Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Network dlm Perencanaan dan Pengawasan Finishing

Judul Tesis : Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA KWARTA PENTA di Karanganyar

 

A. Latar Belajar

Perencanaan merupakan suatu rangkaian yang sangat penting karena akan mempengaruhi fungsi-fungsi manajemen selanjutnya. Seperti yang dikemukakan oleh Handoko (1995:81), yaitu bahwa : Perencanaan pada suatu kegiatan mutlak untuk dilakukan, karena perencanaan bermanfaat membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahanperubahan lingkungan, membantu manajer memahami keseluruhan gambaran operasi dengan lebih jelas, memudahkan dalam melakukan koordinasi diantara berbagai bagian organisasi, membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan mudah dipahami.

Perencanaan produksi kegiatannya meliputi penelitian dan pengembangan produk, diharapkan perusahaan industri mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam menyediakan produk yang disenangi oleh konsumen. Tanpa adanya kegiatan perencanaan produksi maka operasi perusahaan tersebut cenderung menuju terjadinya penyimpangan dalam proses produksi. Sedangkan pengawasan proses produksi merupakan berbagai kegiatan dan metode yang digunakan oleh manajer untuk mengelola, mengatur, mengorganisasi dan mengarahkan proses produksi. Pengawasan proses produksi bertujuan untuk mengusahakan agar produk yang diinginkan, jumlah dan kualitasnya tepat serta sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

 

B. Rumusan Masalah

  • Bagaimana cara kerja proses produksi ditetapkan dengan urutan yang logis agar pekerjaan selesai tepat waktu?
  • Berapa waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menyelesaikan masalah-masalah pekerjaan?
  • Berapa waktu penyelesaian pekerjaan jika digunakan diagram network?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Produksi

Banyak pakar mendefinisikan produksi dari berbagai sudut pandang masing-masing. Salah satunya adalah definisi produksi menurut Ahyari (1984:1) Produksi diartikan sebagai penciptaan atau penambahan faedah. Penciptaan atau penambahan faedah ini ada berbagai macam, antara lain yaitu:

  1. Faedah bentuk
  2. Faedah waktu
  3. Faedah tempat
  4. Kombinasi dari faedah-faedah tersebut diatas.

Perencanaan dan Pengawasan

Perencanaan dan pengawasan produksi adalah penentuan dan penetapan kegiatan-kegiatan produksi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut dan mengawasi kegiatan pelaksanaan dari proses dan hasil produksi, agar apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai (Assauri, 1993:34).

Pengertian Network

Analisis network merupakan metode yang sangat membantu dalam proses perencanaan dan pengawasan produksi. Network adalah metode untuk menyusun suatu perencanaan dan mengendalikan suatu kegiatan. Menurut (Ahyari, 1987:2) Analisis network adalah salah satu alat dalam menyusun perencanaan, koordinasi dan penyelesaian pekerjaan dengan jangka waktu dan biaya yang paling efisien.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Penulis mengadakan penelitian pada PT. Wijaya Kwarta Penta yang bergerak di bidang Finishing.

Jenis data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan yaitu observasi, wawancara dan menyalin data.

Dalam melakukan perencanaan dan pengawasan produksi akan digunakan metode jaringan kerja (Analisis Network).

Perusahaan tekstil Wijaya Kwarta Penta terletak di Desa Tegal Rejo, Dagen, Jaten, Karanganyar.

 

E. Kesimpulan

  1. Urutan produksi penyempurnaan kain pada PT. Wijaya Kwarta Penta adalah: Persiapan bahan baku, Jigger, Pad Dryer, Stenter, Folding, Rolling, Packing, dan Pengepakan produk.
  2. Apabila waktu penyelesaian pekerjaan pada proses produksi dikerjakan dengan waktu normal memerlukan waktu 637 menit.
  3. Dengan diagram Network diatas dapat diketahui 2 jalur yaitu :
    1. Jalur A-B-C-D-E-Dummy-H dengan jumlah waktu 610 menit. Kegiatannya antara lain: Persiapan bahan baku, Jigger, Pad Dryer, Stenter, Folding, Packing, dan Pengepakan produk.
    2. Jalur A-B-C-D-F-G-H dengan jumlah waktu 597 menit. Kegiatannya antara lain : Persiapan bahan baku, Jigger, PAD Dryer, Stenter, Rolling, Packing dan Pengepakan produk.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Network dalam Perencanaan dan Pengawasan Finishing pada PT. WIJAYA
  2. Pemanfaatan Media Periklanan dalam Upaya Menarik Minat Calon Siswa
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Kredit di PT. MANDALA MULTIFINANCE
  4. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kartu Simpati
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian pada Minimarket As Gross Ar Royyan di Ngoresan Jebres Surakarta