Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Pengaruh Dorongan Organisasional pd Kinerja Tugas dgn Kontrak Psikologis

Judul Tesis: Pengaruh Dorongan Organisasional pada Kinerja Tugas dengan Kontrak Psikologis sebagai Variabel Pemediasi ( Studi Pada Karyawan PT. DANLIRIS Sukoharjo, Jawa Tengah )

 

A. Latar Belakang

Permintaan dari lingkungan ekonomi yang modern telah mengakibatkan perusahaan dan karyawan mengubah kontrak psikologis. Saat ini kontrak yang dibentuk lebih transaksional dan relasional. Organisasi dan para manajer harus tahu mengenai perubahan ini, dan saat ini telah menginvestasikan waktu dan usaha dalam membentuk dan mengelola berbagai macam kontrak psikologis dengan karyawan dan calon karyawan.

Kontrak psikologis telah menjadi fokus dari riset yang dikembangkan saat ini. Sedikit penelitian menunjukkan pengembangan dari kontrak psikologis itu sendiri (Millward & Hopkins dalam Irving & Gellatly, 2001) atau apakah sifat alami dari kontrak psikologis dengan organisasi berdampak pada kinerja tugas dan kinerja kontekstual (Rousseau dalam Irving & Gellatly, 2001).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah dorongan organisasional dalam bentuk pengembangan akan berpengaruh pada kontrak psikologis dalam dimensi transaksional?
  2. Apakah dorongan organisasional dalam bentuk pengembangan juga akan berpengaruh pada kontrak psikologis dalam dimensi relasional?
  3. Apakah dorongan organisasional dalam bentuk konsistensi akan berpengaruh pada kontrak psikologis dalam dimensi transaksional?
  4. Apakah dorongan organisasional dalam bentuk konsistensi juga akan berpengaruh pada kontrak psikologis dalam dimensi relasional?

 

C. Landasan Teori

Dorongan Organisasional

Bujukan/dorongan yang ditawarkan perusahaan pada karyawannya adalah merupakan bagian dari kontrak psikologis (Irving & Gellatly, 2001). Meskipun kontrak psikologis melibatkan kewajiban timbal balik, penting juga untuk mempertimbangkan kewajiban yang dirasakan oleh karyawan terhadap perusahaan. Bujukan/dorongan organisasional adalah janji dalam wujud komunikasi tentang tujuan masa depan (Rousseau, dalam Irving & Gellatly, 2001). Menurut March & Simon (Porter et al., 1998), dorongan/bujukan organisasional adalah pembayaran yang dilakukan oleh organisasi kepada peserta, tidak terikat kegunaan.

Kontrak Psikologis

Konsep tentang kontrak psikologis diperkenalkan di tahun 1960 oleh Argyris (Abigail, 2001). Selama hampir lebih dari lima tahun konsep tersebut baru mendapat banyak perhatian dari berbagai riset. Konsep baru tersebut mendapatkan sedikit perhatian sampai tahun 1990an. Kecenderungan tingkat ekonomi yang menurun membawa pada restrukturisasi, menurunnya ukuran/nilai, penggabungan (merger) di dalam banyak organisasi. Hal itu diiringi oleh perubahan dalam bagaimana personil/individu merasakan dan mendapatkan hasil kerja mereka.

 

Kinerja

Pada dasarnya kinerja adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan. Kinerja karyawan adalah yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada organisasi yang antara lain termasuk kuantitas, kualitas , jangka waktu output, kehadiran di tempat kerja, dan sikap kooperatif (Mathis & Jackson, 2002: 78).

 

D. Metode Penelitian

Desain riset atau desain penelitian adalah rencana dari struktur riset yang mengarahkan proses dan hasil riset sedapat mungkin menjadi valid, obyektif, efisien dan efektif (Jogiyanto, 2004: 53). Penelitian ini menggunakan desain survei, yaitu metode pengumpulan data primer.

Penelitian ini di laksanakan pada PT DANLIRIS yang beralamat di

Kelurahan Banaran, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini adalah staf kantor dari setiap bagian yang ada di bagian umum di PT DANLIRIS.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling.

 

E. Kesimpulan

  1. Hasil tanggapan responden terhadap variabel pengembangan, menunjukkan bahwa penawaran kesempatan berkembang dan promosi yang diterapkan perusahaan adalah sedang.
  2. Hasil tanggapan responden terhadap variabel konsistensi, menunjukkan bahwa perusahaan dalam mendorong karyawan untuk bertahan di perusahaan adalah
  3. Hasil tanggapan responden terhadap variabel kontrak transaksional, menunjukkan bahwa pelaksanaan kontrak transaksional sudah terjalin cukup baik atau pada tingkatan sedang.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Dorongan Organisasional Pada Kinerja Tugas Dengan Kontrak Psikologis Sebagai Variabel Pemediasi ( Studi Pada Karyawan Pt. Danliris Sukoharjo, Jawa Tengah )
  2. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Lembar Kerja Siswa
  3. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Perilaku
  4. Penerapan Strategi Harga Pada Flexi Di Pt. Telkom Kandatel Solo
  5. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Initial Return Setelah Ipo Di Bursa Efek Indonesia