Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Manajemen: Analisis Keputusan Pembelian Kain pd Toko Textile MAC Mohan Surakarta

Judul Tesis : Analisis Keputusan Pembelian Kain pada Toko Textile MAC Mohan Surakarta

 

A. Latar Belakang

Persepsi konsumen terhadap faktor harga, kualitas kain, jenis kain, corak, dan warna adalah hal yang juga perlu diperhatikan. Sebagai produsen hendaknya mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap harga produknya, bagaimana kualitas kainnya, bagaimana jenis kainnya, dan bagaimana dengan corak serta warna kainnya. Dengan mengetahui persepsi konsumen, maka diambil suatu gambaran sehingga pihak toko dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan kebijakan, karena kesalahan sedikit saja akan sangat mempengaruhi volume penjualan.

Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli kain di Toko Textile Mac Mohan Surakarta dibandingkan toko lain dan untuk mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian kain. Dengan demikian permasalahan ini akan dijadikan sebagai bahan penulisan Tugas Akhir dengan judul “ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN PADA TOKO TEXTILE MAC MOHAN SURAKARTA”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah faktor harga, kualitas kain, jenis kain, corak dan warna kain mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian kain pada Toko Textile Mac Mohan Surakarta?
  2. Faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian kain dari kempat faktor yang ada (harga, kualitas kain, jenis kain, corak dan warna kain) pada Toko Textile Mac Mohan Surakarta ?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran Jasa

Menurut Oka A. Yoeti (2001: 1) yang dimaksud dengan jasa (service) adalah suatu produk yang tidak nyata (intangible) dari hasil kegiatan timbal balik antara pemberian jasa (producer) dan penerima jasa (customer) melalui suatu atau beberapa aktivitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Sedangkan menurut William J. Stanton (1993: 220) jasa diberi definisi kegiatan bersifat tidak teraba (intangible) yang merupakan pemenuhan kebutuhan dan tidak harus terikat pada penjualan produk dan jasa lain.

 

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Konsep pengembangan strategi pemasaran berkait dengan masalah bagaimana menetapkan bentuk penawaran pada segmen pasar tertentu. Hal ini dapat terpenuhi dengan penyediaan suatu sarana yang disebut marketing mix. Marketing mix ini merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan. Secara definitif tepat dikatakan bahwa marketing mix adalah kombinasi dari 4 variasi atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni produk, struktur harga, kegunaan promosi dan sistem distribusi adalah place (Basu Swastha, 1984: 42).

 

D. Metodelogi Penelitian

Lokasi penelitian ini dilakukan penulis pada Toko Textile Mac Mohan Jl. Gatot Subroto No 42 A Surakarta.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.

Pengambilan sampel menggunakan metode non random sampling.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non random sampling yaitu convenience sampling.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi.

Teknik penganalisaan data yang digunakan penulis adalah analisa deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam kaitannya dengan pembelian kain, sebagian besar konsumen berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 79%.
  2. Dalam kaitannya dengan pembelian kain, sebagian besar responden adalah usia di atas 30 tahun yaitu sebanyak 43%.
  3. Dalam kaitannya dengan pembelian kain, sebagian besar responden adalah bekerja sebagai wiraswasta yaitu sebanyak 33%.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Keputusan Pembelian Kain Pada Toko Textile Mac Mohan Surakarta
  2. Analisis Pengaruh Pergerakan Pesawat Komersial Terhadap Pergerakan Penumpang
  3. Analisis Pengaruh Return On Assets, Volume Perdagangan, Earning Per Share
  4. Analisis Perencanaan Dan Penentuan Kombinasi Produk Optimal Untuk Memaksimalkan Laba Dalam Pembangunan Perumahan Puri Pudak Payung Asri (P4a) Di Semarang
  5. Analisis Pert Dan Cpm Untuk Pesanan Khusus Pada Cv. Batik Surya Kencana