Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Kesetiaan trhdp Merek pd Konsumen

Judul Tesis : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan terhadap Merek pada Konsumen Produk Kosmetik Pond’s ( Studi Kasus dilakukan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNS )

 

A. Latar Belakang

Harapan konsumen akan mewarnai setiap tindakan keputusan pembelian konsumen, harapan konsumen akan menjadi dasar keputusan ketika konsumen dihadapkan pada berbagi alternatif produk yang ditawarkan. Harapan itu sendiri merupakan manifestasi dari pengalaman masa lalu konsumen, pendapat teman, informasi dari saudara, informasi dari pemasar dan lain-lainnya. Oleh karena itu produsen perlu untuk lebih memposisikan kepuasan konsumen sebagai fokus utama.

Bila kepuasan konsumen terwujud, maka kesetiaan konsumen akan tercipta. Dalam penelitian ini kesetiaan konsumen sama artinya dengan kesetiaan merek. Kesetiaan merek adalah kondisi dimana konsumen mempunyai sikap positif terhadap merek, mempunyai komitmen terhadap merek dan bermaksud meneruskan pembelian dimasa yang akan datang (Mowen dan Minor, 2002;108). Aaker dalam Herizon dan Wenny Maylina (2003: 99) menyatakan bahwa kesetiaan merek adalah sebagai suatu faktor yang penting dalam menetapkan nilai dari suatu merek. Nilai suatu merek dapat dilihat dari kualitas produknya, bentuk serta kegunaan barang dan jasa yang ditawarkan lebih baik dari yang ditawarkan para pesaing.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah faktor kepuasan (satisfaction), kebiasaan (habitual behavior), komitmen (commitmet) dan kesukaan terhadap merek (liking of the brand) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s?
  2. Apakah faktor kepuasan (satisfaction), kebiasaan (habitual behavior), komitmen (commitmet) dan kesukaan terhadap merek (liking of the brand) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s?
  3. Manakah variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s?

 

C. Landasan Teori

Kepuasan Konsumen

kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapan-harapanya (Kotler, 2002:42). Jika kinerja produk yang dirasakan konsumen sama atau dengan atau lebih besar dari harapanya, maka konsumen akan merasa puas, dan sebaliknya apabila kinerja produk kurang dari yang diharapkan, pembelinya tidak puas.

Definisi Loyalitas Merek

Kottler (2000:404) mendefinisikan “Merek sebagai nama, istilah, tanda, lambang, atau gabungan semua yang diharapkan mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan diharapkan akan membedakan barang atau jasa dari produk-produk milik pesaing”. Merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberi keistimewaan, manfaat dan jasa tertentu kepada pembeli. Selain itu merek merupakan aset perusahaan yang paling penting dan bernilai (Davis dalam Tony dan Tumpal, 2005: 167).

 

Pengukuran kepuasan konsumen

Ada beberapa metode yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan untuk mengukur dan memantau kepuasan pelanggan dan pesaingnya. Menurut Kotler (2005:72) terdapat empat metode untuk mengukur kepuasan pelanggan, yaitu:

  1. Sistem keluhan dan saran
  2. Ghost shooping
  3. Lost customer analysis (analisis kehilangan konsumen)
  4. Survei kepuasan pelanggan

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah riset survei. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebagian Mahasiswa FE UNS yang menggunakan produk kosmetik Pond’s.

Pada penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel non random sampling dengan teknik purpossive sampling.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan wawancara.

Metode Analisis Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi berganda, Uji F, Koefisien Determinasi, Uji-t

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Faktor-faktor yang meliputi kepuasan (satisfaction), kebiasaan (habitual behavior), komitmen (commitmet) dan kesukaan terhadap merek (liking of the brand) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s. Dengan demikian, hipotesis pada penelitian ini yang menduga bahwa faktor-faktor yang meliputi kepuasan (satisfaction), kebiasaan (habitual behavior), komitmen (commitmet) dan kesukaan terhadap merek (liking of the brand) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s adalah diterima atau terbukti kebenarannya.
  2. Faktor-faktor yang meliputi kepuasan (satisfaction), kebiasaan (habitual behavior), komitmen (commitmet) dan kesukaan terhadap merek (liking of the brand) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s. Dengan demikian, hipotesis pada penelitian yang menduga bahwa faktor-faktor yang meliputi kepuasan (satisfaction), kebiasaan (habitual behavior), komitmen (commitmet) dan kesukaan terhadap merek (liking of the brand) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s adalah terbukti kebenarannya. Besarnya pengaruh parsial semua faktor-faktor tersebut berturut-turut adalah: (1) kesukaan terhadap merek (liking of the brand) sebesar 5,087 (2) komitmen (commitmet) sebesar 4,572 (3) kepuasan (satisfaction) sebesar 3,087 (4) kebiasaan (habitual behavior) sebesar 2,907.
  3. Dengan demikian dari hasil uji t diatas dapat diketahui bahwa dari semua faktor-faktor tersebut yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel kesukaan terhadap merek (liking of the brand). Maka hipotesa yang ketiga yang berbunyi diduga faktor kepuasan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kesetiaan merek pada konsumen produk kosmetik Pond’s. Maka hipotesis ketiga tidak benar.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesetiaan Terhadap Merek Pada Konsumen
  2. Pengaruh Value To Price Relationship, Product Quality, Reliability, Warranty
  3. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Harian Umum Solopos
  4. Penerapan Marketing Mix Pada Perusahaan Mebel “Aji Nugroho” di Sukoharjo
  5. Analisis Persepsi Karyawan terhadap Pemberian Kompensasi dan Pengaruhnya