Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Pengaruh Bauran Promosi trhdp Volume Penjualan

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Penerbit dan Percetakan CV. Mutiara Solo di Surakarta

 

A. Latar Belakang

Kemajuan zaman yang membawa masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan baru telah menjadi sebab menariknya pengetahuan pemasaran bagi perusahaan dan lembaga-lembaga. Kegiatan pemasaran telah berkembang dari kegiatan distribusi dan penjualan menjadi suatu falsafah untuk menghubungkan tiap perusahaan dengan pasarnya. Perusahaanperusahaan besar dan kecil sekarang sudah mulai memahami perbedaan antara penjualan dan pemasaran.

Pemasaran harus dirancang dengan serius agar dapat meningkatkan volume penjualan. Kegiatan pemasaran tersebut harus dapat menarik calon konsumen untuk melakukan pembelian secara maksimal dan dengan demikian laba yang akan dicapai dapat maksimal pula. Aktivitas pemasaran merupakan upaya suatu perusahaan untuk berkomunikasi dengan masyarakat yang pada akhirnya dapat menarik calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan?
  2. Apakah terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara parsial terhadap volume penjualan?
  3. Strategi promosi manakah yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Menurut Stanton (Basu Swastha, 2002: 10) pengertian pemasaran yaitu :

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Definisi marketing mix menurut Stanton (Basu Swastha, 2002 : 42) yaitu “kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan meliputi produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi”.

Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Dalam dekade terakhir ini, komponen komunikasi pemasaran dalam bauran pemasaran menjadi semakin penting. Bahkan telah diklaim bahwa pemasaran di era 1990-an adalah komunikasi dan komunikasi adalah pemasaran, keduanya tidak terpisahkan (Shimp, 2003 : 4)

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah CV. Mutiara Solo yang berlokasi di Jln. Parangcantel No.19, Laweyan, Surakarta.

Data yang diperlukan dalam penelitian ini ada 2 macam, yaitu data primer dan data sekunder.

Untuk mendapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan, penulis dalam melaksanakan penelitian menggunakan 3 metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.

Metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi : Y = -154.000.000 + 43,908 X1 + 46,161 X2 + 43,554 X3

  • Uji koefisien regresi secara bersama-sama.

Faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan yang berupa biaya promosi meliputi biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini dapat diketahui dari nilai F hitung sebesar 174,054 lebih besar daripada nilai F tabel sebesar 4,76. Oleh karena itu hipotesis pertama yang menyebutkan bahwa diduga terdapat pengaruh biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan bersama-sama terhadap volume penjualan dapat diterima.

  • Uji pengaruh masing-masing variabel dependen (X) terhadap variabel-variabel independen (Y) adalah variabel biaya periklanan secara individu mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,791 lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,447. Variabel biaya personal selling secara individu juga mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan yang ditunjukkan oleh nilai thitung 4,075 lebih besar dari nilai t tabel 2,477. Variabel biaya promosi penjualan secara individu mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan, hal ini dapat diketahui dari nilai t hitung 2,881 lebih besar dari nilai t tabel 2,447. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyebutkan bahwa diduga terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan terbukti.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan
  2. Analisis pengaruh penampilan fisik produk, harga, dan citra warung terhadap keputusan pembelian bakso pasca isu formalin (studi pada konsumen bakso di kecamatan Sukoharjo)
  3. Analisis perbedaan persepsi konsumen terhadap merek sepeda motor honda, yamaha, suzuki dan kawasaki berdasarkan kualitas, harga, desain dan promosi di surakarta (survei pada masyarakat di surakarta tahun 2006)
  4. Penerapan bauran promosi ( promotional mix ) dalam usaha meningkatkan jumlah pelanggan kartu Flexi pada PT. Telkom Kandatel Solo
  5. Analisis anteseden loyalitas konsumen GSM prabayar di Surakarta (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Sebelas Maret)