Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Merencanakan Kebutuhan Bahan Baku Kalender dgn Menggunakan Metode MRP

Judul Tesis: Merencanakan Kebutuhan Bahan Baku Kalender dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) pada PT.Wangsa Jatra Lestari Kartasura

 

A. Latar Belakang

Metode yang digunakan dalam manajemen persediaan bahan baku ada banyak dan salah satunya adalah Material Requirement Planning (MRP) atau perencanaan kebutuhan bahan baku. Metode ini digunakan untuk mengendalikan dan merencanakan persediaan yang bergantung pada permintaan dengan menjadwalkan jumlah yang tepat dari semua material yang dibutuhkan. Menurut Nasution (2003:110) MRP sangat berarti dalam meminimasi investasi persediaan, memudahkan penyusunan jadwal kebutuhan setiap komponen yang diperlukan, dan sebagai alat pengendalian produksi dan persediaan.

PT.WANGSA JATRA LESTARI merupakan perusahaan besar yang sudah berkembang dan maju. Perusahaan ini bergerak di bidang percetakan dengan tujuan pemasaran di dalam negeri dan luar negeri . PT.WANGSA JATRA LESTARI ini berproduksi saat menerima pesanan. Untuk produksi shopping bag di export ke luar negeri dengan jenis, bentuk, dan kualitas yang berbeda sesuai dengan pesanan dari negara masing-masing dan untuk pasar dalam negeri hanya menerima pesanan membuat, dan mencetak buku dari PT.Tiga Serangkai serta telah mengembangkan pasar lokal dengan melayani segala kebutuhan produk grafika. Dalam memenuhi pesanan buku, shopping bag, dan produk grafika, perusahaan ini menunggu pesanan dari pelanggan yang datang dan menggunakan pedoman tahun lalu jika pesanan itu bersifat rutin untuk menentukan berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan, kapan bahan baku akan dipakai dalam proses produksi, dan pembelian bahan baku untuk proses produksi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Berapa jumlah bahan baku untuk setiap kali pemesanan pada WANGSA JATRA LESTARI?
  2. Kapan bahan baku harus tersedia pada PT.WANGSA JATRA LESTARI dengan jumlah dan waktu yang tepat?

 

C. Metode Penelitian Tesis

Pengamatan ini dilakukan di PT.WANGSA JATRA LESTARI yang berlokasi di Jl.Pajang-Kartasura Km 8, Solo-Indonesia. Obyek yang diamati tentang bagaimana cara merencanakan dan menentukan persediaan bahan baku agar pembeliannya sesuai dengan pesanan konsumen dengan metode MRP.

Sumber Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan analisa dokumen.

Dalam analisis ini dilakukan sistem MRP pada perusahaan PT.WANGSA JATRA LESTARI. MRP pada dasarnya merupakan metode untuk menentukan kebutuhan bahan baku secara tepat untuk memenuhi schedule produksi utama.

 

D. Kesimpulan

  1. Bahan baku untuk memproduksi 15.000 kalender terdiri dari 45.000 lembar Kertas, 15.000 buah Klem, 60.000 lembar Plate, 1005 gram Tinta, 17,085 gram Tinta Black, 17,085 gram Tinta Magenta, 17,085 gram Tinta Cyan dan 17,085 gram Tinta Yellow dengan tidak mempunyai persediaan awal maupun persediaan akhir karena untuk memproduksi kalender berdasarkan pesanan.
  2. Untuk produk Kalender harus sudah tersedia pada hari ke-12 atau pada tanggal 10 Desember 2008 sebanyak 15.000 kalender. Bahan baku Kertas, Klem, dan Plate harus sudah tersedia pada hari ke-9 atau pada tanggal 6 Desember 2008. Bahan baku Tinta harus tersedia pada hari ke-11 atau pada tanggal 9 Desember 2008. Bahan baku Tinta Black, Tinta Magenta, Tinta Cyan, Tinta Yellow harus sudah tersedia pada hari ke-8 atau pada tanggal 5 Desember 2008.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Intention to Stay With Incumbent
  2. Analisis Persediaan Bahan Baku Kertas Cd Roll 81 dan Tinta Aeroweb Black pada CV. Harapan Baru Surakarta
  3. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  4. Analisis Network Dalam Proses Produksi Shopping Bag di PT Wangsa Jatra Lestari Kartasura
  5. Merencanakan Kebutuhan Bahan Baku Kalender dengan Menggunakan Metode Material