Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Faktor yg Mempengaruhi Keputusan Konsumen dlm Melakukan Pembelian

Judul Tesis; Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta

 

A. Latar Belakang

Dalam melakukan pembelian, konsumen selalu memperhatikan faktor-faktor yang memotivasinya. Untuk memotivasi konsumen dalam melakukan pembelian, atribut-atribut yang dimiliki minimarket As Gross Ar Royyan seperti produk yang bagus dan menarik, lokasi yang strategis, harga yang terjangkau, promosi yang menarik serta pelayanan yang memuaskan harus sangat diperhatikan.

Faktor-faktor tersebut diduga mempunyai pengaruh terhadap perilaku dan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Maka penulis mencoba melakukan penelitian dengan mengadakan analisis mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian, sehingga pada penulisan skripsi ini penulis mengambil judul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta”

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah faktor produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan?
  2. Apakah faktor produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan?
  3. Faktor manakah diantara produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran adalah salah satu kegiatan yang penting dalam perekonomian. Kegiatan pemasaran dalam perusahaan merupakan salah satu kegiatan pokok dari suatu sistem organisasi bisnis yang harus dilakukan oleh para pengusaha demi kelangsungan hidup suatu organisasi bisnis yang mempunyai tujuan mencari keuntungan serta memenuhi kebutuhan konsumen akan barang atau jasa.

Definisi Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2002:19).

 

Keputusan Pembelian

Definisi dari keputusan pembelian yaitu keputusan membeli yang dilakukan oleh konsumen yang telah melalui tahap-tahap sebelumnya dengan mempertimbangkan atribut-atribut yang ditawarkan. Menurut Swastha, Handoko (1997:251) keputusan pembelian adalah mengidentifikasikan ke semua pilihan yang mungkin untuk memecahkan semua persoalan itu dan menilai pilihan secara sistematis dan obyektif serta sasarannya.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain survei.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja atau membeli di Minimarket As Gross Ar Royyan yang jumlahnya tidak terhingga.

Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang pembeli di Minimarket As Gross Ar Royyan.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Metode Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, Metode Kuesioner, Metode Wawancara dan Studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa besarnya t hitung variabel produk (2,930), lokasi (4,619), harga (2,271), promosi (4,351), dan pelayanan (2,498) lebih besar bila dibandingkan dengan t tabel (1,98). Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara masing-masing variabel bebas yang terdiri dari produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan.
  2. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan dalam penelitian ini diketahui bahwa nilai F hitung (24,030) lebih besar bila dibandingkan dengan F tabel (2,46). Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel produk, lokasi, harga, promosi dan pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan.
  3. Variabel lokasi mempunyai nilai t hitung yang paling besar diantara variabel bebas yang lain yaitu sebesar (4,619). Berarti variabel lokasi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA
  2. Pemanfaatan Media Periklanan dalam Upaya Menarik Minat Calon Siswa
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kredit di PT. MANDALA MULTIFINANCE
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Simpati
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta