Tesis Komunikasi: Produksi Acara Pemuda (Peringkat Musik Persada) di Radio Metta FM

Judul Tesis : Produksi Acara Pemuda (Peringkat Musik Persada) di Radio Metta FM

 

A. Latar Belakang Tesis

Radio sebagai media komunikasi massa memegang peranan penting dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. Kekhususan ciri yang dimilikinya menjadikan radio dapat menyebarkan informasi secara serentak dengan jangkauan wilayah yang luas. Disamping itu, harga pesawatnya yang relatif murah sehingga banyak khalayak yang memilikinya. Dengan kata lain, radio memiliki potensi yang besar dalam menyebarluaskan informasi.

Sebagai media massa, radio memiliki kelebihan dalam kecepatan menyampaikan pesan dibanding media massa lain seperti televisi maupun surat kabar (Effendy, 1991). Pesan yang disampaikan melalui radio akan sampai kependengar sesaat setelah diudarakan, secara serentak dalam waktu yang bersamaan diberbagai penjuru.

 

B. Tujuan dan Kegunaan Kuliah Kerja Media

  1. Menambah pengetahuan tentang penerapan teori yang di dapat dari kuliah kedalam praktek yang sebenarnya.
  2. Menambah pengalaman dan ketrampilan sebagai bekal pada saatnya nanti terjun di dunia kerja dan di masyarakat.
  3. Sebagai sarana pengembangan ilmu yang diperoleh semasa kuliah.

 

C. Tinjauan Pustaka

Ruang Lingkup Komunikasi

Program-program radio siaran dalam unsur Komunikasi dapat digolongkan sebagai pesan (message). Program-program tersebut dibuat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan yang diberikan oleh stasiun radio siaran kepada audience agar berpersepsi sesuai yang diinginkan radio siaran itu atau bisa juga dikatakan dengan program-program tersebut radio berkomunikasi kepada audiencenya.

Siaran Radio

Programming atau “penataan acara siaran” ini tidak mempunyai pola yang baku. Ini banyak tergantung dari sistem pemerintahan dimana badan radio siaran tersebut berada dan tergantung dari bentuk organisasi badan radio siaran tersebut. Jadi sistem radio siaran yang ditentukan oleh sistem pemerintahan itu menentukan jenis pembagian bahan siaran.

 

Evaluasi Keefektifan Program

Mengevaluasi suatu program siaran merupakan upaya yang objektif untuk mengukur sampai dimana keefektifan program yang disiarkan. Dengan evaluasi, kita akan mengetahui dimana kegagalan dan keberhasilan kita dan mengapa, sehingga kita dapat menentukan langkah lebih lanjut dalam menyempurnakannya.

 

E. Kesimpulan

  1. PEMUDA (Peringkat Musik Persada) adalah program musik yang disajikan lewat tangga lagu Indonesia. Materi yang dibahas dalam Chart PEMUDA berupa contoh kaset dari artis yang mengeluarkan album baru sebelum beredar dipasaran. Segmentasi Chart PEMUDA mulai dari usia 17 sampai dengan 25 tahun. Chart PEMUDA disiarkan selama satu jam, setiap hari Minggu pukul 16.00 – 17.00. Bahasa pengantar yang digunakan dalam Chart PEMUDA adalah bahasa Indonesia, yang disampaikan dengan gaya anak muda. Konsep program Chart PEMUDA adalah program musik yang berisi tangga lagu Indonesia yang baru dan sedang trend. Program musik Chart PEMUDA mempunyai visi dan misi membantu artis dalam promo album dan lebih mengenalkan pendengar terhadap lagu-lagu Indonesia. Kategori pemilihan lagu dalam Chart PEMUDA yaitu berupa lagu-lagu yang terpilih dan disesuaikan dengan format dari radio METTA FM. Teknik penyampaian dengan mengunakan bahasa Indonesia yang disesuaikan dengan segmen anak muda, tetapi lebih ditekankan pada intonasi dan penekanan suara. Info yang disampaikan dalam Chart PEMUDA adalah info tentang prospek lagu dan artis yang membawakan, namun tidak menutup kemungkinan info tersebut mengulas berita terbaru dari artis lama.
  2. Dalam proses produksi acara chart PEMUDA banyak pihak yang terlibat yaitu Produser, Musik Director, Tim kreatif, Host/ pembawa Acara, Teknik. Dari pihak – pihak tersebut bekerjasama untuk menyuguhkan suatu acara yang dapat menarik perhatian pendengar.
  3. Banyak tahapan yang dilakukan dalam menyiarkan program acara Chart PEMUDA yang dimulai dari Pra Produksi, kemudian Produksi sampai dengan Pasca Produksi.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dalam Event Absolute Thanks To Indonesia Pada CV. FRONTLINE INDONESIA
  2. Produksi Acara Pemuda ( Peringkat Musik Persada ) Di Radio Metta Fm
  3. Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan Humas Universitas Sebelas
  4. Peran Humas Pemerintahan Melalui Kegiatan Internal dan Eksternal di Dinas Perhubungan
  5. Proses Kerja Divisi Media di Octa Mitra Media Advertising Service