Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Peranan Persepsi sbg Faktor Psikologis yg Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Judul Tesis : Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Kualitas Layanan di PT. Royal Express Indonesia (REX)

 

A. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan tekonologi, rupanya telah membuat arus perekonomian di dunia semakin ramai. Keadaan yang demikian ini rupanya telah menunjang para pelaku bisnis untuk terus menciptakan peluang-peluang bisnis yang kompetitif. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan dengan mempertahankan dan meningkatkan pelanggan. Mempertahankan pelanggan berarti perusahaan harus mampu mengerti dan memuaskan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggannya melebihi apa yang diberikan pesaing. Menurut tinjauan dalam strategi pemasaran, siapa yang lebih mampu memahami keinginan konsumennya dan menerjemahkan keinginan tersebut dalam wujud produk atau jasa yang unggul dialah yang akan memenangkan pemasaran.

Dalam hal pemenuhan kebutuhan, karakteristik dan selera dari tiap-tiap konsumen memang jelas berbeda satu sama lain. Terkadang apa yang menurut kita sesuai dan tepat, belum tentu sesuai dan tepat untuk orang lain. Apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen yang lain belum tentu itu yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen lainnya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Faktor – faktor apa sajakah yang akan mempengaruhi perilaku konsumen sehingga mereka mau menggunakan jasa ekspedisi di Royal Express Indonesia?
  2. Dimensi apa sajakah yang digunakan oleh pelanggan dalam mengevaluasi kualitas jasa ekspedisi di PT. Royal Express Indonesia?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran adalah proses sosial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran secara bebas atas produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2000).

Definisi Jasa

Jasa menurut Kotler (1997, 476) dapat diartikan sebagai : Setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produknya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.

Pengertian Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen adalah proses pelanggan dalam membuat keputusan membeli, juga untuk menggunakan dan membuang barang-barang dan jasa yang dibeli juga termasuk faktor-faktor pembelian dan penggunaan produk (Lamb, Hair, Mc Daniel, 2001:188).

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melakukan risetnya ialah berupa desain kasus, melalui studi deskriptif.

Objek yang digunakan oleh penulis dalam melakukan riset ialah perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa ekspedisi. PT. Royal Express Indonesia (REX), yang beralamatkan di Jl. Veteran No. 291 Tipes, Solo.

Jenis dan dumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pemakai jasa layanan ekspedisi yang ada di wilayah kota Solo.

Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan Nonprobability sampling yakni dengan metode purposive sampling.

Dalam teknik pengumpulan data, penulis memilih menggunakan dua cara yakni melalui kuesioner dan wawancara.

Teknik pembahasan atau analisis data ditujukan untuk menginterprestasikan dan menyimpulkan sejumlah data yang telah terkumpul.

 

E. Kesimpulan Tesis

  • Karakteristik Konsumen

Dilihat dari karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin, maka pelanggan terbanyak adalah Laki-laki (L) sebanyak 54 orang (54%), dan Perempuan sebanyak 46 orang (46%). Untuk karakteristik konsumen berdasarkan usia terbanyak berada pada usia 25-34 tahun yaitu 37 orang (37%), kemudian yang paling rendah pada usia 55-64 tahun yaitu 3 orang (3%). Sedangkan berdasarkan dari pendidikan terakhir terbanyak berasal dari lulusan SLTA sebanyak 43 orang (43%) dan terendah dari lulusan Pasca Sarjana (S2) yaitu 9 orang (9%).

  • Dimensi Kualitas Layanan

Dimensi Bukti Fisik

Dari lima point pertanyaan yang terkait dengan bukti fisik, empat point diantaranya sebagian besar responden memilih jawaban Tidak Setuju (TS), sedangkan satu point pertanyaan dijawab dengan alternatif jawaban Setuju (S). Hal ini menggambarkan bahwa PT. REX kurang memperhatikan bukti fisik tersebut.

 

Dimensi Keandalan

Dari empat point pertanyaan yang diajukan kepada responden terkait dengan dimensi keandalan, tiga pertanyaan sebagian besar responden memilih jawaban Setuju (S) dan satu point dijawab dengan alternatif jawaban Netral (N). Hal ini berarti bahwa PT. REX telah memberikan pelayanan yang cukup memuaskan bagi pelanggan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Dorongan Organisasional Pada Kinerja Tugas Dengan Kontrak Psikologis Sebagai Variabel Pemediasi ( Studi Pada Karyawan Pt. Danliris Sukoharjo, Jawa Tengah )
  2. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Lembar Kerja Siswa
  3. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Perilaku
  4. Penerapan Strategi Harga Pada Flexi Di Pt. Telkom Kandatel Solo
  5. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Initial Return Setelah Ipo Di Bursa Efek Indonesia