Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Tesis Komunikasi: Peran Reporter dlm Produksi Berita Seputar Jogja

Judul Tesis : Peran Reporter dalam Produksi Berita Seputar Jogja di JOGJA TV – Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Dalam berkomunikasi, terjadi penyaluran informasi dari satu pihak (komunikator) kepada pihak lain (komunikan) melalui sarana tertentu. Sarana ini tentu saja beragam bentuknya, mulai dari yang paling sederhana seperti bahasa tubuh, hingga yang paling canggih, yakni internet. Salah satu sarana komunikasi yang sudah sangat akrab dengan kehidupan manusia adalah media elektronik. Secara umum, media elektronik menyampaikan informasi yang ditujukan kepada masyarakat luas. Televisi sebagai media elektronik merupakan salah satu sarana komunikasi yang paling banyak konsumennya. Televisi saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebagai bagian dari kebudayaan audio visual, televisi merupakan media paling berpengaruh dalam membentuk sikap dan kepribadian masyarakat luas. Hal ini disebabkan oleh satelit dan pesatnya perkembangan jaringan televisi yang menjangkau masyarakat hingga ke wilayah terpencil. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi atau berita aktual, khususnya menyangkut daerahnya sendiri, kini-pun telah banyak bermunculan stasiun televisi lokal.

Hadirnya banyak stasiun televisi lokal saat ini harus diakui sangat berpengaruh terkait keinginan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan program dari daerahnya sendiri secara optimal, karena hanya televisi lokal yang mampu mengakomodasi hal tersebut. Namun untuk dapat bertahan hidup, televisi lokal harus bekerja keras untuk menghasilkan tayangan / program yang diminati pengiklan lokal maupun nasional. Setiap stasiun televisi umumnya menayangkan berbagai program hiburan, seperti film, musik, kuis, talk show, dan sebagainya. Namun siaran berita merupakan program yang mengidentifikasi suatu stasiun televisi kepada pemirsanya.

 

B. Tujuan Penyusunan Laporan

  1. Memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai tugas dan peran seorang reporter berita Seputar Jogja dalam redaksi pemberitaan stasiun televisi Jogja TV.
  2. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana proses kerja seorang reporter berita di Jogja TV .
  3. Sebagai bukti tertulis atas kegiatan magang yang telah dilaksanakan dan sebagai pemenuhan kewajiban untuk membuat laporan kegiatan magang kepada pihak Jogja TV.

 

C. Landasan Teori

Televisi

Televisi merupakan perkembangan medium berikutnya setelah radio yang ditemukan dengan karakternya yang spesifik, yakni audio visual. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian tersebut adalah Paul Nipkow dari Jerman yang dilakukannya pada tahun 1884. Ia menemukan sebuah alat yang kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow atau Nipkow Sheibe. Penemuannya tersebut melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Perkembangan teknologi pertelevisian saat ini sudah sedemikian pesat sehingga dampak siarannya menyebabkan seolah-olah tidak ada lagi batas antara satu negara dengan negara lainnya terlebih setelah digunakannya satelit untuk memancarkan signal televisi. ( Deddy Iskandar Muda, 2005 : 4 )

Jurnalistik

Jurnalistik adalah istilah yang berasal dari Bahasa Belanda “Journalistek” atau Bahasa Inggris “Journalism”, yang bersumber pada perkataan “journal” sebagai terjemahan Bahasa Latin “Diurnal” yang berarti harian atau setiap hari. Jurnalistik dapat didefinisikan sebagai teknik mengelola berita mulai dari mendapatkan sampai menyebarluaskannya yang sifatnya informasi saja. ( Prof. Onong Uchjana Effendy, M.A, 2000 : 95 )

Penyiaran

Siaran adalah mata acara atau rangkaian mata acara berupa pesanpesan. dalam bentuk suara, gambar, atau suara dan gambar yan dapat didengar dan / atau dilihat oleh khalayak dengan pesawat penerima siaran televisi dengan atau tanpa alat bantu. Penyiaran adalah seluruh kegiatan yang memungkinkan terselenggaranya siaran radio dan / atau siaran televisi yang meliputi segi idiil, perangkat lunak, perangkat keras, melalui sarana pemancar atau sarana transmisi di darat, atau di antariksa dengan menggunakan gelombang elektromagnetik atau transmisi kabel, serat optik, atau media lainnya, dipancarluaskan untuk dapat diterima oleh khalayak dengan pesawat penerima siaran. (R.M. Soenarto, 2007 : 3)

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. Dengan melaksanakan Kuliah Kerja Media di stasiun televisi Jogja TV, penulis telah dapat menerapkan dan mempraktikkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama kuliah di jurusan Broadcasting FISIP UNS, seperti proses memproduksi berita, teknik reportase, dan teknik penulisan naskah berita.
  2. Kuliah Kerja Media yang penulis laksanakan di stasiun televisi Jogja TV memberi kesempatan pada penulis dalam mengamati, memahami, dan melakukan kegiatan-kegiatan kerja broadcasting, yakni peliputan berita, pengolahan dan pembuatan naskah berita, editing / penyuntingan gambar, hingga penyajian berita.
  3. Penulis-pun telah mendapat pengalaman bekerja di redaksi pemberitaan Jogja TV dimana proses liputan yang komunikatif menciptakan kesan serius tapi santai serta menumbuhkan keakraban antar crew, suasana kekeluargaan yang akrab membuat proses kerja di redaksi pemberitaan Jogja TV terasa nyaman.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Produksi Segmen Feature dalam Program Berita Jogja di LPP TVRI Yogyakarta
  2. Jurnalistik Di Majalah Olga
  3. Mekanisme Peran Videojurnalis dalam Peliputan Berita di Rajawali Citra Televisi Indonesia
  4. Efektifitas Kinerja Public Relations dalam Hal Menjaga Interaksi Hubungan Komunikasi
  5. Peran Reporter dalam Produksi Berita Seputar Jogja di Jogja Tv – Yogyakarta