Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Proses Produksi Acara Harmoni di TVRI STASIUN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Judul Tesis : Proses Produksi Acara Harmoni di TVRI STASIUN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

A. Latar Belakang

TVRI sebagai salah satu media massa elektronik yang memiliki peran penting dalam masyarakat melakukan trasformasi sosial mempunyai pengaruh besar terhadap berbagi aspek kehidupan di jaman sekarang ini, terutama sebagai alat penyampaian informasi, hiburan dan pendidikan.

TVRI Stasiun Yogyakarta membagi tim kerjanya menjadi dua bagian, yang pertama adalah Program Berita, Program Berita di TVRI Stasiun Yogyakarta meliputi Berita Jogja, Yogyawarta dan Yogya Weekend. Dalam produksi berita Sendiri melibatkan banyak pihak dan berbagi profesi, Pada tim produksi berita, terdapat produser, pengarah acara, kameramen liputan dan kameramen studio, penata cahaya, penyunting gambar, penyiar, reporter, operator program dan operator VTR. Tim yang kedua adalah Program Produksi, Program Produksi di TVRI Stasiun Yogyakarta meliputi, Harmoni, Keroncong Reguest, Plengkung Gading, Pangkur Jenggleng, Taman Gabusan, Karang Tumaritis,dll.

 

B. Tujuan

  1. Memenuhi kewajiban mengikuti KKM sebagai persyaratan dalam menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar Ahli Madya (A,md) jurusan penyiaran di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas maret.
  2. Agar mahasiswa dapat mendalami proses kegiatan produksi, sehingga kelak dapat dijadikan bekal untuk terjun di dunia kerja.

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Penyiaran

Penyiaran merupakan kegiatan penyelenggaraan siaran, yaitu rangkaian mata acara dalam bentuk audio/suara dan atau visual/gambar, yang ditransmisikan dalam bentuk signal suara atau gambar, baik melalui udara (teristerial dan satelit) maupun kabel atau serat optik yang dapat diterima oleh pesawat peneriama (radio/televisi) di rumah. (Tommy Suprapto, 2006: 10).

Produk Penyiaran

Output penyelenggaraan penyiaran adalah siaran. Siaran adalah benda abstrak yang sangat potensial untuk dipergunakan mencapai tujuan yang bersifat idiil maupun material. Siaran merupakan hasil kerja kolektif yang memerlukan dana yang besar, banyak tenaga yang kreatif dan professional, serta sarana elektris canggih yang harganya relative mahal. Karena itu produksi siaran sebenarnya merupakan produksi massal yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, hiburan, dan pendidikan kepada sebagian besar khalayaknya, dengan biaya yang cukup besar.

Siaran

Siaran berasal dari kata siar. Siar berarti menyebarluaskan informasi melalui pemancar. Kata Siar di tambah akhiran an, membentuk kata benda, yang memiliki makna apa yang disiarkan. Siaran dapat berupa siaran audio ( radio ), dapat pula berbentuk siaran audio visual gerak dan sinkron, seperti televisi siaran. Siaran sebagai Output stasiun penyiaran yang dikelola oleh organisasi penyiaran, merupakan hasil perpaduan antara kreatifitas manusia dan kemampuan sarana / alat, atau antara perangkat keras dan perangkat lunak.

 

D. Kesimpulan

  1. Ilmu yang penulis peroleh dibangku perkuliahan sangat membantu penulis ketika diterapkan dalam dunia kerja, meskipun tidak selalu sama dengan praktik di lapangan.
  2. Rasa tanggung jawab yang besar serta kedisiplinan yang tinggi sangat dijunjung di dalam dunia broadcasting guna mencapai target yang kita inginkan.
  3. Kerjasama tim yang baik sangatlah mempengaruhi kesuksesan dari proses produksi yang sedang dilakukan, dan untuk mencapai hasil yang maksimal.

 

E. Saran

  1. Saran bagi program DIII Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret adalah :
    1. Diharapkan pada waktu pelaksanaan magang dilakukan kunjungan langsung ke tempat pelaksanaan magang oleh dosen pembimbing. Selama ini hal tersebut hanyalah sebuah wacana tanpa realisasi yang nyata. Padahal jika kunjungan tersebut dilaksanakan maka dosen pembimbing dapat memantau pelaksanaan magang dan juga untuk menjalin kerjasama dengann instansi terkait.
    2. Panitia KKM yang selanjutnya agar lebih bertanggung jawab pada tugas-tugasnya dan tidak hanya mementingkan diri sendiri.
  2. Saran bagi TVRI Stasiun Yogyakarta adalah :
    1. Dengan banyaknya televisi swasta yang bermunculan, TVRI hendaknya lebih selektif dalam menayangkan program acara unggulannya, agar menampilkan acara yang menarik perhatian banyak pemirsa.
    2. Dalam merencanakan produksi hendaknya membuat Time Schedule agar perencanaan yang btelah disusun, selesai pada waktu yang telah ditentukan.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Produksi Segmen Feature dalam Program Berita Jogja di LPP TVRI Yogyakarta
  2. Jurnalistik Di Majalah Olga
  3. Mekanisme Peran Videojurnalis dalam Peliputan Berita di Rajawali Citra Televisi Indonesia
  4. Efektifitas Kinerja Public Relations dalam Hal Menjaga Interaksi Hubungan Komunikasi
  5. Peran Reporter dalam Produksi Berita Seputar Jogja di Jogja Tv – Yogyakarta