Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Hubungan Kondisi Kerja & Persepsi Upah trhdp Persepsi Produktivitas

Judul Tesis : Analisis Hubungan Kondisi Kerja dan Persepsi Upah terhadap Persepsi Produktivitas Karyawan pada Perusahaan Tegel Karya Indah Sukoharjo

 

A. Latar Belakang Tesis

Pemberian upah dari perusahaan kepada karyawan adalah bagian dari cara pengelolaan karyawan untuk meningkatkan kepuasan karyawan.. Pemberian upah sangat penting untuk memotivasi seseorang karyawan untuk bekerja dan mencapai produktivitas tinggi, karyawan yang menerima upah sesuai atau layak mereka bekerja lebih tenang karena sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan keluarganya. Upah yang layak dan sesuai dengan kemampuan kerja mereka adalah wujud penghargaan yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas kerja mereka sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Banyak orang berpendapat bahwa upah merupakan faktor utama untuk timbulnya kepuasan kerja. Sampai pada taraf tertentu, hal ini memang bisa diterima terutama dalam negera berkembang dimana uang merupakan kebutuhan vital untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi dalam perkembangan selanjutnya, manusia tidak hanya puas hanya dengan memperoleh gaji sebagai balas jasanya. Mereka mulai menuntut adanya kondisi kerja yang sehat, hubungan kerjasama yang baik, pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan keterampilannya, sehingga mereka bekerja dengan baik guna mencapai produktivitas kerja yang tinggi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan yang signifikan antara kondisi kerja dengan persepsi produktivitas karyawan ?
  2. Apakah ada hubungan yang signifikan antara persepsi upah dengan persepsi produktivitas karyawan ?
  3. Manakah dari dua faktor tersebut yang mempunyai hubungan yang lebih signifikan ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kondisi kerja

Menurut T. Hani Handoko kondisi kerja adalah merupakan kondisi yang dapat dipersiapkan oleh manajemen perusahaan yang bersangkutan pada pabrik yang didirikan oleh perusahaan tersebut. ( T.Hani Handoko, 1994: 125 )

Pengertian Persepsi

Persepsi menurut Philip Kotler diasumsikan “proses seseorang seseorang individu memilih mengorganisasi dan menafsirkan masukan informasi untuk menciptakan sebuah gambar tentang dunia. (1994 : 200).

Upah

Bagi sebagian tenaga kerja atau karyawan di Indonesia, upah masih merupakan faktor perangsang dalam mendorong karyawan untuk berprestasi. Bagi sebagian tenaga kerja atau karyawan di Indonesia, upah masih merupakan foktor yang mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan dengan baik dan merupakan faktor kepuasan. Masalah pengupahan bagi manajemen personalia adalah tugas yang cukup sulit dan komplek karena menyangkut faktor emosional dari sudut pandang karyawan, serta merupakan salah satu aspek yang berati bagi karyawan dan perusahaan.

 

C. Metode Peneltian

Penelitian ini mengambil lokasi di Perusahaan Tegel Karya Indah Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 karyawan. Alat analisis yang digunakan adalah korelasi Rank Spearman dan uji t.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan Analisis Diskriptif.

  1. Dari hasil kuisioner mengenai kondisi kerja yang dilakukan yang terdiri dari penerangan, suhu udara, suara bising, ruang gerak, dan keamanan kerja, rata-rata jawaban responden menyatakan cukup puas dengan keadaan kondisi kerja yang ada dalam perusahaan.
  2. Dari hasil kuisioner mengenai persepsi upah yang terdiri dari jumlah upah. sistem pembayaran, waktu pembayaran, rasa keadilan, rata-rata responden menyatakan cukup puas dengan kebijakan pengupahan yang dilakukan perusahaan.

 

Berdasarkan analisis Inferensial

  1. Variabel kondisi kerja mempunyai nilai korelasi (rs) dengan variabel persepsi produktivitas karyawan sebesar 0,630 ini berarti keterkaitan antara variabel kondisi kerja dengan persepsi produktivitas tergolong kuat.
  2. Variabel persepsi upah mempunyai nilai korelasi dengan variabel persepsi produktivitas karyawan sebesar 0,803 ini berarti keterkaitan antara variabel persepsi upah dengan variabel persepsi produktivitas karyawan tergolong sangat kuat.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pengaruh Sistem Bagi Hasil terhadap Keputusan Nasabah Membeli Produk Bank
  2. Analisis Anggaran Biaya sebagai Alat Pengendalian Manajemen pada Kantor
  3. Analisis Hubungan Kondisi Kerja dan Persepsi Upah terhadap Persepsi Produktivitas
  4. Pengaruh Kebijakan Moneter terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pasca Krisis Di Indonesia
  5. Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Fungsi Mentoring, dan Stres Kerja (Studi Pada Pt. Danliris Sukoharjo)