Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Pengaruh Sport Sponsorship trhdp Respon Sponsorship dan Corporate Image

Judul Tesis : Pengaruh Sport Sponsorship terhadap Respon Sponsorship dan Corporate Image (Studi Kasus Sponsorship Djarum dalam Liga Indonesia 2006)

 

A. Latar Belakang

Perkembangan sponsorship cukup pesat. IEG (International Events Group) mengestimasi sebesar $8.7 milyar yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk mensponsori even khusus pada tahun 2000. Dari jumlah tersebut kira-kira 67% telah dikeluarkan untuk mensponsori even olah raga. Pertumbuhan sponsorship telah melebihi bentuk promosi tradisional. Sebagai contoh, pada tahun 1997, pertumbuhan periklanan sebesar 6% sedangkan pertumbuhan sponsorship 9%. Estimasi yang meyakinkan bahwa industri sponsorship yang telah dinilai kurang bersungguh-sungguh di masa lalu dan mungkin bernilai naik menjadi 22 milyar di tahun 2000. Jumlah ini akan mencapai 50 milyar di tahun 2010 menurut Sponsorship Research International. Pemasaran sponsorship telah tumbuh 613% pada 16 tahun belakangan ini di sisi lain 103% untuk periklanan dan 127% untuk promosi penjualan.

Perkembangan sponsorship yang pesat itu disebabkan oleh tiga alasan utama yaitu biaya periklanan yang semakin mahal, peningkatan aktivitas waktu luang, dan legalitas tentang periklanan tembakau dan alkohol (Pelsmacker, 2001). Sebagai contoh di Indonesia terdapat PP No 38/2000 pasal 17 : 2 telah membatasi jam tayang iklan rokok di media televisi pukul 21.30 sampai dengan 05.00 waktu setempat. Serta pasal 46 : 3c UU No 32/2002 tentang penyiaran menyebutkan ” siaran iklan niaga dilarang melakukan promosi rokok yang memperagakan wujud rokok.” Selain itu kesukaan akan sport pada sekelompok konsumen yang terus berkembang. Sehingga dari keterbatasan iklan rokok dan meningkatnya sekelompok konsumen akan sport menjadi peluang yang baik bagi sponsorship ( Hatanto, 2003 ).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah attitude toward the event berpengaruh pada respon sponsorship?
  2. Apakah attitude toward the sponsor berpengaruh pada respon sponsorship?
  3. Apakah perception of congruence between sponsor and event berpengaruh pada respon sponsorship?

 

C. Landasan Teori

Definisi Sponsorship

Menurut Anggoro ( 2002 ) sponsor termasuk salah satu media public relation eksternal. Sponsor adalah penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subjek, kegiatan, lembaga atau individu yang dianggap memang pantas menerimanya Sponsorship adalah penanggungan even khusus untuk mendukung tujuan perusahaan, meninggikan image perusahaan, meningkatan kesadaran merek atau stimulasi penjualan produk dan jasa secara langsung ( Javalgi, 1996 ).

Definisi Perilaku Konsumen

Menurut Schiffman dan Kanuk ( 1994 ) dalam Sumarwan ( 2003 ) perilaku konsumen didefinisikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.

 

Pengertian Corporate Image

Image menurut Kotler ( 1997 ) adalah seperangkat keyakinan, ide dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap objek. Sikap dan tindakan orang terhadap suatu objek sangat ditentukan oleh suatu image objek tersebut. Sedangkan image perusahaan adalah citra dari organisasi secara keseluruhan, jadi citra atas produk dan pelayanannya.

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan desain survei yang bersifat explanatory dengan analisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen.

Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling.

Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.

 

E. Kesimpulan

  1. Faktor-faktor sponsorship yang mempengaruhi respon sponsorship dan citra perusahaan adalah kesukaan pribadi terhadap even, persepsi status even, sikap terhadap sponsor, ketulusan sponspor, penyebaran sponsor dan kesesuaian sponsor even.
  2. Sikap terhadap even meliputi kesukaan pribadi terhadap even dan persepsi status even. Variabel kesukaan pribadi terhadap even berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) dan citra perusaahaan, artinya apabila responden memiliki tingkat kesukaan secara pribadi terhadap Liga Indonesia 2006 semakin tinggi ( semakin suka ) maka respon sponsorship ( perharian, kesukaan dan penggunaan ) produk Djarum dan citra perusahaan Djarum juga akan semakin meningkat. Sedangkan variabel status even yang dirasakan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon sponsorship ( perhatian, kesukaan, dan penggunaan ) dan citra perusahaan, artinya apabila status Liga Indonesia 2006 yang dirasakan responden semakin tinggi maka respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) produk Djarum dan citra perusahaan Djarum juga akan meningkat.
  3. Sikap terhadap sponsor meliputi sikap pada sponsor, ketulusaan sponsor, daan penyebaran sponsor. Variabel sikap terhadap sponsor berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) dan citra perusahaan, artinya apabila sikap terhadap Djarum semakin baik maka respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) produk Djarum dan citra perusahaan Djarum juga akan baik. Variabel ketulusan sponsor berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) dan citra perusahaan, artinya apabila ketulusan Djarum dalam menyeponsori Liga Indonesia 2006 semakin tulus ( benar-benar tulus ) maka respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) produk Djarum dan citra perusahaan Djarum akan semakin meningkat. Variabel penyebaran sponsor berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) dan citra perusahaan, artinya apabila sponsorship Djarum semakin beragam maka respon sponsorship ( perhatian, kesukaan dan penggunaan ) produk Djarum dan citra perusahaan Djarum akan semakin meningkat.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Anteseden Loyalitas Konsumen GSM Prabayar di Surakarta (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret)
  2. Analisis Pengaruh Kepercayaan Atas Merek terhadap Ekuitas Merek
  3. Pengaruh Paparan Iklan dan Keyakinan Akan Merek Produk pada Pembentukan Sikap
  4. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Akhir dengan Metode Statistical
  5. Pengaruh Sport Sponsorship terhadap Respon Sponsorship dan Corporate Image