Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Paparan Iklan & Keyakinan Akan Merek Produk pd Pembentukan Sikap

Judul Tesis : Pengaruh Paparan Iklan dan Keyakinan Akan Merek Produk pada Pembentukan Sikap Konsumen terhadap Merek Produk (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Dalam hal keterlibatan konsumen dengan produk, penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasikan apakah ada perbedaan pengaruh sikap terhadap iklan (attitude toward the advertisement), dan keyakinan akan merek (brand belief), pada pembentukan sikap terhadap merek produk (attitude toward the brand). Penelitian ini mengambil consumer goods menurut Strahilevitz dan Myers (Utami dan Suryandari, 2003) dengan jenis utilitarian goods yang menekankan keyakinan akan manfaat produk (utilitarian brand belief) dan hedonic goods yang menekankan keyakinan akan image produk (image brand belief). Keduanya, menggunakan iklan di televisi sebagai sarana promosi. Pada penelitian ini, digunakan produk sabun mandi merek DOVE yang mewakili utilitarian goods dan produk pakaian jeans merek LEE COOPER yang mewakili hedonic goods, yaitu dengan menggunakan paparan (exposure) iklan produk sabun mandi merek DOVE dan produk pakaian jeans merek LEE COOPER.

Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan, penelitian ini mencoba meneliti hal tersebut dengan mengambil topik yang berkaitan dengan Pengaruh Paparan Iklan dan Keyakinan Akan Merek Produk Pada Pembentukan Sikap Konsumen Terhadap Merek Produk (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pengaruh keyakinan akan merek produk dan sikap terhadap iklan secara bersama-sama pada pembentukan sikap konsumen terhadap merek produk (attitude toward to the brand)?
  2. Bagaimana pengaruh keyakinan akan merek produk dan sikap terhadap iklan secara parsial pada pembentukan sikap konsumen terhadap merek produk (attitude toward to the brand)?
  3. Bagaimana pengaruh keyakinan akan manfaat merek produk (utilitarian brand belief) dan keyakinan akan image merek produk (image brand belief) dalam pembentukan sikap konsumen terhadap merek produk (attitude toward to the brand) pada utilitarian goods?

 

C. Landasan Teori Tesis

Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen (consumer behaviour) menurut Schiffman dan Kanuk (1994 : 7) didefinisikan sebagai Consumer behaviour is the study of how individuals make decision to spend their available resources (time, money, effort on consumption related items.

Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan salah satu elemen yang paling cepat berubah dalam marketing mix karena perusahaan dalam kegiatan pemasarannya selalu dituntut untuk bisa mengenalkan produk-produk yang ditawarkan secara lebih gencar dan menarik untuk mendapatkan perhatian konsumen.

Persepsi Konsumen

Menurut Schiffman dan Kanuk (1994:162) persepsi didefinisikan sebagai : “the proses by which an individual select, organizines, and interprets stimuli into a meaningful and coherent picture of I he world

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian yang bersifat hipotesis testing study.

Responden penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunaka data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan kuesioner, observasi dan studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Keyakinan akan manfaat merek produk, keyakinan akan image merek produk dan sikap terhadap iklan secara bersama-sama mempunyai pengaruh pada pembentukan sikap terhadap merek produk.
  2. Masing-masing variabel keyakinan akan manfaat merek produk, keyakinan akan image merek produk dan sikap terhadap iklan mempunyai pengaruh pada pembentukan sikap konsumen terhadap merek produk baik pada utilitarian goods maupun hedonic goods.
  3. Keyakinan akan manfaat merek produk mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada keyakinan akan image merek produk dalam pembentukan sikap konsumen terhadap merek produk pada utilitarian goods.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Anteseden Loyalitas Konsumen GSM Prabayar di Surakarta (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret)
  2. Analisis Pengaruh Kepercayaan Atas Merek terhadap Ekuitas Merek
  3. Pengaruh Paparan Iklan dan Keyakinan Akan Merek Produk pada Pembentukan Sikap
  4. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Akhir dengan Metode Statistical
  5. Pengaruh Sport Sponsorship terhadap Respon Sponsorship dan Corporate Image