Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Strategi Public Relations dlm Maintain Customer Relationship Apartment

Judul Tesis : Strategi Public Relations dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon

 

A. Latar Belakang

Persaingan yang terjadi dalam era global tersebut, menimbulkan konsekuensi tersendiri yang mengharuskan setiap perusahaan yang ada, untuk melakukan yang terbaik dalam menjalankan usahanya. Bahkan pada saat sekarang ini, hampir di semua bidang property mengalami kompetisi yang semakin berat, khususnya apartment. Hal ini dibuktikan dengan bertambah banyaknya apartment yang sedang dibangun saat ini. Semakin tingginya tingkat persaingan, mengakibatkan kegiatan ini perlu dilakukan secara profesional.

Menjalin suatu relasi bagi suatu usaha merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan. Diperlukan suatu strategi tertentu dan orang – orang yang tertentu pula untuk melaksanakannya. Dalam menjalin suatu relasi perusahaan, peran Public Relations akan sangat membantu. Karena seorang Public Relations memiliki kemampuan yang baik dalam menciptakan, membangun, dan mengembangkan relasi dengan customer. Semakin banyak relasi, maka akan semakin mudah bagi perusahaan untuk memasarkan produknya dan meningkatkan volume penjualan produk yang dihasilkan.

 

B. Tujuan Akademis

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di dalam penerapan, penguasaan, dan pengembangan sesuai dengan ilmu yang telah diperoleh selama berada di bangku kuliah pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Selain itu juga untuk membandingkan antara teori yang didapat selama di bangku kuliah dengan teori yang ada pada divisi Public Relations di dunia kerja nyata.

 

C. Tinjauan Pustaka

Defenisi Public Relations

Public Relations merupakan fungsi manajemen yang membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan serta kerjasama suatu organisasi/perusahaan dengan publiknya dan ikut terlibat dalam menangani masalah-masalah atau isu-isu manajemen. PR membantu manajemen dalam penyampaian informasi dan tanggap terhadap opini publik. PR secara efektif membantu manajemen memantau berbagai perubahan. (Seitel, 1992:8).

Peran Public Relations

Perkembangan profesionalisme Public Relations yang berkaitan  dengan pengembangan peranan Public Relations, baik sebagai praktisi maupun profesional dalam suatu organisasi / perusahaan, menurut Dozier, D.M. (1992), bahwa peranan praktisi Public Relations dalam organisasi tersebut salah satu kunci untuk memahami fungsi Public Relations dan komunikasi organisasi, disamping itu juga merupakan kunci untuk pengembangan peranan praktisi PRO (Public Relations Officer) dan pencapaian profesional dalam Public Relations.

Strategi Public Relations

Di dalam menjalankan tugas dan fungsinya Public Relations memerlukan strategi Public Relations dengan jalan manajemen yang baik. Strategi manajemen yang biasa disebut dengan rencana strategis atau rencana jangka panjang dalam suatu perusahaan. Menurut Iriantara (2004 : 11) manajemen strategis merupakan upaya organisasi untuk bisa menyelaraskan dirinya dengan lingkungan.

 

D. Metode Penelitian Tesis

  1. Customer Relations merupakan manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya (customer) dengan tujuan menumbuhkan awareness customer terhadap brand maupun produk yang ditawarkan serta menciptakan citra positif perusahaan di mata para pelanggannya.
  2. Customer Relations PT. Sunindo Gapura Prima (SOLO PARAGON) harus dapat menjalankan fungsinya dalam mengidentifikasi faktor – faktor yang penting bagi customer, menangani complain customer, membangun rasa percaya dan loyalitas customer terhadap brand / produk yang ditawarkan, mencatat dan mengikuti aspek penjualan serta membuat informasi holistic tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.
  3. Kegiatan – kegiatan Customer Relations diantaranya secara langsung memperhatikan customer dengan cermat agar keinginannya dapat terpenuhi, memberikan perhatian khusus kepada customer serta harus bisa menangani keluhan / complain customer dengan baik dan harus ada solusinya.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk)
  2. Proses PR pada Sekpurel PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Strategi Public Relations dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  4. Aktivitas Badminton Sebagai Komunikasi Sosial dan Tingkat Partisipasi Sosial Kemasyarakatan
  5. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif di PT MARA ADVERTISING