Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Persediaan Bahan Baku Kertas CD Roll 81 dan Tinta Aeroweb

Judul Tesis : Analisis Persediaan Bahan Baku Kertas CD Roll 81 dan Tinta Aeroweb Black pada CV. Harapan Baru Surakarta

 

A. Latar Belakang

Salah satu kegiatan perusahaan adalah kegiatan produksi. Kegiatan produksi merupakan cara, metode, teknik untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu produk dengan mengoptimalkan sumberdaya produksi. Selain itu perusahaan mengadakan kegiatan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mengadakan kegiatan produksi harus ada bahan baku. Oleh karena itu, di dalam dunia industri terutama industry manufaktur bahan baku merupakan salah satu faktor produksi yang berguna untuk menunjang kelancaran proses produksi.

Penentuan besarnya persediaan merupakan masalah penting bagi perusahaan. Karena persediaan mempunyai efek yang langsung terhadap keuntungan perusahaan. Adanya persediaan bahan baku yang terlalu besar dibandingkan kebutuhan perusahaan akan menambah biaya untuk penyimpanan dan pemeliharaan di gudang, serta kemungkinan terjadinya penyusutan kualitas bahan baku yang tidak bisa dipertahankan. Sehingga semuanya ini akan mengurangi keuntungan perusahaan. Demikian pula sebaliknya, persediaan bahan baku yang terlalu kecil akan mengakibatkan kemacetan dalam produksi sehingga perusahaan akan mengalami kerugian.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kebijakan pengadaan persediaan bahan baku di CV. Harapan Baru selama ini?
  2. Berapa jumlah pembelian bahan baku optimal yang dipesan oleh CV. Harapan Baru agar proses produksi berjalan lancar?

 

C. Landasan Teori

Definisi Persediaan

Menurut Nasution dan Prasetyawan (2008 : 113) Persediaan adalah sumber daya yang menganggur (iddleresources) yang menunggu proses lebih lanjut. Yang dimaksud persediaan lebih lanjut adalah berupa kegiatan produksi pada sistem manufaktur, kegiatan pemasaran pada sistem distribusi ataupun kegiatan konsumsi pangan pada sistem rumah tangga.

PENGELOLAAN PERSEDIAAN

Pengelolaan persediaan adalah kegiatan yang memperkirakan jumlah persediaan ( bahan baku atau penolong) yang tepat, dengan jumlah yang tidak terlalu besar maupun jumlah yang terlalu kecil dibandingkan dengan kebutuhan atau permintaan. Dengan pengertian tersebut, maka tujuan pengelolaan persediaan Menurut Ristono (2009 : 4) adalah:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen.
  2. Untuk menjaga kontinuitas produksi atau menjaga agar perusahaan tidak mengalami kehabisan persediaan yang mengakibatkan terhentinya proses produksi.
  3. Untuk mempertahankan dan untuk meningkatkan laba perusahaan.
  4. Menjaga supaya pembelian secara kecil – kecilan, dapat dihindari karena akan mengakibatkan biaya menjadi besar.

Pengertian Pengawasan Persediaan

Untuk menjamin kelancaran kegiatan operasi suatu perusahaan perlu diadakannya kegiatan pengawasan persediaan. Menurut Asssauri (1993 : 229) pengawasan persediaan dapatlah dikatakan sebagai suatu kegiatan untuk menentukan tingkat komposisi dari pada persediaan parts, bahan baku,dan barang hasil produk, sehingga perusahaan dapat melindungi kelancaran produksi dan penjualan serta kebutuhan pembelanjaan perusahaan dengan efektif dan efisien. Kegiatan pengawasan persediaan meliputi perencanaan persediaan, scheduling untuk pemesanan, pengaturan penyimpanan.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penelitian dilakukan pada perusahaan penerbitan dan percetakan CV. Harapan Baru yang bertempat di Ceplukan RT 01/ XVIII, Gondangrejo Kel. Wonorejo Karangayar, Solo. Penelitian difokuskan pada bagian PPIC (Production Planning Inventory Control).

Penelitian ini merupakan desain kasus karena dilakukan untuk menjawab pertanyaan “ Bagaimana” yang menjadi permasalahan utama peneliti dengan keharusan membuat metode deskriptif.

Jenis data yang digunakan data kualitatif, dan Data Kuantitatif.

Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder. Dengan cara mengadakan penelitian langsung untuk mengetahui persediaan bahan baku di CV. Harapan Baru. teknik pengumpulan data dengan cara mengambil atau membaca dari beberapa sumber data pustaka yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yaitu Studi pustaka. kegiatan pengumpulan data dengan cara mencatat data dari arsip – arsip dan dokumen yang dimiliki perusahaan yaitu Metode Pendekatan Dokumentasi.

 

E. Kesimpulan

Kebijakan perusahaan dalam menentukan pembelian bahan baku belum mendatangkan biaya persediaan yang minimum. Hal ini disebabkan perusahaan tidak menggunakan metode EOQ dalam pengadaan persediaan bahan bakunya. Perbandingan antara hasil kebijakan perusahaan tanpa menggunakan metode EOQ dan dengan menggunakan metode EOQ adalah sebagai berikut:

  • Untuk bahan baku kertas CD Roll 81

Kuantitas pembelian bahan baku kertas CD Roll 81 yang dilakukan perusahaan pada tahun 2008 adalah 63.568 kg dengan frekuensi pembelian 12 kali. Sedangkan berdasarkan analisis EOQ kuantitas pembelian bahan baku kertas CD Roll 81 adalah 132.501 kg dengan frekuensi pembelian 6 kali dalam setahun.

  • Untuk bahan baku tinta aeroweb black

Kuantitas pembelian bahan baku tinta aeroweb black yang dilakukan perusahaan pada tahun 2008 adalah 565 kg dengan frekuensi pembelian 12 kali. Sedangkan berdasarkan analisis EOQ kuantitas pembelian bahan baku tinta aeroweb black adalah 990 kg dengan frekuensi pembelian 7 kali dalam setahun.

 

Penentuan persediaan bahan baku mempunyai pengaruh terhadap pengeluaran biaya secara keseluruhan. Perbandingan total biaya persediaan antara hasil kebijakan perusahaan tanpa menggunakan metode EOQ dan dengan menggunakan metode EOQ adalah sebagai berikut:

  • Untuk bahan baku kertas CD Roll 81

Besarnya total biaya persediaan bahan baku kertas CD Roll 81 pada tahun 2008 menurut kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp 1.792.208,00 . Sedangkan berdasarkan analisis EOQ besarnya total biaya persediaan bahan baku kertas CD Roll 81 adalah Rp1.482.015,00, sehingga penghematannya sebesar Rp 310.193,00

  • Untuk bahan baku tinta aeroweb black

Besarnya total biaya persediaan bahan baku tinta aeroweb black pada tahun 2008 menurut kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp 1.590.697,00 . Sedangkan berdasarkan analisis EOQ, besarnya total biaya persediaan bahan baku tinta aeroweb black adalah Rp 1.369.433,00, sehingga penghematannya sebesar Rp 221.264,00

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Intention to Stay With Incumbent
  2. Analisis Persediaan Bahan Baku Kertas Cd Roll 81 dan Tinta Aeroweb Black pada CV. Harapan Baru Surakarta
  3. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  4. Analisis Network Dalam Proses Produksi Shopping Bag di PT Wangsa Jatra Lestari Kartasura
  5. Merencanakan Kebutuhan Bahan Baku Kalender dengan Menggunakan Metode Material