Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Proses PR pd Sekpurel PT. TELKOM KANDATEL SOLO

Judul Tesis : Proses PR pada Sekpurel PT. TELKOM KANDATEL SOLO

 

A. Latar Belakang

Telkom KANDATEL Surakarta sangat memperhatikan penciptaan hubungan baik dengan konsumennya dalam hal memberikan pelayanan jasa komunikasi dan produk yang berkualitas untuk menciptakan suatu kepuasan pelayanan dengan tetap berusaha menjaga hubungan yang harmonis dengan konsumen, sehingga akan terbentuk good image dari PT. Telkom KANDATEL Surakarta. Kepuasan pelanggan merupakan cerminan hubungan yang harmonis antara pihak perusahaan dengan konsumen, bentuk-bentuk komunikasi untuk mencapai suatu hubungan yang harmonis antara lain adalah dengan pemberian informasi yang lengkap, menanggapi segala keluhan dan permintaan serta selalu memberikan berita yang up to date.

Hubungan yang harmonis antara PT. Telkom KANDATEL Surakarta tak luput dari peran serta seorang Publik Relations. Pubic Relations memiliki aspek penting, yaitu sebagai pendukung antara pihak perusahaan dengan khalayak sehingga tercipta suatu hubungan yang baik tanpa ada salah satu pihak yang merasa dirugikan. Tugas yang diemban oleh seorang PR tidaklah ringan, sebab PR memiliki peranan utama yakni sebagai ujung tombak sebuah instansi. Apabila instansi tersebut sudah dikenal oleh banyak orang pastilah terdapat berbagai macam permasalahan baik itu yang bersifat intern maupun ekstern. Dalam penyelesaian sebuah permasalahan seorang PR harus ekstra hati-hati dan penuh pemikiran terhadap segala keputusan yang hendak diambil, sebab semua keputusan yang diambil dapat menaikkan atau menurunkan ciri dari sebuah perusahaan atau instansi tersebut.

 

B. Tujuan Umum Tesis

  1. Mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam dunia kerja.
  2. Untuk memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan di bidang Public Relations di dunia kerja.
  3. Untuk memperoleh pengalaman bekerja dalam dunia kerja yang nyata

 

C. Landasan Teori

Definisi Public Relations

Istilah Public Relations sering diartikan sebagai “hubungan masyarakat (Humas)”. Menurut Rachmat Kriyantono dalam bukunya Public Relations Writing (2007 ; hal 2) istilah penggunaan hubungan masyarakat ini tidaklah tepat. Arti kata publik dalam Public Relations berbeda dengan kata masyarakat dalam hubungan masyarakat. Istilah masyarakat dianggap terlalu luas, sedangkan publik hanyalah bagian dari masyarakat yang luas itu. Publik merupakan sekumpulan orang atau kelompok dalam masyarakat yang memiliki kepentingan atau perhatian yang sama terhadap sesuatu hal.

Pengertian Image/Citra

Citra merupakan tujuan utama sekaligus reputasi dan prestasi yang ingin dicapai bagi dunia Public Relations. Bagi perusahaan atau organisasi sangat penting untuk membentuk dan membangun citra yang menguntungkan bagi perusahaan karena citra merupakan asset penting perusahaan untuk kedepannya. Oleh sebab itu, Public Relations dituntut untuk dapat memberikan suatu keyakinan dan pemahaman kepada publik, baik public internal maupun eksternal agar reputasi dan citra perusahaan yang diwakilinya dapat terjaga dengan baik.

Sekretariatan

Kesekretarisan adalah satuan organisasi yang melakukan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan perkantoran dan bantuan lainnya yang dilaksanakan sebagai kegiatan penunjang supaya tujuan organisasi dicapai dengan lancar (http://www.google.com/kesekretariatan).

 

D. Metode Penelitian

Pada Pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini penulis melaksanakan praktek pada bagian Sekretariat dan Public Relations (SEKPUREL) PT. Telkom Kandatel Solo.

Pada awal pelaksanaan KKM, penulis memperoleh penjelasan tentang kegiatan kerja yang akan dilakukan penulis selama magang oleh Bpk. Eko Rahmad Sudjito selaku PR di PT. Telkom Kandatel Solo.

 

E. Kesimpulan

  1. Ternyata Pekerjaan PR tidaklah semudah seperti yang di pelajari di perkuliahan. Banyak hal yang harus diprsiapkan dengan benar dan rapi, sebab kekeliruan sedikit saja akan mempengaruhi image dari perusahaan.
  2. Bahwa peranan Public Relations PT. Telkom Kandatel Solo adalah untuk mengkomunikasikan peran dan aktivitas Telkom terhadap Masyarakat luas khususnya area Kota Surakarta dan Kabupaten Surakarta. Yang mana aktivitas tersebut mempunyai nilai tambah yang dapat meningkatkan citra positif PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
  3. Pekerjaan PR di PT. Telkom Kandatel Solo antara lain adalah membuat press release, menginput berita yang diambil dari media massa (Jawa Pos, Suara Merdeka, Seputar Indonesia, Kompas, Solo Pos, Jitu, Radar Solo, Republika, dan Joglo Semar), mengumpulkan wartawan untuk press conference, mengurus segala persiapan kegiatan – kegiatan PT. Telkom Kandatel Solo, membuat berita, dan lain – lain.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk)
  2. Proses PR pada Sekpurel PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Strategi Public Relations dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  4. Aktivitas Badminton Sebagai Komunikasi Sosial dan Tingkat Partisipasi Sosial Kemasyarakatan
  5. Mekanisme Kerja Divisi Kreatif di PT MARA ADVERTISING