupun eksternal Public Relations PT. Telkom Kandatel Solo terus berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan baik itu pelanggan intern maupun ekstern yang didukung oleh unit-unit yang terkait dengan berbagai macam usaha untuk mencapai profit oriented dan memperoleh kepuasan dari para pelanggan.
    2. Public Relations berperan dalam membangun dan membina hubungan yang positif dengan pihak pelanggan Sasaran dari kegiatan Public Relations adalah publik baik publik intern maupun ekstern. Agar para publik tetap setia dan menjadi pelanggan potensial maka suatu perusahaan perlu membangun dan membina hubungan yang positif dengan publik. Hubungan yang positif dapat dibentuk dengan pemberian pelayanan yang prima kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa terpuaskan dengan pelayanan yang telah diberikan.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pengaruh Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pasca Krisis di Indonesia
  2. Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Fungsi Mentoring, dan Stres Kerja (Studi pada PT. Danliris Sukoharjo)
  3. Penerapan Bauran Promosi ( Promotional Mix ) Dalam Usaha Meningkatkan Jumlah Pelanggan Kartu Flexi pada PT. Telkom Kandatel Solo
  4. Strategi Promosi PT. Telkom Kandatel Solo Dalam Meningkatkan Volume
  5. Peranan Public Relations dalam Memberikan Pelayanan Prima di Pt. Telkom

 

 

Incoming search terms: