Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Penampilan Fisik Produk, Harga & Citra Warung trhdp Keputusan Pembelian

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Penampilan Fisik Produk, Harga, dan Citra Warung terhadap Keputusan Pembelian Bakso Pasca Isu Formalin (Studi pada Konsumen Bakso di Kecamatan Sukoharjo)

 

A. Latar Belakang

Harga dan promosi spesial telah digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan dalam usaha meningkatkan penjualan. Harga adalah unsur bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dan dalam keputusan untuk menyesuaikan harga. Perubahan harga akan selalu menimbulkan reaksi dari pembeli, apakah harga tersebut mahal atau tidak. Harga juga merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pembentukan persepsi konsumen atas warung yang akan mempengaruhi perilaku belanja konsumen terhadap warung tersebut. Selain itu, citra merupakan hal yang penting bagi perusahaan khususnya untuk sebuah warung. Karena citra warung yang positif dengan nilai yang baik merupakan kunci bagi warung untuk mencapai dan mempertahankan kesuksesan. Tiga komponen penting yang menjadi kunci terhadap keputusan konsumen untuk membeli atau berlangganan dengan warung adalah penampilan fisik produk, harga dan citra warung. Warung yang memahami bagaimana komponen tersebut dan peran petunjuk eksternal yang mempresentasikannya dapat mempengaruhi keputusan berlangganan terhadap suatu warung dan meningkatkan situasi persaingan.

Citra warung merupakan sebuah input yang penting dalam proses pembuatan keputusan konsumen (Nevin dan Houston dalam Grewal, 1998:1). Citra warung mencakup karakteristik seperti lingkungan fisik dari warung, tingkat pelayanan dan kualitas produknya (Zimmer, Golden dalam Grewal, 1998:1). Citra warung merupakan salah satu alat yang terpenting bagi warung untuk menarik dan memenuhi kepuasan konsumen. Konsumen menilai sebuah warung berdasarkan pengalaman mereka atas warung tersebut. Sebagai hasilnya, beberapa warung akan menetap dalam benak konsumen apabila ia merasa puas akan warung tersebut, sementara warung yang lain tidak akan pernah dipertimbangkan sama sekali.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah pengaruh penampilan fisik produk terhadap keputusan pembelian bakso pasca isu formalin?
  2. Apakah pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bakso pasca isu formalin?

 

C. Telaah Pustaka Tesis

Penampilan fisik produk

Menurut Stanton (1994:222) penampilan fisik produk adalah sekumpulan atribut fisik nyata yang terakit dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan. Penampilan fisik produk ini meliputi bentuk dan ukuran serta warna.

 

Harga

Harga merupakan sesuatu yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang maupun jasa (Lamb, Hair, McDaniel, 2001:268). Harga juga bisa diartikan sebagai jumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk atau jasa, atau jumlah nilai yang ditukarkan konsumen untuk memanfaatkan, memiliki atau menggunakan produk atau jasa (Kotler, Armstrong, 1997:340).

Pengertian Citra Warung

Citra warung merupakan salah satu alat yang terpenting bagi warung  untuk menarik dan memenuhi kepuasan konsumen. Konsumen menilai sebuah warung berdasarkan pengalaman mereka atas warung tersebut. Sebagai hasilnya, beberapa warung akan menetap dalam benak konsumen apabila ia merasa puas akan warung tersebut sementara warung yang lain tidak akan pernah dipertimbangkan sama sekali.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah survai.

Adapun populasi dalam penelitian ini adalah individu-individu yang membeli bakso di Kecamatan Sukoharjo.

Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan data primer dan data sekunder.

Metode Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan interview, observasi, kuesioner dan Studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Persamaan regresi diperoleh Y= -5,893 + 0,543X1 + 0,205X2 + 0,202X3 diketahui kostanta bernilai negatif menunjukkan bahwa apabila tidak ada variabel X1, X2, X3 maka konsumen tidak melakukan proses pembelian berulang, atau dengan kata lain jika tidak ada pengaruh dari penampilan fisik produk, harga, dan citra warung maka konsumen tidak melakukan keputusan pembelian. Koefisien regresi untuk penampilan fisik produk (X1) bernilai positif, ini berarti peningkatan dalam penampilan fisik produk akan diikuti pula oleh peningkatan keputusan pembelian. Koefisien regresi untuk harga (X2) bernilai positif, ini berarti peningkatan harga akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian, begitupun sebaliknya. Koefisien regresi untuk citra warung (X3) bernilai positif, ini berarti peningkatan citra warung akan diikuti pula dengan peningkatan keputusan pembelian.
  2. Secara parsial diketahui bahwa penampilan fisik produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 4,424 > ttabel = 1,9850 dengan probabilitas 0,000 pada tingkat signifikansi 5%, ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti. Kemudian harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 3,930 > ttabel 1,9850 dengan probabilitas 0,000 pada tingkat signifikansi 5%, ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti. Faktor citra warung yang diketahui berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung = 3,861 > ttabel = 1,9850 dengan probabilitas 0,000 pada tingkat signifiknsi 5%, ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti.
  3. Secara bersama-sama penampilan fisik produk, harga, dan citra warung berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang ditujukan dengan nilai Fhitung = 21,641 > Ftabel 2,68 pada taraf signifikansi 5%. Ini berarti hipotesis yang diajukan terbukti.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA
  2. Pemanfaatan Media Periklanan dalam Upaya Menarik Minat Calon Siswa
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kredit di PT. MANDALA MULTIFINANCE
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Simpati
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta