Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Solo The Spirit Of Java Melalui Perencanaan Kirab Budaya

Judul Tesis : Solo The Spirit Of Java Melalui Perencanaan Kirab Budaya (Munas Apeksi III) Sebagai Salah Satu Perwujudan Citra Kota Solo Laporan Kuliah Kerja Media (KKM)

 

A. Latar Belakang

Seiring dengan dibutuhkannya kehadiran PR dalam suatu organisasi/perusahaan atau sebagai PR konsultan. Hal tersebut menuntut perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas system pendidikan khususnya di bidang Humas. Banyak perguruan tinggi yang sudah memikirkan kondisi seperti ini. Salah satu kiat untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusianya untuk dapat bersaing dalam dunia kerja yaitu dengan melibatkan para mahasiswa agar dapat praktek langsung di institusi yang memiliki divisi humas. Untuk itulah banyak perguruan tinggi yang memberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan magang yang bertujuan untuk melatih mahasiswa mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja.

Demikian halnya dengan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bidang Diploma III Komunikasi Terapan yang menamai kegiatan Kuliah Kerja Media sebagai ajang pembuktian kemampuan dan keahlian mahasiswa untuk terjun langsung di dunia kerja. Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa dapat merasakan persaingan yang cukup keras dalam dunia kerja, selain itu dapat mempraktekkan ilmu-ilmu serta teori-teori yang berkaitan dengan humas. Mahasiswa program studi Public Relations diberikan opsi-opsi untuk mengikuti kegiatan KKM di berbagai institusi. Tentu saja sebuah institusi yang memiliki divisi Public Relations. Badan Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu perangkat daerah yang mengelola informasi dan komunikasi. Disamping itu juga sebagai sumber informasi formal, media komunikasi dan sebagai motivator tumbuhnya dinamika masyarakat Kota Surakarta. Melihat beberapa aktivitas dari Badan Informasi dan Komunikasi beserta keunggulannya. Maka penulis memilih BIK sebagai tempat melaksanakan KKM. Kegiatan magang yang dilakukan di BIK adalah salah satu bentuk usaha nyata dalam meningkatkan ketrampilan dan penguasaan ilmu bagi penulis. Beragam kegiatan telah penulis lewati hingga akhir kegiatan KKM. Sehingga akan memudahkan langkah penulis untuk mendapatkan pekerjaan di kemudian hari. Selain itu, kegiatan KKM ini juga memberikan kesempatan kepada penulis untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup banyak yang tidak penulis dapatkan di bangku kuliah.

 

B. Tujuan Kuliah Kerja Media

  1. Untuk memenuhi syarat guna mencapai gelar Ahli Madya Program DIII Komunikasi Terapan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan di FISIP UNS.
  2. Mengaplikasikan ilmu-ilmu dan pengetahuan yang didapat di bangku kuliah untuk dipakai dalam kegiatan Kuliah Kerja Media baik secara teori maupun praktek.
  3. Meningkatkan skill, keterampilan dan potensi diri, tentu saja yang berhubungan dengan tugas dan peran humas dalam menjalankan aktivitasnya untuk dapat bersaing di dunia kerja.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Public Relations

Makna Public Relations itu terkesan relative, karena begitu banyak orang yang mencoba menafsirkannya sendiri sehingga justru menimbulkan salah pengertian. Terdapat begitu banyak definisi humas, namun pada intinya Humas atau PR tersebut senantiasa berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul suatu dampak, yaitu berupa perubahan yang positif.

Tugas Humas

Ada tiga tugas humas dalam organisasi/lembaga yang berhubungan erat dengan tujuan dan fungsi humas, antara lain:

  1. Menginterpretasikan, menganalisa dan mengevaluasi kecenderungan perilaku publik, kemudian direkomendasikan kepada manajemen untuk merumuskan kebijakan organisasi/lembaga.
  2. Mempertemukan kepentingan organisasi/lembaga dengan kepentingan publik.
  3. Mengevaluasi program-program organisasi/lembaga, khususnya yang berkaitan dengan publik.

Citra Humas

Citra adalah kesan yang diperoleh seseorang berdasarkan pengetahuan dan pengertiannya tentang fakta-fakta atau kenyataan. Pengertian citra sendiri abstrak atau intangible, tetapi wujudnya bisa dirasakan dari hasil penilaian, penerimaan, kesadaran dan pengertian, baik semacam tanda respek dan rasa hormat, dari publik sekelilingnya atau masyarakat luas terhadap perusahaan sebagai sebuah badan usaha atau pun terhadap personelnya (dipercaya, profesional dan dapat diandalkan dalam pemberian pelayanan yang baik).

 

D. Kesimpulan

Humas Badan Informasi dan Komunikasi Surakarta memiliki tugas melakukan pemberitaan kegiatan Pemerintah Kota melalui berbagai media, seperti media cetak, massa dan sebagainya. Tugas lainnya yaitu mengumpulkan berita dari media massa, menganalisis berita, menyelenggarakan sistem siaran radio, menyiapkan bahan tanggapan dan penjelasan terhadap surat-surat di media cetak dan elektronik, menyiapkan keterangan pers dan jumpa pers, melakukan liputan acara kegiatan Pemerintah Kota, menyelenggarakan penerbitan media cetak. Disamping itu humas Badan Informasi dan Komunikasi yaitu mendistribusikan materi informasi berupa pamflet, brosur, selebaran, spanduk dan baliho sebagai iklan layanan masyarakat, bulletin, naskah radio, folder, booklet, melakukan informasi dan komunikasi lewat media tatap muka atau antar pesona, bentuk jaringan penyebaran informasi lewat Kecamatan dan Kelurahan serta tokoh agama.

 

E. Saran

Berdasarkan kesimpulan dan pengamatan penulis selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media. Penulis menyarankan kepada pihak Badan Informasi dan Komunikasi agar lebih meningkatkan kualitas kinerja dan SDM dari para karyawan/ti, lebih aktif dalam menyerap informasi terkini. Sehingga masyarakat juga dapat mengakses informasi dengan cepat, selain itu penulis juga berharap agar para karyawan/ti dapat menggunakan waktu seefisien mungkin untuk digunakan melaksanakan tanggungjawabnya. Disamping itu juga perlunya penegakkan disiplin terhadap para karyawan/ti. Agar masyarakat lebih terkesan dengan kinerja karyawan/ti Badan Informasi dan Komunikasi dan tidak memandang sebelah mata terhadap kinerjanya.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Produksi Segmen Feature dalam Program Berita Jogja di LPP TVRI Yogyakarta
  2. Jurnalistik Di Majalah Olga
  3. Mekanisme Peran Videojurnalis dalam Peliputan Berita di Rajawali Citra Televisi Indonesia
  4. Efektifitas Kinerja Public Relations dalam Hal Menjaga Interaksi Hubungan Komunikasi
  5. Peran Reporter dalam Produksi Berita Seputar Jogja di Jogja Tv – Yogyakarta