Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Pengaruh Bauran Promosi trhdp Volume Penjualan

Judul Tesis: Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Penerbit dan Percetakan CV. Mutiara Solo di Surakarta

 

A. Latar Belakang

Suatu strategi promosi harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan misalnya jumlah dana yang tersedia untuk melaksanakan strategi tersebut, jenis produk yang dihasilkan serta sifat pasar target yang dihadapi oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat menentukan jenis kegiatan promosi yang paling cocok untuk memasarkan produk yang dihasilkannya. Jenis media promosi yang dipandang baik oleh manajemen perusahaan belum tentu efektif jika ternyata media promosi tersebut tidak menunjang peningkatan volume penjualan seperti yang diharapkan perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya peningkatan timbal balik atas pengeluaran yang telah dilakukan dengan peningkatan volume penjualan yang terjadi.

Untuk itulah apakah pelaksanaan kegiatan promosi ini sudah merupakan strategi yang tepat untuk menjadikan produk yang dihasilkan tetap dapat diterima atau laku di pasaran sehingga tujuan utama perusahaan yaitu meraih laba dengan meningkatkan volume penjualan dapat tercapai.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan?
  2. Apakah terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara parsial terhadap volume penjualan?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Pemasaran

Menurut Stanton (Basu Swastha, 2002: 10) pengertian pemasaran yaitu :

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Definisi marketing mix menurut Stanton (Basu Swastha, 2002 : 42) yaitu “kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan meliputi produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi”.

Personal selling

Menurut Nickels (Basu Swastha, 2002 : 260) Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah CV. Mutiara Solo yang berlokasi di Jln. Parangcantel No.19, Laweyan, Surakarta.

Data yang diperlukan dalam penelitian ini ada 2 macam, yaitu data primer dan data sekunder.

Untuk mendapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan, penulis dalam melaksanakan penelitian menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu wawancara, obervasi dan dokumentasi.

Metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi : Y = -154.000.000 + 43,908 X1 + 46,161 X2 + 43,554 X3
  2. Uji koefisien regresi secara bersama-sama. Faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan yang berupa biaya promosi meliputi biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan. Hal ini dapat diketahui dari nilai F hitung sebesar 174,054 lebih besar daripada nilai F tabel sebesar 4,76. Oleh karena itu hipotesis pertama yang menyebutkan bahwa diduga terdapat pengaruh biaya periklanan, biaya personal selling dan biaya promosi penjualan bersama-sama terhadap volume penjualan dapat diterima.
  3. Uji pengaruh masing-masing variabel dependen (X) terhadap variabel variabel independen (Y) adalah variabel biaya periklanan secara individu mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,791 lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,447. Variabel biaya personal selling secara individu juga mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan yang ditunjukkan oleh nilai thitung 4,075 lebih besar dari nilai t tabel 2,477. Variabel biaya promosi penjualan secara individu mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan, hal ini dapat diketahui dari nilai t hitung 2,881 lebih besar dari nilai t tabel 2,447. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyebutkan bahwa diduga terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan terbukti.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA
  2. Pemanfaatan Media Periklanan dalam Upaya Menarik Minat Calon Siswa
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kredit di PT. MANDALA MULTIFINANCE
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Simpati
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta