Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Penerapan Bauran Promosi ( promotional mix ) dlm Usaha Meningkatkan

Judul Tesis : Penerapan Bauran Promosi ( promotional mix ) dalam Usaha Meningkatkan Jumlah Pelanggan Kartu Flexi pada PT. Telkom Kandatel Solo

 

A. Latar Belakang

Dalam memasarkan produknya, perusahaan menggunakan bauran pemasaran ( marketing mix ) yang meliputi : Produk, harga, distribusi, dan promosi. Dalam kegiatan promosi, perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi harus selalu memonitor keinginan konsumen yang berubahberubah, karena konsumen sekarang ini semakin jeli dan berhati-hati dalam memilih produk yang mereka butuhkan. Perusahaan juga mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan pembeli, guna mengenalkan keunggulan-keunggulan produknya.

Promosi merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Perusahaan melakukan kegiatan promosi dengan berbagai strategi. Dalam teori manajemen pemasaran, suatu perusahaan harus menyusun strategi yang tepat. Strategi ini disebut dengan bauran promosi ( promotional mix ) yang meliputi : periklanan, personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Semakin ketat persaingan, mendorong perusahaan untuk lebih pandai membuat dan menyampaikan promosinya. Begitu juga dengan PT. TELKOM salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Dalam melakukan promosinya, PT. TELKOM berusaha keras untuk bersaing dengan operator lain, misalnya Indosat, Mobile 8, dan Esia. Untuk dapat menarik pelanggan lebih banyak, dalam hal ini PT. TELKOM menggunakan media promosi berupa : periklanan, personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Dengan menggunakan media promosi tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan.

 

B. Rumusan Masalah

Media promosi apa saja yang digunakan PT. Telkom Kandatel Solo dan seberapa besar peranannya dalam usaha meningkatkan jumlah pelanggan atau volume penjualan kartu Flexi?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Setiap perusahaan baik itu perusahaan yang menawarkan barang maupun jasa selalu menginginkan agar produk mereka laku dipasaran. Oleh karena itu, pemasaran menjadi sangat penting peranannya dalam perusahaan. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Koordinasi dan interaksi seluruh kegiatan pemasaran sangat perlu untuk pemenuhan selera dan kepuasan konsumen, karena berawal dari kepuasan konsumen ini perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran.

Pengertian Bauran Pemasaran / Marketing Mix

Suatu program pemasaran dibentuk dari marketing mix atau bauran pamasaran. Marketing mix ini merupakan variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Berikut ini pengertian marketing mix : Marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem perusahaan, yakni; produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. (Basu Swastha, 1984 : 42)

Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu variabel di dalam kelompok inti marketing mix. Hal ini sangat penting bagi perusahaan untuk dilaksanakan dalam rangka mengadakan kegiatan pemasaran produk atau jasa yang dihasilkan. Istilah promosi didefinisikan oleh beberapa ahli antara lain sebagai berikut : Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. (Basu Swastha, 1984 : 237)

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. Dalam memasarkan produk Flexi, PT. TELKOM KANDATEL SOLO menggunakan ke empat bauran promosi untuk menunjang kegiatan pemasaran. Bauran promosi itu antara lain periklanan, personal selling, publisitas dan promosi penjualan.
  2. Media yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan periklanan meliputi surat kabar / koran, katalog, brosur, poster, kalender, radio, televisi, internet, media luar ruang (misalnya : spanduk, baliho, umbul-umbul, papan nama, periklanan di telepon umum, periklanan transit, iklan transportasi), literatur penjualan, iklan kerja sama, pensponsoran, pameran. Media yang digunakan dalam personal selling yaitu penggunaan tenaga penjual untuk mempromosikan produk Flexi dari rumah ke rumah (door to door). Sedangkan media yang digunakan dalam publisitas yaitu mengadakan kegiatan-kegiatan seminar mengenai produk Flexi dan launching produk. Untuk media yang digunakan dalam promosi penjualan yaitu, kontes, hiburan, pemberian hadiah, dan bonus.
  3. Program promosi yang baik sangat berperan dalam usaha meningkatkan penjualan produk, karena dengan promosi, perusahaan dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan maupun pelanggan. Komunikasi tersebut dapat bersifat langsung (misalnya : personal selling) dan tidak langsung (misalnya : periklanan, promosi penjualan, dan publisitas).

 

E. Saran

  1. Apabila diketahui media promosi yang digunakan tidak mempunyai pengaruh besar terhadap jumlah pelanggan atau volume penjualan yang diharapkan, sebaiknya tidak digunakan atau diganti dengan media promosi yang lain, dengan mempertimbangkan biayanya agar bisa menekan pengeluaran untuk promosi.
  2. Untuk media personal selling supaya ditambah lagi jumlah wiraniaga agar dapat mempermudah dalam kegiatan promosinya, karena media ini berhubungan langsung dengan calon pelanggan.
  3. TELKOM KANDATEL SOLO harus memberi produk yang betulbetul berkualitas serta menjaga dan meningkatkan kualitas produknya agar pelanggan merasa puas serta perusahaan tetap mempertahankan citra baik yang telah diraih selama ini.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA
  2. Pemanfaatan Media Periklanan dalam Upaya Menarik Minat Calon Siswa
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kredit di PT. MANDALA MULTIFINANCE
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Simpati
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta