Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Penerapan Strategi Harga pd Flexi di PT. Telkom Kandatel Solo

Judul Manajemen: Penerapan Strategi Harga pada Flexi di PT. Telkom Kandatel Solo

 

A. Latar Belakang

Dalam menghadapi persaingan yang ketat PT. TELKOM KANDATEL SOLO yang beralamat di Jl. Mayor Kusmanto No. 1 Solo, sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi pun dituntut untuk dapat menerapkan strategi-strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya. PT. TELKOM dengan produknya Flexi yang bergerak pada jaringan CDMA berusaha untuk dapat menerapkan strategi-strategi pemasaran yang tepat, seperti salah satunya dalam penetapan strategi harga, yang nantinya dapat membuat konsumen mau untuk menggunakan Flexi. Harga (Kotler:1999) adalah sejumlah uang yang harus di bayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk. Menurut (Tjiptono:1995) secara garis besar strategi penetapan harga dapat dikelompokkan menjadi 8 kelompok, yaitu :

  1. Strategi penetapan harga produk baru.
  2. Strategi penetapan harga produk baru yang sudah mapan.
  3. Strategi fleksibilitas harga.
  4. Strategi penetapan harga lini produk.
  5. Strategi leasing
  6. Strategi bundling pricing.
  7. Strategi kepemimpinan harga.
  8. Strategi penetapan harga untuk membentuk pangsa pasar.

Dalam mengahadapi persaingan yang cukup ketat pada dunia telekomunikasi, salah satu strategi harga yang diterapkan oleh Flexi untuk dapat menarik minat konsumen adalah bundling pricing, yaitu perusahaan menjual dua atau lebih produk dalam satu paket, di mana harga paket lebih murah daripada harga total masing-masing item jika dijual terpisah (http://pemasaranjasa.blogspot.com/). Pada bundling pricing yang diterapkan oleh Flexi ini konsumen pada saat membeli staterpack Flexi juga akan mendapatkan handphonenya. Berdasarkan uraian di atas penulis dalam penelitian ini akan membahas tentang strategi bundling pricing yang dilakukan oleh Flexi dan pengaruh bundling pricing terhadap volume penjualan dari Flexi melalui sebuah penelitian yang berjudul : ”PENERAPAN STRATEGI HARGA PADA FLEXI DI PT. TELKOM KANDATEL SOLO”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana penerapan strategi bundling pricing pada Flexi?
  2. Bagaimana pengaruh strategi bundling pricing terhadap volume penjualan Flexi?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pengertian dari pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses penelitian (Kotler:1999).

Bauran Pemasaran

Dalam pemasaran dikenal istilah marketing mix atau disebut juga dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah alat bagi perusahaan untuk mempengaruhi konsumen agar konsumennya dapat menjadi kenal kemudian menyenangi dan kemudian lalu melakukan transaksi pembelian serta akhirnya konsumen itu menjadi puas (Gitosudarmo:1999).

Pengertian Harga

Harga didefinisikan oleh Lamb, Hair, dan McDaniel (2001) adalah apa yang harus diberikan oleh pembeli untuk mendapatkan suatu produk. Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya (Swastha:1996).

 

D. Metode Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah dengan menggunakan desain penelitian studi kasus, yaitu dengan cara mencari data yang relevan tentang Flexi untuk dapat menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah.

Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat yang berhubngan dengan company profile dan data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka-angka, yang berhubungan dengan volume penjualan Flexi.

Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu berupa hasil wawancara dengan asisten manajer pemasaran Flexi dan bagian kesekretariatan TELKOM, dan data sekunder, yaitu diperoleh dari buku – buku referensi.

Teknik pembahasannya dengan menggunakan teknik deskriptif, yaitudengan membuat gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai objek yang diteliti dengan menggunakan bantuan tabel volume penjualan Flexi.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam menghadapi persaingan di dunia telekomunikasi, Flexi menerapkan strategi bundling pricing.
  2. Bundling pricing yang diterapkan oleh Flexi, yaitu dengan menjalin kerjasama dengan produsen handphone asal China, Nexian dan
  3. Dari Tabel III.3 dapat diketahui bahwa, perubahan volume penjualan Flexi sebelum bundling (tahun 2007) adalah sebesar 4,37% dan perubahan volume penjualan Flexi setelah bundling (tahun 2008) adalah sebesar 5,88%.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Dorongan Organisasional Pada Kinerja Tugas Dengan Kontrak Psikologis Sebagai Variabel Pemediasi ( Studi Pada Karyawan Pt. Danliris Sukoharjo, Jawa Tengah )
  2. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Lembar Kerja Siswa
  3. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Perilaku
  4. Penerapan Strategi Harga Pada Flexi Di Pt. Telkom Kandatel Solo
  5. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Initial Return Setelah Ipo Di Bursa Efek Indonesia