Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan LKS dgn Metode Abc

Judul Tesis: Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Lembar Kerja Siswa dengan Metode Abc Pada Percetakan CV. HARAPAN BARU SURAKARTA

 

A. Latar Belakang

Bahan baku terdiri dari beberapa macam dan mempunyai karakteristik yang berbeda antara salah satu bahan dengan bahan yang lain. Baik dari segi harga per unit bahan, dari segi jumlah unit bahan yang diperlukan dan dari segi penyimpanan bahan baku. Apabila Manajemen perusahaan memperlakukan seluruh bahan baku yang diperlukan dengan dengan sama rata, maka tindakan tersebut akan merugikan perusahaan. Hal ini disebabkan karena terdapatnya perbedaaan nilai rupiah dari bahan yang diperlukan serta jumlah unit yang diperlukan dalam perusahaan. Di dalam kenyataannya, akan terdapat bahan baku yang dipergunakan dalam jumlah unit yang sangat besar namun mempunyai nilai rupiah yang kecil, sebaliknya akan terdapat pula sejumlah bahan baku dalam nilai rupiah yang tinggi walaupun jumlah unit fisiknya tidak berapa besar. Dengan demikian harus ada perlakuan yang berbeda untuk masing – masing bahan baku yang mempunyai karakteristik yang berbeda, salah satunya dengan menggunakan analisis ABC.

Dalam analisis ABC persediaan suatu perusahaan dibagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu, A, B,dan C, sehingga dikenal sebagai analisis ABC (prasetyawan dan Nasution, 2008 : 236). Analisis ABC diperkenalkan oleh HF.Dickie pada tahun 1950 – an kemudian dikembangkan oleh Vilfredo Pareto. Menggunakan prinsip pareto, the critical few and trivial many. Idenya untuk memfokuskan pengendalian persediaan kepada jenis persediaan yang bernilai tinggi daripada yang bernilai rendah. Analisis ABC membagi persediaan dalam tiga kelas berdasarkan atas nilai (volume) persediaan.

  1. Rumusan Masalah
  • Bahan baku apa saja yang digunakan untuk memproduksi Lembar Kerja Siswa pada CV.Harapan Baru?
  • Bagaimana pengelolaan persediaan bahan baku pada CV.Harapan Baru selama tahun 2008?

 

B. Landasan Teori

Definisi Persediaan

Menurut Assauri (1993 : 219) Persediaan adalah sebagai suatu aktiva yang meliputi barang – barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha yang normal, atau persediaan barang – barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi, ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi.

Biaya penyimpanan

Biaya penyimpanan (holding costs atau carrying costs) terdiri atas biaya – biaya yang bervariasi secara langsung dengan kuantitas persediaan. biaya penyimpanan per periode akan semakin besar apabila kuantitas bahan yang dipesan semakin banyak, atau rata – rata persediaan semakin tinggi. Biaya – biaya yang termasuk sebagai biaya penyimpanan adalah : Biaya fasilitas – fasilitas penyimpanan (termasuk penerangan, pemanas, atau pendingin), biaya modal (opportunity costs of capital, yaitu alternatif pendapatan atas dana yang diinvestasikan dalam persediaan), biaya keusangan, biaya penghitungan phisik dan kondisi laporan, biaya asuransi persediaan, biaya pajak persediaan, biaya pencurian, pengrusakan atau perampokan, biaya penanganan persediaan, dan sebagainya.

 

Pengertian Bahan Baku

Menurut prasetyawan dan Nasution (2008 : 113) Bahan baku adalah barang – barang yang dibeli dari pemasok (supplier) dan akan digunakan atau diolah menjadi produk jadi yang akan dihasilkan oleh perusahaan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan desain kasus karena dilakukan untuk menjawab pertanyaan “ Bagaimana “ yang menjadi permasalahan utama peneliti dengan keharusan membuat metode deskriptif yang digunakan untuk menjawab atau menganalisis masalah tersebut. Penelitian dilakukan di CV.Harapan Baru yang beralamat di Ceplukan Rt 01/ XV1, Wonorejo, Gondangrejo, karanganyar.

Jenis data yang digunakan yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.

Sumber Data pada penelitian ini yaitu dengan data primer dan Data sekunder.

Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, Metode Pendekatan Dokumentasi dan Studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Manajemen Persediaan Bahan Baku Produk LKS Pada CV. Harapan Baru
  2. Harapan Baru belum menerapkan Analisis ABC dalam pengelompokkan bahan baku produk LKS. Dalam Analisis ABC untuk kebijakan pengelompokkan bahan baku dilakukan dengan perkiraan sesuai dengan kebutuhan bahan baku untuk proses produksi. CV. Harapan Baru hanya berproduksi ketika ada pesanan atau permintaan produk dari konsumen.
  3. Pengelompokkan Persediaan Menurut Analisis ABC
  4. Kelas A memiliki nilai Volume tahunan sebesar 97,57 % dari total nilai persediaan, yang terdiri dari 4 item (20%) persediaan yaitu : CD Roll 81, CD Roll 76, Kertas Kalkir Radio Kwarto, dan CD Roll
  5. Kelas B memiliki Volume Tahunan Rupiah sebesar 7,02 % dari total persediaan, yang terdiri dari 7 item (30%) persediaan, yaitu: AP 120 Gr Uk 61 x 86, HVS 70 Gr Roll 81, MP 90 Gr Uk 76 x 55, Tinta Aeroweb Black, HVS 70 Gr Roll 73, HVS 60 Gr Roll 84, HVS 70 Gr Uk 65 x 100.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Dorongan Organisasional Pada Kinerja Tugas Dengan Kontrak Psikologis Sebagai Variabel Pemediasi ( Studi Pada Karyawan Pt. Danliris Sukoharjo, Jawa Tengah )
  2. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Lembar Kerja Siswa
  3. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Perilaku
  4. Penerapan Strategi Harga Pada Flexi Di Pt. Telkom Kandatel Solo
  5. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Initial Return Setelah Ipo Di Bursa Efek Indonesia