Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Peranan Customer Relation dlm Video Production

Judul Tesis :  Peranan Customer Relation dalam Video Production

 

A. Latar Belakang

Kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan audio visual semakin besar, dimana sebelumnya didominasi oleh beberapa video production besar yang sudah dikenal di kalangan masyarakat. Tetapi kadang masyarakat bosan dan butuh sesuatu yang baru, menarik, segar dan tidak monoton. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, ADIJAYA VIDEO PRODUCTION hadir sebagai pelopor video production yang menampilkan ide-ide segar dan brilian pada tanggal 4 April 2001.

Dengan hadirnya Adijaya di tengah masyarakat, persaingan di bidang video production semakin ketat. Ditengah persaingan tersebut, Adijaya hadir terdepan dalam menampilkan ide-ide baru yang lebih menarik dan lebih bermutu. Dengan interaksi kerja dan dedikasi yang tinggi perusahaan yang lebih mengutamakan semangat kebersamaan sebagai sebuah tim yang kuat, memungkinkan seluruh komponen perusahaan mulai dari level terbawah sampai teratas mampu bersama terkoordinasi dan secara sistematis memberikan hasil karya terbaik untuk mewujudkan pelayanan terbaik pula bagi para ”stakeholder”.

 

B. Tujuan Magang

  1. Untuk memenuhi syarat kelulusan D-III Public Relation Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Agar mahasiswa mampu menerapkan wawasan teoristis ilmu kehumasan yang telah dipelajari di perkuliahan kemudian diterapkan ke dalam dunia kerja nyata
  3. Agar mahasiswa mampu mengetahui gambaran dunia kehumasan secara nyata serta selukbeluk kegiatan Public Relations yang sebenarnya

 

C. Landasan Teori

Public Relation

Public Relation (PR) adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, derencanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga /institusi dengan masyarakat. PR adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan lembaga/institusi dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik lembaga maupun institusi tersebut maupun masyarakat terkait.

Customer Relation

Customer Relation adalah kegiatan komunikasi timbal balik antara suatu perusahaan yang diwakili oleh petugas humas dengan dilandasi sikap saling percaya dan akrab (Onong U. Effendy, 1998:58)

 

Tugas Public Relation :

  1. Menyampaikan informasi yang obyektif tentang lembaga yang diwakilinya kepada masyarakat luas.
  2. Mengembangkan kreasi perencanaan dan pelaksanaannya
  3. Mempertemukan kepentingan organisasi dengan kepentingan public
  4. Menilai sikap dan pendapat umum tentang lembaga yang diwakilinya
  5. Menciptakan ”conditioning” (kondisi yang menguntungkan bagi perusahaan)
  6. Profesionalisme yang bermoral, dimana tugas dengan kegiatan yang dilandasi dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran.

 

D. Kesimpulan

Posisi Customer Relation disini menjadi puncak perusahaan. Customer Relation bertanggung jawab atas pengelolaan kegiatan public relation, mulai dari perencanaan, pengimplementasian, pemantauan dan evaluasi.

Manfaat customer relation diantaranya yaitu: melakukan differensiasi dengan mengemas solusi yang unik atas kebutuhan masing-masing pelanggan, melakukan efficiency business, meningkatkan customer satisfaction dan pada ujungnya adalah menciptakan loyalitas customer yang tinggi.

 

E. Saran Tesis

Menurut pengamatan penulis, kinerja PR Adijaya kurang efektif. Hal ini dikarenakan masih lebih percayanya pelanggan dengan pemilik perusahaannya langsung. berikut ini adalah hal-hal yang penulis kritisi baik dari Adijaya Video Production maupun dari pihak Diploma III Komunikasi Terapan khususnya bagi jurusan Public Relation, semoga bis menjadi pertimbangan bagi semua pihak.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Media Relations dan Customer Relations PT. INDOSIAR VISUAL MANDIRI
  2. Peranan Customer Relation dalam Video Production
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Halo Surakarta dan Citra PT Telkom
  4. Peran PR INNA Garuda dalam Menjalin Kerjasama dengan Pers (Media Massa)
  5. Kegiatan Promosi Forum Rembug Ide Lembaga Studi Desain (Lestude) Surakarta