Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Pengaruh Bauran Promosi trhdp Volume Penjualan pd Harian Umum Solopos

Judul Tesis : Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan pada Harian Umum Solopos

 

A. Latar Belakang

Dalam pemasaran terdapat beberapa faktor yang berperan. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah Produk yaitu Koran itu sendiri beserta isinya, Harga yang telah ditetapkan, Tempat penjualan yang memungkinkan akses yang mudah dicapai oleh banyak orang dan Promosi yang merupakan suatu cara untuk mengkomunikasikan suatu produk ke calon pembacanya. Untuk memenuhi unsur publisitas maka promosi merupakan hal sangat penting. Promosi perlu diterapkan untuk mengenalkan surat kabar kepada pembaca, mempertahankan market share dan meningkatkan jumlah pembaca. Di Solo, sebagai tempat penelitian, terdapat beberapa Surat kabar salah satunya adalah SOLOPOS.

SOLOPOS merupakan surat kabar lokal yang mampu bertahan di kota Solo selama hampir 10 tahun. Keberadaan SOLOPOS yang mampu bertahan sebagai Koran lokal dibawah gempuran berbagai Koran nasional menandakan bahwa program- program dan strategi dibidang promosi berjalan secara baik. Dalam berpromosi SOLOPOS tidak bisa terlepas dari adanya pemilihan program promosi yang tepat dan perencanaan biaya selalu disesuaikan dengan tingkat pendapatan yang telah dicapai. Yang menjadi pertanyaan adalah tentang kegiatan promosi yang dilakukan, biaya yang telah dikeluarkan dan ada tidaknya pengaruh kedua hal tersebut dengan volume penjualan berdasarkan oplah.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Variabel- variabel promosi apa saja yang diterapkan oleh Harian Umum SOLOPOS?
  2. Apakah biaya promosi berpengaruh terhadap volume penjualan berdasarkan oplah pada Harian Umum SOLOPOS periode 2002- 2006?

 

C. Landasan Teori

Promosi penjualan

Adalah sebutan untuk kegiatan- kegiatan promosi yang bersifat khusus. Biasanya berjangka waktu pendek yang dilakukan diberbagai titik penjualan atau pembelian (Jefkins, 1994). Perusahaan melakukan promosi penjualan dengan menitikberatkan pada orientasi laba yang besar dari tingkat penjualan yang tinggi.

 

Personal Selling

Adalah suatu bentuk kegiatan penyajian secara lisan dalam satu atau beberapa kelompok pembeli potensial dengan tujuan melakukan penjualan dengan interaksi langsung secara tatap muka. Menurut (William G Nickels dalam basu Swastha, 1996) Personal Selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, mempertahankan, hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

Hubungan Kemasyarakatan

Sebagai salah satu dari bauran promosi, hubungan kemasyarakatan memiliki peran yang sangat vital. Peran ini didasarkan bahwa perusahaan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat yang bersosialisasi, tumbuh dan berkembang ditengah- tengah dan disekitar masyarakat. Menurut Basu Swastha (1996) Hubungan Kemasyarakatan didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang memberikan penelitian tentang sikap masyarakat, identitas kebijaksanaan, dan prosedur dari individu atau organisasi dengan keinginan masyarakat dan melakukan program tindakan untuk mendapatkan pengertian serta pengakuan dari masyarakat.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penelitian mengambil lokasi di kantor Harian Umum SOLOPOS atau Griya SOLOPOS yang beralamat di Jl Adi Sucipto 190.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam usaha pemasarannya perusahaan tidak bisa terlepas dari usaha promosi. Promosi merupakan sarana mengkomunikasikan produk perusahaan kepada masyarakat khususnya pasar sasaran. Harian Umum SOLOPOS yang bergerak pada bidang persuratkabaran di kota Solo menggunakan promosi sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Kegiatan promosi yang diterapkan oleh SOLOPOS adalah Periklanan, Promosi penjualan dan Hubungan kemasyarakatan. Kegiatan Periklanan lebih ditekankan oleh perusahaan dibanding kegiatan yang lain. Hal ini terbukti dari anggaran dana untuk periklanan yang lebih besar dibandingkan kegiatan yang lain. Pemilihan media untuk iklan cukup efektif untuk dilakukan menyangkut tempat dan material promo yang lain. Untuk kegiatan promosi yang lain yaitu promosi penjualan dan humas lebih bersifat mendukung dan melengkapi kegiatan periklanan. Terdapat tiga sasaran dalam kegiatan Promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan yaitu promosi penjualan intern, perantara dan konsumen. Kesemuanya dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu pembelian oleh konsumen. Hubungan kemasyarakatan melalui publisitas, pameran, event- event tertentu, kunjungan dan sponshorship merupakan sarana penghubung antara konsumen dan perusahaan.
  2. Perhitungan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS menunjukkan bahwa bauran promosi secara parsial yaitu periklanan, promosi penjualan, dan Humas ( Menggunakan uji t ) maupun secara keseluruhan ( uji F ) mempengaruhi jumlah volume penjualan. Variable Humas merupakan variabel yang sangat mempengaruhi dibandingkan variable lain dengan tingkat signifikasi paling tinggi dibandingkan variabel periklanan dan variabel promosi penjualan. Uji R menunjukkan bahwa 86,7% volume penjualan dipengaruhi oleh besar kecilnya biaya promosi yang dilakukan oleh Harian Umum SOLOPOS.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Keputusan Pembelian Kain pada Toko Textile MAC Mohan Surakarta
  2. Analisis Pengaruh Pergerakan Pesawat Komersial terhadap Pergerakan Penumpang
  3. Analisis Pengaruh Return On Assets, Volume Perdagangan, Earning Per Share
  4. Analisis Perencanaan dan Penentuan Kombinasi Produk Optimal Untuk Memaksimalkan Laba dalam Pembangunan Perumahan Puri Pudak Payung Asri (P4a) di Semarang
  5. Analisis Pert dan CPM untuk Pesanan Khusus pada Cv. Batik Surya Kencana