Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen : Pengaruh VPR, PQ, Reliability, Warranty dan RRP trhdp Kepuasan Konsumen

Judul Tesis : Pengaruh Value to Price Relationship, Product Quality, Reliability, Warranty dan Response To and Remedy of Problem terhadap Kepuasan Konsumen pada Percetakan Citra Mandiri Surakarta

 

A. Latar Belakang

Keadaan ini membuat persaingan diantara bisnis usaha percetakan untuk saling berlomba meningkatkan kinerjanya. Hal ini dialami oleh percetakan Citra Mandiri Surakarta, dimana ketatnya persaingan justru membuat perusahaan menjadi lebih dikenal, berkembang dan mampu mencapai tingkat penjualan yang cukup tinggi. Keberhasilan tersebut tentunya didasari oleh komitmen perusahaan untuk lebih mengorientasikan pada kepuasan konsumen.

Disamping kualitas produk, pertimbangan mengenai kesesuaian harga dengan kinerja produk yang dihasilkan perusahaan merupakan nilai tambah yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Dan tidak kalah pentingnya, kecepatan dalam memberikan tanggapan akan keluhan konsumen serta pemberian ganti rugi atau perbaikan terhadap produk yang rusak juga merupakan aspek pembentuk kepuasan pada diri konsumen, karena dengan demikian konsumen akan merasa diperhatikan dan merasa tidak dirugikan oleh pihak perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah Value to Price Relationship, Product Quality, Reliability, Warranty, dan Response to and Remedy of Problems berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada percetakan Citra Mandiri Surakarta ?
  2. Apakah Value to Price Relationship, Product Quality, Reliability, Warranty, dan Response to and Remedy of Problems tersebut berpengaruh secara serentak terhadap kepuasan konsumen pada percetakan Citra Mandiri Surakarta ?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Adapun definisi dari pemasaran menurut Philip Kotler (1997 : 8) adalah “Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan baik”

Pengertian perilaku konsumen

Perilaku konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa, tersebut didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut (Basu Swasta DH dan T Hani Handoko, 2000:10).

Pengertian Produk

Adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan (Philip Kotler, Gary Armstrong 1997:274).

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan instrumen penelitian berupa quesioner atau angket yang disebarkan kepada responden.

Dengan demikian populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keseluruhan objek yang akan diteliti yaitu konsumen CV. Citra Mandiri Surakarta.

Sampel dalam penelitian ini diambil dari konsumen CV. Citra Mandiri Surakarta yang telah memenuhi criteria sebagai sampel yang telah ditetapkan peneliti.

Teknik sampling yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel purposive yaitu teknik non probability sampling.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, quesioner dan Studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan

Semua item pertanyaan yang diajukan kepada responden yang berjumlah 100 responden dinyatakan valid dan reliabel. Semuanya dianggap valid karena mempunyai nilai hitung lebih besar daripada 0,196, sedangkan untuk reliabilitas didapatkan untuk variabel Value to price Relationship sebesar 0.6795, Product Quality sebesar 0.6368, Reliability sebesar 0.6815, Warranty sebesar 0.7051 dan untuk Response to and remedy of problem sebesar 0.7170, dinyatakan reliabel karena nilai hitung > 0.6.

 

Berdasarkan pada nilai t hitung dengan menggunakan uji t untuk menyatakan apakah ada pengaruh dari masing-masing elemen variabenindependen terhadap kepuasan konsumen dapat ditarik kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yaitu :

  • Besarnya nilai t hitung untuk variabel Value to price Relationship adalah sebesar 2.641 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1.980 dengan significant 0.010 sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan antara variabel Value to price Relationship terhadap kepuasan konsumen pada percetakan Citra Mandiri dengan taraf significant < 0.05.
  • Besarnya nilai t hitung untuk variabel Product Quality adalah sebesar 2.107 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1.980 dengan sig 0.038 sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan antara variabel Product Quality terhadap kepuasan konsumen pada percetakan Citra Mandiri dengan taraf sig < 0.05.

 

Berdasarkan pada analisis regresi berganda antara pengaruh variabel Value to price Relationship, Product Quality, Reliability, Warranty dan Response to and remedy of problem terhadap kepuasan konsumen pada percetakan Citra Mandiri Surakarta maka didapatkan hasil F hitung adalah sebesar 53.443 dengan taraf sig 0.000 dan dinyatakan signifikan karena < 0.05 dan dinyatakan adanya hubungan antara variabel Value to price Relationship, Product Quality, Reliability, Warranty dan Response to and remedy of problem terhadap kepuasan konsumen.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Keputusan Pembelian Kain pada Toko Textile MAC Mohan Surakarta
  2. Analisis Pengaruh Pergerakan Pesawat Komersial terhadap Pergerakan Penumpang
  3. Analisis Pengaruh Return On Assets, Volume Perdagangan, Earning Per Share
  4. Analisis Perencanaan dan Penentuan Kombinasi Produk Optimal Untuk Memaksimalkan Laba dalam Pembangunan Perumahan Puri Pudak Payung Asri (P4a) di Semarang
  5. Analisis Pert dan CPM untuk Pesanan Khusus pada Cv. Batik Surya Kencana