Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Proses Produksi Program Acara Wanted di PT. CAKRAWALA ANDALAS TELEVISI

Judul Tesis : Proses Produksi Program Acara Wanted di PT. CAKRAWALA ANDALAS TELEVISI (ANTV)

 

A.  Latar Belakang

Sejalan dengan majunya teknologi dan perkembangan zaman dewasa ini, manusia semakin banyak bersaing untuk memperoleh hasil terbaik, diantaranya persaingan di dunia kerja yang berdampak luar biasa dalam kehidupan manusia di dunia. Sebuah instansi untuk bisa menerima para pelamar kerja pasti tidak mungkin sembarangan. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga kerja yang cakap, membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan menguasai bidang kerjanya dengan baik serta mempunyai pengalaman yang cukup . Maka dari itu, untuk membentuk para mahasiswa sebagai praktisi-praktisi yang cakap, handal sekaligus siap kerja, Program Diploma Tiga Jurusan Komunikasi Terapan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, mengadakan Kuliah Kerja Media (KKM) yang diwujudkan dalam bentuk kerja praktek lapangan atau magang pada suatu perusahaan, lembaga atau instansi.

Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan sarana untuk bisa belajar secara langsung ke dalam dunia kerja suatu perusahaan, lembaga atau instansi yang menyelenggarakan dalam batas waktu tertentu. Kuliah Kerja Media dapat menjadikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kerja nyata dan juga dapat membentuk mental mahasiswa sebagai mahasiswa yang terampil dan menguasai bidang kerjanya.

 

B. Landasan Teori

Pengertian Televisi

Televisi secara harfiah adalah “melihat dari jauh”. Televisi merupakan temuan internasional, karena banyak ilmuwan-ilmuwan yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan teknologi ini. Tercatat dalam sejarah nama-nama tersebut diantaranya adalah Michael Faraday (ilmuwan inggris, 1791-1867) dan James Clerk Maxwell (ilmuwan Inggris, 1831- 1879) yang mendalami tantang gelombang elektromagnetik sebagai media untuk mengirim gambar, suara maupun kombinasi gambar-suara atau audio visual (televisi) untuk dipancarkan dari suatu tempat ketempat lain melalui udara.

Pengertian Jurnalistik

Definisi jurnalistik sangat banyak. Namun pada hakekatnya sama, para tokoh komuniikasi atau tokoh jurnalistik mendefinisikan berbedabeda. Jurnalistik secara harfiah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau hal-ihwal pemberitaan. Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day) atau “catatan harian” (diary). Dalam bahasa Belanda journalistiek artinya penyiaran catatan harian.

Pengertian Berita

Semua berita adalah informasi, tetapi tidak semua informasi adalah berita. Karena berita adalah informasi yang mengandung nilai berita yang telah diolah sesuai dengan kaidah-kaidah pada ilmu jurnalistik dan disajikan kepada khalayak baik cetak maupun elektronik.

 

C. Kesimpulan Tesis

Wanted adalah program acara mingguan. Program acara ini mengungkap secara mendalam tentang berbagai macam kasus kriminal yang bersifat investigatif, terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat, dimana pelaku dalam kasus kriminal melarikan diri atau masih dalam tahap pencarian polisi atau buron.

Program acara Wanted memudahkan masyarakat dan pihak kepolisian khususnya dalam mengungkap kasus dan menangkap buronan, karena Wanted banyak sekali memberikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana motif pelaku melakukan kejahatan, ciri-ciri pelaku, dan posisi terakhir pelaku melarikan diri sehingga pelaku dapat segera ditangkap.

Soft News adalah berita yang tidak terikat dengan aktualitas namun memiliki daya tarik bagi pemirsanya. Sedangkan Wanted mempunyai tujuan yaitu memberikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana pelaku melakukan kejahatan, cirri-ciri pelaku agar pelaku yang masih buron cepat tertangkap. Maka dari pernyataan tersebut dpat disimpulkan bahwa Program Acara Wanted di ANTV merupakan jenis berita ringan (soft news).

 

D. Saran

  1. Bagi D3 Komunikasi Terapan FISIP UNS

Program Kuliah Kerja Media (KKM) yang telah ditetepkan oleh D3 Komunikasi Terapan FISIP UNS sangatlah memberikan pengalaman kepada mahasiswa/I dan dapat menjembatani antara dunia akademis dengan dunia kerja.

  1. Bagi ANTV

Mengingat ANTV adalah stasiun televisi berskala Nasional dan mempunyai banyak sekali program-program acara unggulan, dan mempunyai Divisi Current Affairs yang selalu menyajikan contain berita yang sangat dibutuhkan masyarakat, maka penulis menyarankan : Untuk mempertahankan kualitas program acara yang sudah melekat di hati masyarakat, hendaknya ANTV mengemas suatu program acara yang menjadi selalu lebih menarik dan inovatif.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Proses Produksi Program Acara Wanted di PT. Cakrawala Andalas Televisi (ANTV,)
  2. Proses Penulisan Produksi Berita di Solo Radio 92, 9 Fm
  3. Proses Produksi Program Acara “Asal Usul” PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7)
  4. Program Musik Televisi dan Kesenjangan Kepuasan Penonton
  5. Media Relations dan Customer Relations PT. Indosiar Visual Mandiri