Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Network dlm Proses Produksi Shopping Bag

Judul Tesis : Analisis Network dalam Proses Produksi Shopping Bag di PT Wangsa Jatra Lestari Kartasura

 

A. Latar Belakang Tesis

Pada suatu perusahaan manufaktur mempunyai beberapa factor produksi, antara lain : manusia (man), bahan (material), mesin (machine), uang(money), metode (method) membutuhkan pemeliharaan dan pengelolaan dengan adanya konsekuensi berbagai biaya, sehingga perlu adanya penghematan. Penghematan pada dasarnya akan mengarah pada efisiensi. Hal ini merupakan konsep matematik, atau merupakan perhitungan rasio antara keluaran dan masukan. Dalam proses produksi suatu produk sedapat mungkin dicapai peningkatan efisiensi. Dalam hal ini sering kali ditemuiadanya proses produksi yang lama atau keterlambatan proses karena adanya gangguan-gangguan pada lintasan produksinya, sehingga waktu yang biasanya tepat akan menjadi lebih lama dan tidak sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Suatu proses produksi memegang peranan penting dalam meningkatkan hasil produksi. Pada umunya sebelum perusahaan melaksanakan proses produksi, manajemen perusahaan perlu mengadakan penyusunan perencanaan dan penjadwalan dengan baik, serta ditambah pengawasan yang intensif. Tujuan dari semua ini agar selama proses produksi dapat berjalan sesuai dengan rencana dan jadwal yang telah ditentukan. Sedangkan pengawasan produksi sebagai usaha untuk pengendalian proses produksi agar sesuai rencanan dan untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi selama proses produksi berlangsung.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan bila dilakukan secara normal ?
  2. Bagaimana jalur kritis dalam proses pembuatan shopping bag di PT WANGSA JATRA LESTARI agar diketahui batas waktu penyelesaian proses produksi ?
  3. Berapa probabilitas proses produksi dapat selesai tepat waktu sesuai dengan yang ditargetkan ?

 

C. Landasan Teori

Proses Produksi

Proses produksi adalah bagian terpenting dari suatu aktivitasaktivitas perusahaan dalam penciptaan suatu barang atau jasa. Ini berarti proses produksi bertanggung jawab terhadap pengolahan bahan baku menjadi produk yang dapat di jual. “Proses produksi didefinisikan oleh Heizer dan Render (2005 : 17) sebagai suatu proses penciptaan produk yang berupa barang dan jasa.”

Perencanaan Produksi

Perencanaan merupakan salah satu fungsi dari manajemen, dimana perencanaan tersebut menentukan usaha atau tindakan untuk suatu kegiatan yang diputuskan oleh pimpinan. “Perencanaan mempunyai arti penting bagi seluruh kegiatankegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan, menurut Assauri (1999 : 129).”

Pengertian Analisis Network

“Analisis Network adalah suatu alat dalam penyusunan perencanaan, koordinasi dan pengawasan proyek dengan penyesuaian proyek dalam jangka waktu dan biaya yang paling efisien (Handoko, 1999 : 401 -402).”

 

D. Metode Penelitian

Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode PERT yang nantinya merupakan input bagi perusahaan dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengawasan proses produksi agar lebih baik.

Dari analisis pada proses produksi shopping bag di PT Wangsa Jatra Lestari dapat diketahui untuk menyelesaikan pekerjaan apabila dilakukan secara normal adalah 29 menit.

 

E. Kesimpulan

  1. Waktu penyelesaian pekerjaan bila dilakukan secara normal adalah 29 menit.
  2. Dari diagram network diatas, dapat diketahui ada 4 jalur :
  3. Jalur A – B –E – F – G – J dengan lama waktu 2,3 + 2,2 + 2,2 + 2 + 3,2 + 7,2 = 19, 1 menit.
  4. Jalur A – B – C – D – F – G – J dengan lama waktu 2,3 + 2,2 + 2,3 + 2,3 + 2 + 3,2 + 7,2 = 21, 5 menit.
  5. Jalur A – B – E – F – G – H – I dengan lama waktu 2,3 + 2,2 + 2,2 + 2 + 3,2 + 2,5 + 5,2 = 19, 6 menit.
  6. Jalur A – B – C – D – F – G – H – I dengan lama waktu 2,3 + 2,2 + 2,3 + 2,3 + 2 + 3,2 + 2,5 + 5,2 = 22 menit.
  7. Jalur yang terkecil yaitu jalur A – B – E – F – G – J dengan lama waktu 2,3 + 2,2 + 2,2 + 2 + 3,2 + 7,2 = 19, 1 menit.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Intention to Stay With Incumbent
  2. Analisis Persediaan Bahan Baku Kertas Cd Roll 81 dan Tinta Aeroweb Black pada CV. Harapan Baru Surakarta
  3. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  4. Analisis Network Dalam Proses Produksi Shopping Bag di PT Wangsa Jatra Lestari Kartasura
  5. Merencanakan Kebutuhan Bahan Baku Kalender dengan Menggunakan Metode Material