Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Network Kain Grey pd Departemen Weaving

Judul Tesis : Analisis Network Kain Grey pada Departemen Weaving PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta

 

A. Latar Belakang

Sistem manajemen yang baik dapat membantu dalam menyusun suatu perencanaan, dan pelaksanaan proses produksi diperlukan suatu metode analisis, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode analisis network atau analisis jaringan kerja. Network adalah suatu teknik penyajian perencanaan dan pengendalian khususnya mengenai jadwal kegiatan atau pekerjaan secara sistematis dan analisis (Soeharto, 1995 ; 178). PT Iskandar Indah Printing Textile yang berlokasi di daerah Surakarta merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada bidang industri, yang memproduksi kain grey dengan bahan baku dari benang. Sifat perusahaan ini adalah job ordering.

Dimana perusahaan beroperasi atau melakukan proses produksi apabila menerima pesanan dari pihak lain maupun dari departemen lain dalam satu perusahaan. Dengan sifat itu tentunya perusahaan haruslah pintar dan tanggap terhadap suatu pesanan atau pun dalam trend yang sedang terjadi. Bukan hanya tanggap dalam suatu pesanan dan trend yang sedang terjadi, melainkan perusahaan juga harus dapat mengatur dan menjadwal proses produksinya. Sehingga produk yang dihasilkan dapat dikerjakan dengan baik dan tentunya memenuhi waktu yang telah ditargetkan. Oleh karena itu, perusahaan dapatlah menggunakan suatu metode analisis, yaitu metode analisis network. Dimana metode tersebut digunakan untuk membantu didalam melakukan perencanaan, pengawasan proses produksi supaya mendapatkan waktu kerja yang lebih efektif, penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan juga dapat memenuhi pesanan dengan tepat waktu.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana urutan proses produksi yang diterapkan pada departemen weaving dalam memenuhi pemesanan pada departemen Printing ?
  2. Berapa waktu penyelesaian proses produksi kain grey untuk memenuhi pemesanan pada departemen Printing ?

 

C. Landasan Teori

Manajemen Projek

Proyek adalah sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan proyek menurut (Render dan Heizer, 2006 : 75) dapat didefinisikan sebagai sederatan tugas yang diarahkan kepada suatu hasil utama. Jadi yang dimaksud dengan manajemen proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan,mengarahkan dan mengendalikan sumberdaya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumberdaya tertentu (Santoso 2003 : 3 ).

Scheduling

Menurut Soeharto (2001 : 263) penjadwalan adalah pengaturan perincian yang diperlukan untuk melaksanakan rencana itu. Sedangkan Render dan Heizer (2004 : 77) menyatakan bahwa penjadwalan proyek menetapkan jangka waktu kegiatan proyek yang harus diselesaikan. Bahan baku dan tenaga kerja yang diperlukan setiap tahapan produksi dihitung dalam fase ini, juga ditentukan waktu yang diperlukan oleh setiap aktivitas.

Network

Analisis Network merupakan metode yang sangat membantu dalam proses perencanaan dan penjadwalan proyek. Network adalah metode untuk menyusun suatu perencanaan dan mengendalikan suatu kegiatan. Penulis mencoba untuk mengemukakan pengertian analisis network menurut berbagai sumber.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Pada penelitian ini, metode yang digunakan penulis yaitu penelitian kasus atau penelitian lapangan yang mendalam mengenai alur proses produksi kain grey, dalam hal ini pada PT Iskandar Indah Printing Textile. Obyek penelitian yang diambil oleh penulis dalam penelitian ini adalah tentang alur proses produksi kain grey pada PT Iskandar Indah Printing Textile, yang berlokasi di jalan pakel No. 11, Kerten, Laweyan, Surakarta.

Dalam penelitian tersebut penulis memperoleh beberapa data yang dikemas dalam suatu data sekunder.

Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode pendokumentasian.

Teknik analisis data yang digunakan penulis sebelum mengetahui waktu yang efisien dalam melakukan proses produksi pada PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta, adalah dengan menggunakan metode jaringan kerja (analisis network).

 

E. Kesimpulan

  1. Metode PERT dan Algorima dalam analisis network yang digunakan dapatlah diketahui beberapa hasilnya, yaitu mengenai urutan pekerjaan, waktu yang diharapkan (Expected Time), dan jalur kritis. Ketiga hasil tersebut dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengawasan proses produksi kain grey dan untuk memperoleh waktu produksi yang efisien.
  2. Hasil wawancara atau interview yang dilakukan penulis kepada kepala bagian produksi departemen weaving PT Iskandar Indah Printing Textile, memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mengetahui bagaimana proses produksi sebuah kain grey. Urutan dalam melaksanakan proses produksi pembuatan kain grey pada departemen weaving PT Iskandar Indah Printing Textile yaitu, kegiatan lusi (A), penghanian (B), pengkanjian (C), pencucukan (D), pakan (E), palet (F), dan kegiatan yang terakhir adalah pentenunan (G).

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Dorongan Organisasional Pada Kinerja Tugas Dengan Kontrak Psikologis Sebagai Variabel Pemediasi ( Studi Pada Karyawan Pt. Danliris Sukoharjo, Jawa Tengah )
  2. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pembuatan Lembar Kerja Siswa
  3. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Perilaku
  4. Penerapan Strategi Harga Pada Flexi Di Pt. Telkom Kandatel Solo
  5. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Initial Return Setelah Ipo Di Bursa Efek Indonesia